7 Tempat Wisata di Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Kali ini kita jalan-jalan ke tempat wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu yuk! Salah satu tempat wisata yang disebut-sebut sebagai surga di Jawa Barat.

Hayoo, siapa nih yang ngaku orang Jawa Barat tapi ngga kenal dengan Geopark Palabuhanratu?

7 Tempat Wisata di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Surga di Jawa Barat

gepark ciletuh

Siapa sih yang nggak kenal dengan UNESCO Global Geopark yang ada di Jawa Barat? Yap! Daerah itu menyediakan banyak tempat wisata di Geopark Ciletuh yang akan membuat kita berasa jalan-jalan di Surga.

Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa penyebutan surga untuk tempat wisata di Geopark Ciletuh ini benar adanya. Alasannya adalah karena memang tempat-tempat wisata di sana menawarkan pemandangan alam yang bisa bikin hati terpukau.

Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi, semuanya indah dijamin bikin betah dan nggak mau pindah. Dari mulai kawasan pantai yang bisa dipakai santai, sampai dengan kawasan budaya yang bisa bikin pengetahuan kamu jadi tambah kaya.

Yuk telusuri tujuh tempat indah ini :

1. Pantai Pasir Putih Ujunggengteng

Bosan dengan warna pantai yang coklat dan kotor? Cobalah datang ke ujung genteng, Sukabumi Jawa Barat. Masih termasuk daerah UGG juga ini. Kamu nggak perlu bawa cat putih biar bisa menikmati pesona pantai dengan pasirnya yang berwarna putih.

Pasirnya alami loh, tulen dan bukan kaleng-kaleng.

2. Bukit Teletubies

Iya, itu loh bukit yang ada di filmnya Thinky Winky dan kawan-kawan. Karena kemiripannya dengan tempat pada film Telebubies itu, warga sekitar dan pendatang sepakat menamai bukit itu sebagai bukit Teletubies.

Kamu bisa menikmati sun set yang hangat dengan pemandangan yang anti mainstream.

3. Menyaksikan Gagahnya Geopark di Puncak Darma

Mampir ke tempat wisata di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Puncak Darma.

Di tempat itu, sejauh mata memandang kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Perpaduan antara pantai, sungai, bukit, air terjun dan hamparan sawah yang luas. Very beautiful panorama.

4. Jadi Jack dan Rose Tradisional di Puncak Gebang

Ingat dengan gaya fenomenal Jack dan Rose ketika berada di ujung kapal Titanic? Di Puncak Gebang, kamu bisa berfose dengan gaya yang sama tetapi dengan kapal yang berbeda. Bahannya yang digunakan kapal adalah bambu dan ujungnya langsung mengarah ke Samudera Hindia.

Kamu bisa meniru adegan fenomenal Jack dan Rose di tempat itu, biar lebih romantic.

geopark ciletuh

5. Air terjun Purba – Curug Cimarinjung

Ada sekitar 9 air terjun purba yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke tempat wisata di Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Salah satunya adalah curug Cimarinjung.

Rasakan sensasi air yang terbawa angin ketika turun dari ketinggian ratusan meter di atas sungai. Sejuknya beneran nggak kaleng-kaleng! apalagi dengan statusnya sebagai air terjun purba tertinggi di sana. Tentu rasa menikmatinya juga berbeda.

6. Air terjun purba – Curug Awang

Jika Cimarinjung memiliki keunggulan dari ketinggian. Curug Awang memiliki kelebihan dari kelebaran. Maksudnya paham lah ya, jadi si air terjun purba ini memiliki panjang sungai yang sangat lebat.

Kebayang dong kalau aliran airnya selalu penuh, mungkin keindahan air terjun Niagara di negeri Paman Sam sana akan langsung terkalahkan.

tempat wisata geopark

7. Wisata Budaya – Kasepuhan Ciptagelar.

Selain suku badui di Banten, kamu juga bisa menemukan masyarakat adat Sunda yang masih melaksanakan budaya nenek moyang mereka. Kasepuhan Ciptagelar akan mengajarkan kita berbagai teknik bertahan hidup berdampingan dengan alam.

Jangan salah fokus dengan bangunan yang mereka gunakan. Pokoknya unik pisan.

Itulah ketujuh tempat wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Sukabumi. Dari satu tempat ke tempat lainnya memiliki jarak yang cukup jauh, sangat disarankan untuk mengambil banyak hari untuk berlibur ya, agar perjalanan bisa nyaman dan menyenangkan. Selain itu tentunya agar semua tempat bisa didatangi tanpa harus buru-buru pulang.

Semoga bermanfaat yaa..


Merasakan Suasana Masjid Nabawi di Masjid Ar-rahman Blitar

Masjid Ar-rahman Blitar
Ingin ngerasain gimana rasanya shalat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi? Kini tak perlu pergi jauh-jauh, kalian bisa bekunjung ke Masjid Ar-rahman di Kota Blitar. Masjid yang disebut sebagai miniatur Masjid Nabawi ini memang dibangun persis banget dengan Masjid Nabawi, Madinah.

Karena ingin ngerasain shalat di masjid miniatur Masjid Nabawi ini, minggu lalu sebelum bulan Ramadhan tiba, kami sekeluarga menyempatkan diri untuk pergi ke sana. Kami sampai tepat saat adzan maghrib berkumandang.

Segera kami memarkirkan mobil dan bergegas menuju masjid yang ternyata sudah ramai oleh pengunjung. Kami terpaksa harus menunggu di pelataran karena masjid sudah penuh dengan jamaah shalat maghrib hingga meluber ke teras masjid.

Kami harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku untuk bisa masuk ke dalam masjid. Ada beberapa petugas masjid yang selalu mengingatkan pengunjung untuk menaati protokol kesehatan yang berlaku. Apa saja protokol kesehatan yang berlaku di sini,

  1. Pengunjung wajib menggunakan masker saat berada di area masjid.
  2. Ketika masuk area masjid, pengunjung di ukur suhu tubuhnya.
  3. Menjaga jarak dan tidak berkerumun ketika berada di area masjid. Saat shalat pun tidak diperbolehkan bersebelahan, harus ada jarak.
  4. Harus menggunakan sajadah yang telah disediakan oleh takmir masjid.

Sejarah Masjid Ar-rahman

Masjid yang mirip masjid Nabawi ini dibuat oleh Abah Hariyanto, seorang pengusaha ternama di Kota Blitar. Keinginannya membangun masjid ini didasari oleh pengalamannya saat pertama kali melakukan ibadah haji di Masjid Nabawi. Beliau ingin merasakan kekhusyukan shalat layaknya saat melakukan ibadah haji pertama kali.

Keinginan ini sudah ada sejak tahun 2018, dan pada tanggal 24 Desember 2018 dilakukan peletakan batu pertama kali untuk mulai membangun masjid ini. Masjid dibangun di atas tanah seluas 5000 meter persegi. Pembangunan masjid memakan waktu satu tahun dan diresmikan pada tanggal 25 Desember 2019 oleh Gubernur Jawa Timur saat ini yaitu Ibu Khofifah Indar Parawansa.

Lokasi masjid

Lokasi masjid berada di tengah Kota Blitar, jadi tak susah untuk menemukannya. Berada di dekat Stadion Blitar, tepatnya di Jalan Ciliwung No 2, Bendo, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur.

Kemiripan Masjid Ar-rahman dengan Masjid Nabawi

Payung Raksasa di Halaman Masjid

Masjid Ar-rahman Blitar
Saat pertama kali memasuki area masjid, kalian akan disuguhi dengan pemandangan tiang-tiang payung raksasa yang tinggi layaknya di Masjid Nabawi. Fungsi payung ini sama seperti yang ada di Masjid Nabawi yaitu untuk melindungi  jamaah dari teriknya matahari.

Bedanya, payung di Masjid Ar-rahman berukuran lebih kecil dan tak sebanyak di Masjid Nabawi. Setidaknya ada 4 payung raksasa yang terpasang. Semua payung telah terbuka saat kami sekeluarga sampai di sana.

Pintu Masjid

Masjid Ar-rahman Blitar

Saat akan memasuki bagian dalam masjid, kalian akan melewati pintu kotak kayu dengan ukiran yang dibuat sama dengan pintu masuk Masjid Nabawi. Tak ketinggalan ukiran dengan tulisan Muhammad Rasulullah yang terletak di tengah pintu.

Langit-langit Masjid

Masjid Ar-rahman Blitar

Langit-langit masjid juga dibuat semirip mungkin dengan Masjid Nabawi. Bentuknya melengkung bercat garis-garis hitam dan putih. Dengan tiang-tiang penyangga yang bercatwarna emas di pucuknya.

Kubah dan Menara

Masjid Ar-rahman Blitar
Warna kubah dibuat semirip mungkin dengan Masjid Nabawi yaitu hijau tosca mengkilap. Perbedaannya hanya dari segi ukuran saja, yang tentu saja lebih kecil.

Sedangkan untuk menara, pun ada satu menara di pojokan masjid yang arsitekturnya dibuat sama dengan Masjid Nabawi. Tentu saja dengan ukuran yang lebih kecil.

Mihrab

Mihrab atau tempat untuk imam didesain layaknya di Masjid Nabawi. Di depan tempat imam terpampang sebuah kiswah asli yang pernah dipakai sebagai penutup Ka’bah tahun 2016. Hal ini membuat kita berasa shalat di depan ka’bah langsung.

Peralatan shalat

Tak hanya desain interiornya yang dibuat semirip mungkin dengan Masjid Nabawi, peralatan shalat yang disediakan juga dibuat semirip mungkin. Karpet sajadah untuk alas shalat didatangkan langsung dari Turki. Pengharum ruangan juga sama seperti yang dipakai di Masjid Nabawi. Pengharum ruangan yang diimpor langsung dari Madinah ini biasanya disemprotkan marbot masjid ke setiap dusut ruangan.

Fasilitas Masjid

Fasilitas yang disediakan masjid juga sangat lengkap. Mulai dari kamar mandi, mukenah, sajadah, Al-quran. Dan semua barang-barang tersebut tertata rapi. Untuk sajadah dan mukenah, selama masa penademi ini digunakan satu kali pakai. Jadi tidak boleh dipakai bergantian.

Sajadah atau mukenah yang telah dipakai nantinya langsung dicuci dan pengunjung baru nantinya bisa menggunakan mukenah dan sajadah yang baru yang telah bersih dicuci.

Bila kalian datang saat shalat maghrib, kalian akan mendapatkan konsumsi berupa nasi kotak. Dan juga disediakan minuman hangat seperti kopi, teh dan jahe panas di pelataran masjid.

Kekurangan Masjid

Kekurangan masjid ini hanya berada di area parkirnya yang tak terlalu luas. Sehingga saat keadaan sedang ramai-ramainya, akan sulit untuk mencari tempat parkir. Sama seperti saat kami datang waktu itu. Kami harus parkir di pinggir jalan raya agak jauh dari masjid.

Author

@lelyelated

7 Tempat Wisata Raja Ampat yang Uwu Banget

Hati-hati, membaca ulasan tempat wisata Raja Ampat ini akan membuat jiwa liburan kamu jadi meronta-ronta. Akibatnya penghasilan yang rutin disisihkan untuk tabungan masa depan, bisa jadi jebol seketika saja.

Setidaknya saya sudah mengingatkan kamu untuk tidak ikut penasaran membaca kelanjutan cerita di Raja Ampat, Ya. Jadi jangan salahkan saya kalau pertahanan hasrat ingin verlibur (HIV) menjadi lemah. Ujungnya bisa bikin kamu kecanduan.
Eh tapi gapapa sih, jalan-jalan di dalam negeri kan sama saja membantu perekonomian Indonesia. Jadi harus bangga dong ya.
 
tempat wisata raja ampat


7 Tempat Wisata di Raja Ampat

Sebetulnya banyak sekali tempat wisata yang bisa kita eksplore ketika berkunjung ke sana, tapi santai dulu saja ya. Kita bahas 7 saja dulu, kalau kurang tinggal bilang kan. Nanti ditambah.

1. Gerbang Raja Ampat - Misool

Keuwu-an akan segera datang ketika kamu menginjakkan kaki di salah satu dari empat pulau di kepulauan Raja Ampat. Namanya adalah Misool, merupakan gerbang yang harus dilalui turis dari mana pun yang ingin berlibur di Raja Ampat.

Misool adalah permata pertama yang akan langsung menyambutmu di Raja Ampat. Kamu akan melihat beberapa karang yang sudah ditumbuhi tanaman. Di bawahnya kamu akan membayangkan betapa jernih dan bersih air laut di sana.

2. Star Lagoon

Ada bak raksasa berbentuk bintang yang menampung banyak ari laut di Raja Ampat. Indah banget dong, di mana lagi bisa lihat pemandangan bak raksasa indah seperti itu. 
Ciri khas air yang jernih dan bersih menjadi salah satu harga yang pas yang bisa kamu dapatkan ketika berkunjung ke sini.

3. Batu Pensil
Nggak kalah unik gaiss, ada batu yang menjulang tinggi ke atas bentuknya mirip dengan pensil. Orang lokal sepakat menyebut batu tersebut sebagai batu pensil karena memang bentuknya mirip dengan pensil.

4. Wayag

Wayag adalah daerah yang pemandangannya bisa kamu lihat padahal belum berangkat sama sekali. Loh kok bisa? Bisa aja sih selama ada teknologi.

Keindahan Raja Ampat memang sudah gencar diiklankan di banyak media Indonesia. Salah satu yang sering kita lihat di iklan tersebut adalah suatu tempat dengan pemandangan laut ada bukitnya. Inilah Wayag. Tempat yang selalu mencerminkan Raja Ampat di iklan.

5. Desa Arborek
Pecinta aktivitas diving wajib banget datang ke sini. Karena selain Wayag, salah satu alasan orang datang ke Raja Ampat ya untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Ada banyak biotas laut yang cantik yang bisa membuat kamu terpukau, kamu juga akan disambut dengan ramah loh di sana. Jadi siap-siap aja budgetnya hihiks

6. Desa Sawinggrai

Desa ini adalah tempat di mana Burung Cendrawasih hidup. Kamu bisa dengan jelas melihat burung khas Papua ini lebih dekat tepat di habitatnya. Berburu burung Cendrawasih di “kediamannya” adalah pengalaman yang paling menarik yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke desa ini.
Pokoknya yang warna merah jangan sampai lepas ya.

7. Pianemo

Terakhir nih wisata di Raja Ampat, kamu bisa berkunjung ke Wayag kecil yang ada di Pienemo. Kenapa disebut Wayag kecil? Ternyata di tempat ini kamu akan melihat keindahan alam mirip di Wayag tetapi dengan karang yang bentuknya lebih kecil.

Tapi, airnya tetap jernih kok. Secara kan Raja Ampat gitu. Urusan laut mah juara!
Nah itulah 7 tempat wisata Raja Ampat yang uwu banget. Kalau ke sana, siapkan budget yang banyak aja ya. Biar puas mainnya. Jangan lupa untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang pada setiap tempat.

Itulah salah satu yang bisa membuat kamu selamat.

Semoga bermanfaat dan membantu yaa. Silakan share sebanyak-banyaknya. Boleh juga rekomendasikan tempat yang ingin kalian kunjungi di kolom komentar ya. Kami akan mencoba mencari infonya sebaik mungkin. 

Kunjungi juga berbagai destinasi lainnya di sini ya.

4 Fakta Menarik Raja Ampat, Berasal darimana Namanya?

Siapa sih yang nggak kenal sama Raja Ampat? Tapi, tunggu dulu, kenal juga nggak kenapa sampai diberi nama begitu?

Hiks, temukan jawabannya di artikel 5 fakta unik raja ampat ini yuk!

fakta menarik raja ampat

4 Fakta Menarik Raja Ampat

Nama Raja Ampat pastinya udah nggak asing lagi dong ya. Sering muncul di iklan di banyak media. Satu daerah di Papua yang memiliki banyak destinasi wisata eksotis dan membuat kita seolah harus mengunjunginya. suatu saat nanti pengen banget bisa ke sana, bareng kamu. Iya kamu.

Ternyata nih ya, tempat eksotis itu punya beberapa fakta menarik yang tidak diketahui banyak orang. Kamu beruntung membaca artikel ini, karena menjadi salah satu orang yang akan mengetahui fakta menarik Raja Ampat. 

Sementara banyak yang tidak mengetahuinya. Fakta-faktanya antara lain : 

1. Ada Hutan Amazon di bawah laut Raja Ampat

Teman dolan nggak salah baca kok, iya hutan Amazon yang ada di Brazil itu. Ternyata Indonesia juga memilikinya, tetapi dalam bentuk “hutan” di bawah laut. Jadi begini, bawah laut Raja Ampat itu ternyata dihuni oleh banyak spesies. Jumlahnya yang banyak itulah yang membuat Raja Ampat dijuluki sebagai empunya Amazon di bawah laut.

Ada 75% dari semua jenis karang keras dunia, ada di Raja Ampat. Ada juga lebih dari 1.400 spesies ikan hidup di sana. 700 lebih hewan lunak dan banyak lagi spesies yang menjadikan bawah laut Raja Ampat sebagai rumah mereka.

Data tersebut diambil dari sebuah penelitian yang dilakukan selama kurun waktu 2001 sampai dengan 2002. Ada ikan yang paling kecil, sampai ukurannya bisa lebih dari 5 meter. Ada juga jenis yang menjadi khasnya Papua. Pokoknya banyak banget deh. Kayak di hutan Amazon aja.

2. Cerita di balik Nama Raja Ampat

Siapa yang baru tahu kalau nama Raja Ampat ternyata berasal dari empat kerajaan yang ada di sana. Terbagi menjadi empat pulau utama yang masing-masing memiliki kerajaan sendiri. Pulau-pulau tersebut bernama Waigeo, Salawati, Lilinta dan Waiga.

Yang menarik adalah ternyata dulu sekali, masing-masing raja ini berasal dari satu turunan yang sama. Kemudian oleh orang tua mereka dibagikanlah masing-masing daerah untuk mereka pimpin. Terus jadi deh empat kerajaan dan namanya jadi Raja Ampat.

3. Gara-gara Kapal Karam

Ternyata Raja Ampat viral sampai ke banyak media, domestik maupun asing awalnya tidak sengaja ditemukan pas lagi nyari kapal karam. Loh kok bisa?

Ceritanya ada seorang penyelam berkebangsaan Belanda yang sedang mencari bangkai kapal karam peninggalan perang dunia ke-2. Ya kita tahulah ya kalau Papua termasuk daerah yang menjadi medan perang Belanda-Indonesia-Jepang kala itu.

Ternyata memang yang dicari dan banyak juga kapal perang lainnya hasil dari peperangan sengit waktu itu terdampar di dasar laut Raja Ampat. Melihat keindahan bawah lautnya, membuat penyelam jadi semakin penasaran. Lalu 1998 diajaklah seorang teman berkebangsaan Australia—yang merupakan ahli ikan— untuk meneliti tempat itu.


Eh jadi viral kan sampai sekarang. Selain banyak peneliti yang berdatangan, otomatis destinasi wisatanya juga jadi terangkat.

4. Termasuk 10 Tempat Penyelaman Populer Dunia.

Siapa pun yang pernah melihat keindahan alam di bawah laut Raja Ampat, pasti sepakat kalau tempat itu memiliki pesona yang tidak biasa. Buktinya sampai dinobatkan sebagai salah satu dari 10 tempat penyelaman paling populer di dunia.

Itulah keempat fakta menarik Raja Ampat yang belum banyak diketahui orang. Emang keren sih Raja Ampat ini. Tugas kita adalah untuk merawat dan menjaganya supaya tetap bisa dinikmati oleh turunan kita nantinya.

Yuk ikuti tips jalan-jalan juga ke Bangka Belitung dengan pengalaman sewa mobil Belitung di sini.

Boleh juga intipin blog kece di sini yaa.