Backpacker Wajib Tahu Penyebab Asam Lambung dan Cara Mengobatinya

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin sudah sering mendengar keluhan dari orang-orang di sekitar perihal naiknya asam lambung. Apalagi jika teman-teman yang kebiasaan melakukan perjalanan sebagai backpacker yang super ngirit abis! Asam lambung menjadi hal yang harus diperhatikan lho.

Melansir dari hellosehat.com, asam lambung naik bukan sebuah penyakit, melainkan gejala dari penyakit tertentu. Dalam sehari, organ lambung memproduksi asam sebanyak 3-4 liter dan berfungsi untuk mencerna makanan. Apabila lambung menghasilkan jumlah asam yang terlalu banyak, maka gangguan lambung pun bisa terjadi.

penyebab asam lambung naik

Dalam kondisi tersebut, dapat menyebabkan aliran balik asam lambung. Dengan kata lain, asam lambung naik ke kerongkongan. Meski merupakan hal yang normal, tetapi kondisi yang juga disebut refluks asam lambung ini dapat menimbulkan sensasi terbakar pada dan dan tenggorokan jika sering terjadi.

Lebih jauh, akan berisiko mengalami penyakit asam lambung atau penyakit GERD.

Cara Penanganan Ketika Asam Lambung Naik

#1 Longgarkan Pakaian

Salah satu pemicu asam lambung adalah terdapat tekanan pada area perut. Untuk meredakan naiknya asam lambung, dapat dilakukan dengan melonggarkan pakaian. Hal ini juga dapat meredakan rasa sesak dan mual saat asam lambung naik.

#2 Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur. Tindakan ini memungkinkan keasaman di mulut dapat dibersihkan dengan cepat. Permen karet juga dapat menetralkan asam yang ada di mulut.

#3 Meninggikan Posisi Bantal

Jika naiknya asam lambung terjadi dalam posisi berbaring, solusinya adalah dengan meninggikan posisi bantal.

#4 Kunyah Makanan dengan Benar

Meski terkesan sepele, pada kenyataannya hal ini perlu dilakukan karena dapat membantu enzim pencernaan mengolah makanan dengan mudah.

#5 Makan dengan Porsi Kecil tapi Sering

Memerhatikan pola makan adalah hal yang penting untuk dilakukan, terutama bagi yang sering mengalami asam lambung naik.

Catatan bagi yang sering mengalami asam lambung naik adalah makan dengan porsi kecil, tetapi sering. Hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan makan dengan porsi besar dalam sekali makan.

#6 Hindari Cokelat, Tomat, serta Makanan Pedas, dan Berlemak

Selain memperhatikan pola makan, memperhatikan asupan makanan juga penting dilakukan. Hindari cokelat, tomat, makanan pedas, dan berlemak untuk mencegah naiknya asam lambung.

#7 Mengonsumsi Madu Murni

Dengan khasiat antimikroba yang terkandung di dalamnya, madu murni dapat menghilangkan gejala naiknya asam lambung. Selain itu, mengonsumsi madu murni juga dapat mengurangi sensasi terbakar pada tenggorokan saat asam lambung naik.

#8 Kurangi/Hentikan Merokok

Merokok adalah salah satu aktivitas yang membawa dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya memicu asam lambung naik.

Oleh karena itu, bagi yang sering mengalami asam lambung naik ada baiknya untuk kurangi merokok. Kalau bisa berhenti tentu akan lebih baik.

asam lambung

Hal-hal yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

Berikut adalah beberapa penyebab asam lambung naik yang bisa kita antisipasi sebelumnya. Simak ya!

#1 Jadwal Makan Malam Tidak Teratur

Pola makan tidak teratur, khususnya pada malam hari dapat memicu naiknya asam lambung. Hal tersebut terjadi karena tubuh tidak diberi waktu yang cukup untuk mencerna makanan.

Untuk menghindari naiknya asam lambung, hindari makan malam dua jam sebelum tidur.

#2 Telat Makan dan Tidak Mengontrol Makanan yang Dikonsumsi

Selain telat makan, kekenyangan juga dapat memicu naiknya asam lambung. Itu karena semakin banyak makanan yang dikonsumsi, produksi asam lambung pun akan lebih banyak.

#3 Mengonsumsi Makanan Pedas dan Asam

Masih perihal makanan, kali ini dari jenis makanan. Bagi yang sering mengalami naik asam lambung, sebaiknya hindari makanan pedas dan asam.

#4 Kelebihan Berat Badan/Obesitas

Orang-orang yang kelebihan berat badan, akan memiliki lemak perut yang berlebih. Lemak perut berlebih tersebut akan menyebabkan tekanan pada area perut sehingga berisiko terjadinya asam lambung naik.

#5 Menjalani Gaya Hidup Tidak Sehat

Kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat memicu asam lambung naik. Selain itu, mengonsumsi kopi dan minuman bersoda secara berlebihan, serta sering begadang juga akan memicu naiknya asam lambung.

Itulah sekilas tentang asam lambung, cara penanganan ketika asam lambung naik, serta hal-hal yang bisa memicu asam lambung naik.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Meskipun melakukan perjalanan jauh dengan prinsip penghematan, tetap perhatikan bagaimana pola makan ya! Jangan sampai sakit, karena keluarga kita sedang menanti di rumah.

11 comments

  1. ini yang sering aku abaikan mbak. Mungkin karena saat itu aku cukup sering telat makan juga.
    Kadang tiba tiba perut bawaannya kayak pengen muntah, kata temen asam lambung.
    Awalnya aku juga ga begitu paham apa itu asam lambung, aku anggapnya ya maag biasa

    ReplyDelete
  2. Nice info kak.
    Bener banget asam lambung ini emang jadi paling drama banget kalau udah kena. Jadi harus menjaga banget kita.

    ReplyDelete
  3. Dulu aku kalau asam lambung naik memang selalu ngunyah permen karet. Tapi sejak nikah, punya anak udah nggak pernah lagi ngunyah permen karet. Takunya diminta sama bocah. Hahaha

    ReplyDelete
  4. Boleh juga di coba kalau mengunyah permen karet dapat membantu mengurangi keasamanan lambung.

    Dulu aku akibat sering makan telat dan sering skip makan malam. Efeknya duuhh..

    ReplyDelete
  5. Ngunyah permen karet ada bukti ilmiahnya kah mbak? Saya jadi penasaran. Soalnya kalau asam lambung naik otomatis saya minum obat untuk asam lambungšŸ˜…

    ReplyDelete
  6. wah ternyata manfaatnya banyak sekali yaaa .. jadi mau coba nie siapa tahu cocok dgn pemasalahan perutku

    ReplyDelete
  7. wah aku baru tahu kalo salah satu caranya adalah melonggarkan baju dan meninggikan bantal,, selama ini aku tidur miring .

    ReplyDelete
  8. wah baru tau mbak mengunyah peremn karet, ini untuk perment karet mint atau yang rasa-rasa buah gitu ya?

    ReplyDelete
  9. Dulu kalau asam lambung kambuh itu aku sampe semingguan sakitnya. Muntah2 terus. Alhamdulillah sejak makan teratur udah gak pernah kambuh asam lambungku mbak.

    ReplyDelete
  10. Ilmu baru tau nih ngunyah permen karet mengatasi naiknya asam lambung. Ngurangin coklat n pedas? Aduduuuh.. mengsedih...

    ReplyDelete
  11. Ini aku banget sih, tiap halan2 pasti obat maag selalu dibawa. Yang parah kemaren pas ke Likupang, haduh usus berasa keluar karena asam lambung. Kudu belajar nih tipsnya

    ReplyDelete