Bikin Camilan Sendiri di Rumah dengan Tepung Kobe

kobe

Musim hujan kayak gini emang paling enak nonton drakor di kamar sambil makan camilan dan minum teh panas. Dari pada rempong beli di luar apalagi kalau pas hujan pasti males banget kan keluar rumah buat beli camilan, mending bikin camilan sendiri di rumah. Kebetulan banget nih aku ada resep mudah bikin camilan sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan pun mudah banget didapat.

Resep yang mau aku bagikan kali ini adalah Resep Camilan Bakwan Caisim Kobe, resep bakwan baru dengan bahan caisim atau sawi hijau. Resep bakwan next level ini  cuma pakai 2 bahan dasar aja, yaitu Kobe Tepung Bakwan Kress dan sayur caisim (sawi hijau). Simple banget kan, dijamin anti gagal deh hehe.

Kenapa pakai tepung kobe?

Kenapa sih pakainya tepung kobe bukan tepung merk lain? Gimana ya kawan, habis tepung kobe ini sudah terlanjur melekat dihati sih. Karena tepung kobe ini merupakan tepung bumbu pertama di Indonesia, jadi sudah terpercaya kualitasnya. 

Kobe memulai perjalanan  sebagai industry rumahan di Kota Semarang pada tahun 1979. Produk pertamanya merupakan tepung bumbu yang kemudian menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia.

Pasti banyak yang ngira Kobe berasal dari Jepang ya, karena namanya seperti kosa kata Bahasa Jepang. Padahal kata kobe ini berasal dari singkatan Kata Orang Banyak Enak. Dengan tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu.

Dari tepung bumbu biasa, Kobe mulai mengembangkan produknya. Kini sudah ada 6 varian tepung Kobe yang beredar di pasaran.

tepung kobe
Varian Tepung Kobe

Kobe tepung kriuk, tepung dengan formulasi untuk gorengan tempe dengan ketumbar asli. Membuat gorengan tempe jadi lebih gurih dan renyah.

Kobe Tepung Kentucky Super Crispy, dengan tepung ini gorengan ayam kalian akan jadi lebih kriuk lagi. dan crispynya bisa tahan sampai 8 jam lho!

Kobe Tepung Bumbu Putih, dengan tepung ini kalian bisa menghasilkan gorengan yang renyah dan bertekstur Kristal.

Kobe Tepung Bumbu Serbaguna, bisa kalian gunakan untuk membuat  berbagai macam jenis gorengan yang renyah dan berempah.

Kobe Tepung Bakwan Kress, mau bikin bakwan atau perkedel? Kini nggak perlu repot-repot bikin adonan, cukup pakai tepung bakwan kress aja.

Kobe Tepung Pisang Goreng, mau bikin pisang goreng yang renyah kalian juga tak perlu repot-repot membuat adonannya. Cukup pakai kobe tepung pisang goreng aja.

Resep Bakwan Caisim Kobe

kobe

Bahan

  • 1 bungkus Kobe Tepung Bawang Kress (70gr)
  • 90 gr caisim (potong kecil-kecil)
  • 80 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

  1. Campurkan Kobe Tepung Bakwan Kress dengan air
  2. Tambahkan caisim. Aduk rata.
  3. Goreng dalam minyak panas hingga matang
  4. Angkat dan sajikan

Aku menggunakan tepun kobe varian bakwan agar gorengan caisim ini bisa renyah dan kress kress kalo dimakan. Selain itu tepung bakwan kobe ini juga sudah dilengkapi dengan racikan bumbu rempah alami dan tanpa pengawet dan pewarna buatan.

Keunggulan kobe tepung bakwan kress ini dibanding yang lainnya terdapat pada racikan bumbu yang terbuat dari rempah asli pilihan. Jadi bikin gorengan lebih gurih dan rasa rempahnya terasa, membuat gorengan terasa lebih enak.

Selain itu adonan tepungnya sudah berbumbu lengkap, jadi kalian nggak perlu menambahkan bumbu lainnya. Cukup dengan tepung bakwan kress ini saja dapat menciptakan gorengan yang lezat.

Tak hanya untuk membuat bakwan atau perkedel saja, kobe tepung bakwan ini juga bisa untuk membuat aneka gorengan. Kalian bisa memasak dengan tepung ini sesuai dengan kreatifitas kalian. Hasil gorengannya pun renyah diluar dan empuk di dalam.

Dan yang bikin aku suka memasak gorengan dengan tepung bakwan ini adalah karena tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna buatan. Jadi sehat untuk konsumsi sehari-hari.

Nah itu tadi resep mudah bikin camilan sendiri di rumah menggunakan tepung kobe. Langsung deh cobain sekarang juga.

 

Traveler Jualan Token Listrik dari Aplikasi, Tips Nambah Cuan Untuk Jajan

Berjualan token listrik menjadi salah satu bisnis yang dapat dilakukan oleh semua kalangan, termasuk teman-teman yang hobi jalan-jalan. Bisnis ini memang cukup menjanjikan karena menghasilkan  banyak keuntungan. 

Apalagi saat ini sudah banyak masyarakat yang beralih menggunakan listrik pulsa. Tentunya hal ini dapat menjadi ladang penghasilan baru bagi kita. Nah, bagi sobat Caravan yang ingin memulai usaha jualan token listrik ini dapat menjalankannya dengan menggunakan aplikasi akuntansi lho. Jadi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Meskipun kita sedang dalam perjalanan.

Lalu, apa sajakah tips berjualan token listrik dari aplikasi akuntansi agar memperoleh keuntungan yang baik? Berikut merupakan tips sederhana berjualan token listrik dari aplikasi akuntansi seperti pada penjelasan di bawah ini.

jualan token listrik dari aplikasi

Tips Jualan Token Listrik Mudah dengan Aplikasi Akuntansi

Selain dapat sobat Caravan gunakan untuk mencatat kondisi keuangan untuk berlibur atau jalan-jalan menjelajah setiap sudut planet ini, ternyata aplikasi akuntansi juga dapat dimanfaatkan untuk berjualan token listrik. Hal ini tentunya dapat menjadi usaha baru dalam menambah penghasilan kita setiap bulannya. 

Nah, berikut merupakan tips jualan token listrik dari aplikasi token listrik.

1. Pahami Aplikasinya

Hal utama yang perlu sobat Caravan perhatikan dalam berjualan token listrik dengan aplikasi akuntansi adalah memahami aplikasi tersebut. 

Nah, untuk memahaminya sendiri kita dapat membaca ketentuan atau kebijakan penggunaan aplikasi akuntansi. Namun, jika merasa kebingungan, teman-teman dapat mencari informasi penggunaan aplikasi di internet. Dengan begitu, sobat Caravan dapat menggunakan aplikasi akuntansi dengan benar.

Sebaiknya teman-teman juga menggunakan aplikasi akuntansi yang sekaligus berperan sebagai distributor pembelian saldo token listrik. Tentunya ini akan lebih memudahkan kita dalam menjalankan usaha.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah harga yang ditawarkan murah dan dapat dikirim dengan waktu singkat. Meskipun kita berada di bagian Indonesia Timur lalu pelanggan ada di Indonesia bagian Barat, tak masalah. Kita tetap bisa melayani pelanggan dengan baik dan tepat waktu.

2. Tentukan Harga Jual

Tips memulai usaha token listrik yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah menentukan harga jual. Dalam hal ini sobat Caravan dapat menentukan harga jual token listrik dengan nilai yang sama.

Selain itu, sobat Caravan juga bisa menjualnya dengan harga lebih murah atau justru dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kompetitor. Untuk mengambil keputusan ini, pastikan teman-teman telah memikirkan dan memperhitungkannya dengan baik ya!

4. Lakukan Pencatatan Transaksi dan Keuangan

Kunci dari sebuah bisnis agar dapat berjalan dengan baik adalah adanya pencatatan transaksi dan kondisi keuangan pada aplikasi akuntansi. Karena kalau tidak dicatat, kita tidak akan bisa melakukan evaluasi dan seberapa banyak kebutuhan dan pengeluarannya.

Nah, untuk mencatat transaksi ini dapat dilakukan secara rinci yang meliputi tanggal pembelian, nominal pembelian, dan lainnya. Sedangkan, untuk catatan keuangan merupakan keseluruhan pemasukan dan pengeluaran teman-teman selama satu bulan.

ppob listrik

5. Evaluasi Penjualan

Dalam menjalankan suatu usaha, bukan hanya dilakukan dengan planning yang baik namun juga dengan mengadakan evaluasi. Nah, dengan melakukan aktivitas pencatatan transaksi maupun pencatatan pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya, tentunya kita dapat melakukan evaluasi usaha apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Tips terakhir untuk berjualan token listrik dari aplikasi akuntansi adalah melakukan promosi. 

Nah, dalam aplikasi akuntansi ini pula biasanya dilengkapi dengan fitur promosi usaha melalui pembuatan kartu nama. Namun, adapula cara promosi jualan lainnya yang dapat sobat Caravan lakukan yakni melakukan promosi jualan token listrik melalui media sosial atau website.

Itulah sedikit tips berjualan token listrik dengan aplikasi akuntansi yang bisa teman-teman traveler lakukan. Nah, kini untuk melakukan PPOB listrik dapat dengan menggunakan aplikasi BukuWarung.

Dalam satu aplikasi akuntansi inilah sobat Caravan dapat membeli saldo token listrik atau pulsa, menentukan harga penjualan dan melakukan promosi hanya dari genggaman. Tidak hanya itu, kita juga bisa melakukan pencatatan hingga pengawasan usaha agar dapat berkembang dengan baik.

Semoga bermanfaat ya!

Review Batavia Resto Malang. Ada Harga Ada Rupa Itu Nyata

Kali ini Caravan akan membahas Review Batavia Resto Malang yang terkenal itu lho! Meskipun terkenal, namun saya masih tiga atau empat kali kesana. Dua kali karena diundang dan dua kali lainnya karena ingin kesana atas rekomendasi Ayah dan Ibu saya.

Lokasi Batavia Resto Malang

Batavia Resto Malang terletak di Jalan Jakarta No.51, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145. Mulai buka sekitar pukul 10 pagi sampai pukul 10 malam.

Jika teman Caravan baru pertama kali memasuki Kota Malang, perlu diketahui bahwa Batavia Resto terletak di jalan raya satu jalur. Sehingga hati-hati ya! Apalagi kalau datang di malam hari, harus benar-benar memperhatikan dimana neonbox Batavia Resto.

batavia resto malang

Hal ini dikarenakan kawasan di sekitar Batavia Resto adalah hutan kota yang banyak ditumbuhi pepohononan. Oleh karena itu meskipun banyak lampu penerangan, tetap saja masih remang-remang menurut saya.

Review Batavia Resto Malang

Batavia Resto Malang adalah salah satu resto tertua di kota ini. Sehingga tidak heran jika tanpa promosi pun, Batavia selalu mendapat tempat di hati para pelanggannya.

Terbukti hal ini keluarga saya (terutama Ayah dan Ibu) selalu menyempatkan mampir kesini meskipun tidak sering. Entah itu dua bulan sekali atau tiga bulan sekali. Setiap kali ada acara di kantor maupun komunitas, Ayah dan Ibu selalu mengusulkan Batavia Resto sebagai tempat untuk pertemuan dan jamuan.

Pertama kali ke Batavia Resto juga saat ada rapat bersama komunitas dan salah satu perwakilan dari Pemerintah Daerah. Saat itu kami membahas tentang strategi pemberantasan TBC di Kota Malang.

lokasi batavia resto malang
Suasana Batavia Resto yang homey banget

Kedua kalinya pun juga sama, saya diundang untuk makan siang di sana. Saat itu menurut saya rasa makanannya lumayan enak. Sangat kental dengan rempah, khas Indonesia. 

Pertama kali masuk ke dalam resto kita akan disambut dengan pramuniaga yang ramah dan akan bertanya, berapa orang yang akan makan? Lalu kita akan diantar menuju meja yang sesuai dengan jumlah orang yang datang.

Suasananya "Jawa banget", aksen perabotan serta seragam pramuniaganya juga menunjukkan Jawa tradisional banget. Klasik namun tetap berkesan modern. Selain itu juga ada banyak joglo atau pendopo yang mungkin bisa ditempati dua hingga empat orang untuk makan. Atau bisa juga digunakan untuk berfoto-foto saja.

Ketiga kalinya kesana, saya mencoba Sup Tom Yum ukuran medium yang dibandrol dengan harga sekitar Rp 120.000,- belum dihitung pajak. Selain Sup Tom Yum, ayah memesan sop buntut, lalu sup sehat (isinya pokcoy, tahu sutra, ayam, bola-bola udang, wortel, jamur kancing, dan jamur tiram).

Selain itu juga kami memesan ayam goreng kremes 1 ekor dengan aneka sambal, ditambah kudapan seporsi tahu petis, lalu seporsi sate ayam (isi 10 tusuk), dilengkapi dengan minuman es teh, es jeruk, dan jus sirsat. 

Harga menu Batavia Resto Malang memang mahal. Namun saya tidak kecewa setelah menghabiskan sekitar 750ribu rupiah di kunjungan ketiga saya ke Batavia Resto Malang bersama enam orang lainnya.

Rasa Sup Tom Yum mereka menurut saya adalah the best in town. Saya pernah beberapa kali mencoba sup Tom Yum di beberapa resto dan salah satu resto Thailand. Namun menurut saya sup Tom Yum Batavia Resto yang terbaik. 

tomyum batavia resto
menu tomyum dengan kuah kental penuh rempah dan isian yang ngga pelit

Isiannya lengkap; udang, cumi, kepiting yang sudah dibagi menjadi beberapa bagian, jamur kancing, potongan ayam yang dilengkapi dengan kuah kental segar yang begitu sempurna mendarat di lidah.

Penasaran dengan menu yang lainnya, akhirnya beberapa hari yang lalu saya mampir kesana lagi bersama keluarga. Kali ini ada 5 orang dewasa dan 2 anak-anak serta 1 remaja.

Kami memesan nasi goreng Batavia, sup sehat, ayam goreng 1 ekor dengan aneka sambal, gurami asam manis, ikan dorang bakar sambal dabu-dabu, tahu petis, dan untuk minuman kami semua memesan es teh dan teh hangat.

Bagaimana rasa nasi gorengnya? Sejauh ini protein yang disajikan dalam sepiring nasi goreng worth it sih sama harganya. Dilengkapi dengan telur ceplok, sosis, udang, kerupuk dan acar nasi goreng terasa sangat lengkap dan mengenyangkan tentunya.

menu nasi goreng batavia

Rasanya juga enak, ngga mengecewakan juga. Untuk satu porsi nasi goreng menurut saya cukup banyak ya, jadi kalau teman-teman porsi makannya tidak cukup banyak bisa memesan satu nasi goreng untuk berdua hehe..

Ayam goreng kremesnya ngga usah ditanya ya, sejak pertama kali kesini rasanya tidak pernah berubah. Tetap enak, empuk, krispinya juga dapet, rempahnya juga terasa gurih.

Sup sehatnya juga enak dan bisa untuk menghangatkan badan.

Gurami asam manis dengan harga 75ribu rupiah juga sangat worth it. Selain ukurannya yang besar (bisa untuk 3 sampai 4 orang), rasanya juga sangat enak. Perpaduan asam dan manisnya saus yang disiram di atas gurami bikin kita ketagihan. Gurami yang dibalut dengan tepung lalu digoreng itu juga lembut, kalau kata Master Cheff tingkat kematangannya pas.

menu gurame asam manis Batavia Resto Malang

Adapun untuk dorang bakar dabu-dabu saya agak syok sih. Karena dalam pikiran saya sambal dabu-dabu itu diiris kotak-kotak dan kecil-kecil. Paduan cabe rawit, jeruk peras, bawang merah, tomat, dan juga cabe hijau yang menambah semangat untuk makan.

Syok karena ternyata irisannya besar-besar sekali hehe.. saya sampai tidak berani untuk mengunyah sambalnya. Biasanya sambal dikunyah dan jadi satu lumer di mulut bersamaan dengan potongan ikan. Alhasil saya hanya mengambil bawang merah mentah, tomat dan juga satu atau dua cabe rawit yang akhirnya saya potong sendiri kecil-kecil.

menu cafe batavia resto malang

Untuk dorang bakarnya sudah sempurna. Bumbu kuningnya meresap sampai ke dalam, tidak terlalu manis seperti ikan bakar pada umumnya. Justru gurih dan lebih sedap.

Tahu petisnya juga belum ada yang ngalahin nih untuk sajian dari Batavia Resto Malang. Atau memang karena saya suka sama petis ya? Hehe..

Untuk menu makanan cafe dan harganya teman-teman bisa juga menghemat dengan memesan menu paket untuk 5 orang, atau 7-8 orang, hingga 10 orang. Menu paket ini tentu lebih murah dibanding kita memesan menu satu per satu. Namun menu paket sudah ditentukan dari Batavia Resto yaa. 

Harga menu paket mulai dari 500ribuan yang terdiri dari berbagai macam lauk protein, sayuran, nasi, dan sambal. Ada juga menu tumpeng atau nasi liwet. Lengkap deh.

Harga Menu Batavia Resto Malang

Untuk harga di dalam menu Batavia Resto Malang bervariasi ya. Mulai lima puluh ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. 

harga menu batavia resto malang
600ribuan untuk 5 orang dewasa dan 3 anak-anak

Untuk harga minuman saya pikir cukup mahal ya, jadi saat memesan minuman kami biasanya cukup es teh atau teh hangat. Beberapa pekan lalu adik saya membeli es jeruk (sepertinya ini es jeruknya juga sudah disiapkan dari freezer ya), rasanya lumayan sih, tapi ada sedikit rasa pahit dari biji yang sepertinya belum diambil. Es jeruk dibandrol dengan harga sekitar 20ribuan. Begitu juga dengan jus buah-buahan.

Jadi menurut saya es teh sudah paling enak dan murah hehe.. Adapun untuk air mineral dan camilan di meja berupa kacang goreng diberi gratis.

Namun harga makanan di cafe Batavia Malang menurut saya sudah sesuai dengan rasa dan juga kualitas bahan baku serta penyajiannya. Jadi ketika harus membayar di atas lima ratus ribu rupiah untuk satu keluarga pun saya tak menyesal.

Pelayanan Batavia Resto Malang

Jika ditanya bagaimana pelayanan di Batavia Resto Malang, wah perfect deh. Semua pramuniaga-nya tidak ada yang cemberut, manyun, atau kalau ditanya sesuatu jawabannya ngga enak.

review batavia resto malang
See you Batavia! -makanan sisa bisa dibungkus-

Bahkan kalau makanan kita ngga habis, pramuniaga dengan senang hati akan membungkus makanan tersebut dengan baik. Bukan hanya diberi plastik atau kantung kresek, tapi benar-benar ditempatkan di wadah terbaik mirip seperti pelayanan yang pernah saya dapatkan di hotel atau resort berbintang 5.

Pembayarannya pun bisa menggunakan cash, non-tunai maupun kartu kredit (dengan transaksi minimal tentunya). 

Semoga artikel ini bermanfaat dan jadi rekomendasi tempat kulinermu di akhir pekan :)

Kampoeng Pecel Lereng Katresnan Klaten Jawa Tengah

Kampoeng Pecel Lereng Katresnan Klaten Jawa Tengah adalah salah satu tujuan wisata karena penatnya kehidupan kota dan serba kemodernan seringkali menimbulkan kejenuhan. 

Karena itulah jiwa-jiwa yang merasa gersang berharap bisa menikmati alam yang damai pada suasana khas perdesaan. Penat karena belajar online yang sudah digelar lebih dari satu tahun pun membawa banyak orang-orang ke tempat ini. 

Muncul juga destinasi wisata yang menjual nostalgia ala kampung dengan sajian kuliner tradisional di berbagai daerah perdesaan. Salah satunya adalah Kampoeng Pecel di daerah Bayat, Klaten. Teman-teman bisa menjadikannya pilihan untuk berkunjung akhir pekan.

kampoeng pecel lereng katresnan

Sejarah Kampoeng Pecel

Objek wisata kuliner yang baru dibuka pada September 2020 ini merupakan salah satu unit wisata dari Agrowisata Lereng Katresnan yang berada di Dusun Mojorejo RT 32 RW 12, Desa Ngerangan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Berdiri di atas lahan mangkrak milik warga seluas 2.500 meter persegi.

Lokasinya berada di bawah rimbunan pohon bambu dan jati di pinggir sungai yang hanya ada air saat turun hujan.

Kampoeng Pecel dikembangkan oleh warga secara swadaya dan didukung BUMDes setempat. Warga iuran hingga terkumpul modal awal Rp3,6 juta dan digunakan untuk mendirikan gazebo, lincak, jembatan, serta aneka ornamen untuk spot selfie. 

Pada bagian dapur dan pelayanan pengunjung, Kampoeng Pecel memberdayakan puluhan ibu-ibu kampung setempat.

Menikmati Pecel dan Dawet Lidah Buaya dari Kampoeng Pecel Lereng Katresnan Klaten Jawa Tengah

Sesuai namanya, pecel adalah sajian andalan di Kampoeng Pecel. Dikutip dari Wikipedia, pecel atau pecal (berasal dari bahasa Jawa) merupakan makanan berasal dari pulau Jawa, makanan ini biasanya dihidangkan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan aneka jenis sayuran.

Makanan ini populer terutama di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Ibu-ibu di Kampoeng Pecel menyajikannya dengan nasi, gendar, tiwul, hingga hewek dilengkapi peyek kacang.

Teman-teman mungkin biasa minum cendol dawet ayu yang berasal dari tepung beras. Beda dengan cendol dawet di Kampoeng Pecel, di sini ibu-ibu menawarkan kuliner unik berupa dawet dari bahan dasar lidah buaya atau aloe vera. 

Tampilan dawet hijau segar membuat mulut dan lidah tak sabar untuk menyeruputnya. Sebagaimana pecel yang bahan sayurannya dari hasil panen warga Lereng Katresnan, maka aloe vera pun merupakan hasil budidaya tanaman tersebut oleh warga setempat.

Selain menikmati kulinernya, teman-teman juga bisa memuaskan diri ber-selfie ria karena banyak spot foto instagramable yang bisa dipakai. Hiasan bola warna-warni, kutipan yang memancing senyum, hingga gazebo dan gardu pandang.

Kampoeng Pecel Lereng Katresnan Klaten Jawa Tengah : Destinasi Wisata yang Ramah di Kantong

Untuk masuk ke Kampoeng Pecel, hingga tulisan ini dibuat, masih gratis tiket masuk. Teman-teman hanya dikenai biaya parkir saja. Untuk menikmati kulinernya juga murah meriah. Kisaran harga paket makanan di Kampoeng Pecel Rp5.000 hingga Rp20.000. Sangat ramah di kantong.

Sementara itu, untuk berkunjung ke Kampoeng Pecel, teman-teman yang sudah berada di Jawa Tengah atau DI Yogyakarta bisa langsung membuka aplikasi Google Maps dan mengetik nama “Kampoeng Pecel”. 

kampoeng pecel lereng katresnan

Setelah itu akan muncul rute perjalanan yang harus dilalui. Kalau dari arah Solo, Gunungkidul, Yogyakarta, dan Klaten sudah ada beberapa penanda menuju Kampoeng Pecel. Estimasi waktu dari Kota Klaten sekitar 15-20 menit sudah sampai. Kalau dari Solo itu sekitar 30-45 menit. Dari Yogyakarta juga sekitar itu karena memang Kampoeng Pecel berada di tengah-tengah perbatasan.

Teman-teman tak hanya bisa menikmati wisata kuliner saja, ada beragam aktivitas wisata yang bisa dilakukan di lokasi Kampoeng Pecel, seperti camping ground, outbond hingga wisata edukasi pertanian. Terutama terkait pembudidayaan lidah buaya. 

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Kampoeng Pecel Lereng Katresnan? Langsung saja ikuti Google Maps dari gawai kamu yuk!

Ada rekomendasi tempat wisata lain di kotamu? Bagikan di kolom komentar yuk!


Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Saat Akan Melakukan Perjalanan di Masa PPKM?

Semakin meningkatnya jumlah pasien yang terjangkit Covid19 pada bulan Juni kemarin membuat Pemerintah membuat kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) darurat. Dan alhmadulillah setelah diberlangsungkannya PPKM ini sedikit demi sedikit lonjakan kasus Covid19 mulai menurun. Sekarang masa PPKM masih berlaku di Jawa-Bali, namun sudah sedikit diperlonggar sehingga kini kalian sudah bisa melakukan perjalanan di masa PPKM.

Namun ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan bila ingin melakukan perjalanan di masa PPKM. Karena ada aturan-aturan yang diberlakukan Pemerintah buat masyarakat yang akan melakukan perjalanan selama masa PPKM.

Baca juga : Cara Mudah Chek In Mandiri di Bandara

Nah oleh sebab itu, ada hal-hal yang harus kalian siapkan sebelum melakukan perjalanan selama masa PPKM. Terutama buat kalian yang akan keluar dari area Jawa-Bali ataupun masuk ke area Jawa-Bali. Apa saja yang kudu dipersiapkan?

1. Sertifikat Vaksin

vaksin
Source : pexels.com

Masa PPKM yang sudah mulai diturunkan dari yang kemarin level 4 kini menjadi level 3 di beberapa daerah di Pulau Jawa, sehingga aturan bepergian sedikit dilonggarkan. Untuk perjalanan menggunakan transportasi umum pelaku perjalanan harus menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinansi dosis pertama).

Jadi, buat kalian yang akan melakukan perjalanan jauh keluar kota atau provinsi atau keluar pulau pastikan  diri kalian sudah mendapatkan vaksin minimal vaksin dosis pertama.

2. Hasil  Negative Test PCR atau Antigen

tes pcr
Source : pexels.com

Syarat lanjutan lainnya untuk melakukan perjananan jarak jauh adalah dengan menunjukkan hasil negative tes PCR (H-2) atau Antigen (H-1). Kapan harus ters PCR dan kapan harus Antigen?

Kalian harus menunjukkan hasil negative tes PCR H-2 jika,

  • Sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama atau sudah mendapatkan vaksin lengkap (dosis kedua). Dan akan melakukan perjalanan keluar atau masuk area Jawa-Bali menggunankan transportasi udara.
  • Sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan akan melakukan perjalanan antar kota atau kabupaten di area Jawa-Bali menggunakan transportasi udara.

Kalian harus menunjukkan hasil negative tes Antigen (H-1) jika,

  • Sudah mendapatkan vaksinasi minimal dosis pertama dan akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.
  • Sudah mendapatkan vaksinasi minimal dosis pertama dan akan melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi darat dan laut seperti kereta api, bis, dan kapal laut.
  • Sudah mendaptakan vaksinasi lengkap (dosis kedua) dan akan melakukan perjalanan antar kota atau kabupaten di area Jawa-Bali menggunakan transportasi udara.

3. Mengisi e-HAC

ehac
Source : kompas.com

Apa itu e-HAC? E-HAC merupakan singkatan dari Healt Alert Card, yaitu Kartu Kewaspadaan Kesehatan. Kartu ini berfungsi untuk melakukan verifikasi penumpang selama bepergian. Dengan adanya e-HAC pemerintah berusaha untuk mengurangi resiko terjadinya penyebaran penyakit yang dibawa oleh penumpang dalam hal ini penularan Covid19. Sistem e-HAC ini diharapkan dapat mendukung kemudahan akses pelayanan, kepada semua calon penumpang dengan tujuan Negara Indonesia.  

Selain itu e-HAC ini juga bermanfaat bagi kita lho. Kita jadi bisa membuat record perjalanan kita, sehingga andaikata kita tertular virus kita bisa flashback. Dan bisa mengetahui kira-kira dimana kita tertularnya.

4. Download Aplikasi Peduli Lindungi

Buat kalian yang nggak mau ribet dengan bawa-bawa kertas hasil tes, e-HAC dan sertifikat vaksin, kalian bisa download Aplikasi Peduli Lindungi di Playstore. Dalam aplikasi ini sudah ada semua yang disebutkan di atas.

Kalian cukup registrasi menggunakan nomor KTP dan nomor Handphone atau alamat email. Ketika nomor KTP kalian sudah terbaca, maka data-data kalian akan langsung masuk di sana. Mulai dari sertifikat vaksin, hasil tes PCR atau Antigen (di 742 lab yang diakui Kemenkes) hingga form e-HAC.

Nah sekarang bila sudah lengkap semua data-data di atas, kalian bisa dengan tenang melakukan perjalanan di masa PPKm seperti sekarang ini. Dan jangan lupa ya untuk tetap menerapkan protocol kesehatan dengan menggunakan masker.

Baca juga : Cari Penginapan Buat Solo Traveling

Baobab Safari Resort, Staycation Istimewa Bareng Jerapah dan Rusa

baobab safari resort
pict from : tripadvisor

CaravanJingga kali ini mau ngajakin teman Caravan jalan-jalan Staycation ke Baobab Safari Resort. Saya yakin pasti banyak teman Caravan yang sudah tidak asing lagi dengan Baobab Safari Resort ini. Yup! Berada di sebelah Taman Safari Prigen Indonesia, Baobab Safari Resort adalah salah satu pilihan staycation untuk teman Caravan di saat-saat penat setelah PPKM lho.

Kenalan dengan Baobab Safari Resort

Ingin ke Baobab sudah sejak lama sebenarnya, tapi karena pandemi akhirnya terus tertunda sampai akhirnya saya sudah malas dan tidak ingin lagi kesana, hehe..

baobab safari resort
disambut dengan pemandangan kanan dan kiri jalan yang mengagumkan begitu memasuki pintu gerbang Baobab Safari Resort

Namun yang namanya rezeki tak akan kemana, di sinilah kemudian saya. Salah seorang sahabat menawarkan kamarnya di Baobab karena tidak bisa pergi di tanggal tersebut. Sementara pihak Baobab tidak bisa melakukan reschedule karena sudah fool booked hingga akhir Agustus 2021. Akhirnya dijual-lah kamar tersebut pada saya.

Andai nih ya, andai dia tidak menjualnya pada saya mungkin sampai akhir tahun pun saya tidak akan pergi kemana-mana setelah dua tahun menghadapi pandemi yang entah kapan berakhirnya ini. Setelah disetujui suami, kami pun memutuskan untuk pergi ke Baobab Safari Resort setelah suami saya pulang kerja.

Jadi sekitar jam 3 sore saya baru meninggalkan kota Malang menuju Prigen, Pasuruan. Sampai di resort kira-kira pukul lima kurang sepuluh menit (karena di jalan mampir dulu ke minimarket beli camilan haha). Mengurus administrasi dan lain-lain kami baru sampai kamar lantai 4 pukul lima sore.


pemandangan dari balkon kamar sesaat setelah matahari tenggelam
Konsep Baobab Safari Resort didapuk sebagai satu-satunya hotel di Indonesia dengan konsep bernuansa alam yang langsung berhadapan dengan berbagai macam satwa. Berbagai macam kamar safari yang ditawarkan oleh Baobab Safari Resort menghadap satwa-satwa yang bisa kita lihat dari balkon kamar. Ada yang berhadapan dengan kandang Hippo/kudanil, ada juga yang berhadapan dengan rusa dan jerapah.Jadi Baobab Safari Resort ini adalah sebuah hotel di Jawa Timur yang menawarkan pengalaman  menginap bernuansa alam. Beralamat di Jatiarjo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Kalau dari kota Malang kira-kira 80 menit perjalanan santai deh ya.

Disambut dengan Ramah oleh Jerapah, Rusa, dan Meerkat

Memasuki kawasan Baobab Safari Resort, kami disambut dengan sangat ramah oleh petugas yang berjaga. Beliau kemudian memberikan petunjuk jalan mana saja yang akan kami lewati di depan. Masuk kawasannya saja saya sudah excited banget, ditambah dengan nuansa pegunungan yang sejuk dan asri.

Pada saat tiba di lobi hotel pun petugas langsung sigap membukakan pintu mobil kami bahkan dibantu sampai menurunkan barang. Saya juga diantar ke resepsionis untuk konfirmasi pemesanan kamar. Begitu memasuki lobi hotel, terlihat jerapah dan rusa di depan mata. Anak saya langsung senang bukan kepalang.

Saat melakukan konfirmasi kamar, petugas resepsionisnya juga sangat ramah dan mau menjawab setiap pertanyaan saya tentang kamar-kamar di Baobab. Penjelasannya juga sangat detail.

lobby baobab safari resort

Saat itu saya memang beli kamar Deluxe King Safari, namun karena suami ingin pemandangan di depan rusa, jerapah dan meerkat sebagaimana di lobi hotel, maka kami pun memutuskan untuk upgrade kamar. Petugas pun dengan ramah membantu kami untuk upgrade kamar ke Premium King Safari dengan menambah rupiah tentunya hehe..

Untuk teman-teman yang ingin memanfaatkan promo setelah PPKM hingga akhir Agustus, harga kamar Deluxe hanya 700ribu saja, harga normalnya sekitar satu juta rupiah. Kalau ingin upgrade ke kamar premium, tambah lagi 400ribu rupiah. Jadi promo selama Agustus ini 1,1juta rupiah untuk harga kamar Premium King Safari dari harga aslinya sekitar 1,5-1,8 juta rupiah semalam.

Keuntungan kamar Premium memang tidak jauh berbeda selain ukuran kamar yang sedikit lebih besar dibanding kamar Deluxe, mini bar juga tersedia sebagaimana kamar Deluxe. Hanya saja, kami lebih memilih pemandangan rusa, jerapah, meerkat dan juga kelap kelip lampu di kolam renang yang rasanya bikin hati adem.

kamar premium safari king baobab resort

Ngapain lihat kudanil berendam, Isya pasti lebih suka pemandangan ini.. 

Begitulah kata suami saya ketika ingin upgrade kamar ke premium. Gedung kamar Premium berada di sisi kiri lobi hotel dengan 4 lantai dan 4 gedung berjejer dengan pemandangan yang sama. Saya berada di gedung tengah, gedung ketiga dari lobi. Jadi pemandangannya pas banget.

Dinner dan Breakfast dengan Menu Baobab Safari Resort

Karena Baobab Safari Resort letaknya lumayan jauh dengan perkotaan atau kawasan pedesaan dengan banyak warung, akhirnya kami memutuskan untuk dinner di restoran Baobab saja.

Alhamdulillah, menunya beragam dan tidak terlalu mahal untuk hotel sekelas Baobab. Nasi goreng standart dengan harga sekitar 50ribuan, sate ayam juga dibandrol 50ribuan, capcay, mie goreng, bihun, semuanya dengan harga 50ribuan. Kecuali untuk menu sop buntut, menu utama dengan daging sapi dibandrol dengan harga 100ribuan.

dinner di baobab safari resort

Mengapa saya katakan worth it? Karena prosinya pun banyak. Kalau untuk saya nasi goreng satu porsi bisa jadi ngga habis. Kalau untuk porsi laki-laki cukup sih. Rasanya pun juga enak. Lengkap dengan sayur, telur, dan juga irisan daging ayam yang besar-besar.

Sate ayamnya pun juga lengkap, ada sambal, acar, 10 tusuk sate ayam (ini pun juga irisannya besar-besar), dan juga nasi. Malam itu saya pun tidak bisa menghabiskan 1 porsi sate ayam. Untung ada suami yang siap sedia menampungnya hehe..

Untuk anak-anak bisa pesan kentang goreng dan coklat panas seperti yang dimakan oleh anak saya. Protein bisa ambil porsi daging ayam milik orangtuanya hehe.. jadi tidak perlu memesan 1 menu khusus untuk anak-anak. Karena saya jamin anak-anak tidak akan habis.

Sebagaimana yang telah saya lihat di beberapa meja, selalu ada makanan tersisa. Tidak sedikit lho. Mungkin mereka mengira porsinya kecil dan tidak akan cukup jika hanya memesan dua untuk ayah, ibu dan anak. Ini kan sayang banget ya.

Harga minumannya pun standart, mulai dari 20ribuan untuk sepoci teh lemon hangat seperti yang saya pesan. Begitu juga dengan coklat panas dibandrol dengan harga 20ribuan juga. Porsinya juga besar. Jadi cukup pesan 2 minuman untuk 3 orang. Dijamin kenyang, tidur pun nyenyak.

Kami bertiga hanya mengeluarkan sekitar 250ribuan saja untuk satu kali makan di restoran hotel. Menunya ngga bikin kapok, alias rasanya enak, bisa diterima lah oleh lidah saya. Hanya saja saya tidak bersemangat keesokan paginya untuk sarapan karena hampir tidak ada menu yang pedas. Hehe..

Bagi teman-teman pencinta pedas boleh minta tambahan sambal ke housekeeping. Nanti akan diusahakan untuk dibuatkan sambal dari restoran. Ini sih ide saja ya, saya sendiri belum mencoba karena sudah terlanjur memanggil housekeeping untuk minta tambah air mineral. Mau memanggil lagi agak sungkan juga, wkwk. Kenapa ngga sekaliaaaan? Gitu mungkin pikirnya.

Bagaimana dengan menu breakfast?

breakfast baobab
ini menu breakfast kami sementara Bapaknya masih mandi

Untuk free breakfast menunya adalah dua piring nasi goreng dengan telur ceplok, ikan dori digoreng, koloke ikan (entah apa nama ikannya), ayam lada hitam, tumis kacang panjang dan tahu, kerupuk, scramble egg, puding coklat dan vla, 4 jenis roti-rotian, jus jambu dan jus sirsat.

Kenyang? banget. Dan itu sudah lebih dari cukup untuk kami bertiga. Bahkan tidak mampu lagi menghabiskan roti-rotinya. Akhirnya roti dibungkus untuk dibawa pulang, karena sayang banget kalau sampai nanti dibuang oleh petugas kebersihan kan.

Fasilitas yang Tidak Bisa Dinikmati Selama PPKM

Jadi sebenarnya masih ada lagi beberapa fasilitas dari hotel yang diberikan selama kita menginap di sana. Apalagi saat weekend. Ada Safari Night (jalan-jalan melihat satwa selama 30 menit), ada dongeng untuk anak-anak di malam hari, dan masih banyak lagi.

Hanya saja karena Baobab Safari Resort kemarin baru kembali beroperasi karena PPKM, kegiatan tersebut di atas masih ditiadakan. Mengingat kota Malang dan Pasuruan masih berada di level 3/zona orange.

Sayang sih, namun kita masih bisa menikmati sarana lainnya lho. Beruntungnya kolam renang bisa digunakan mulai pukul 8 pagi khusus untuk tamu Baobab Safari Resort. Namun saya tidak menemui orang yang berenang kemarin. Mungkin karena memang kondisinya masih belum sepenuhnya aman untuk membuka masker di tempat umum ya :)

Feeding Giraffe, Meerkat, dan Naik Gajah Sebelum Pulang

Walaupun tidak bisa menikmati beberapa fasilitas yang disebutkan di atas, namun siapa sangka kita masih bisa lho memberi makan jerapah, meerkat, ular, naik gajah bahkan sarapan bersama jerapah.

Untuk memberi makan jerapah, meerkat, dan juga ular baru bisa dimulai pukul 9 pagi hingga 9.30. Hanya 30 menit saja kesempatan kita untuk memberi makan jerapah, meerkat, dan ular. Nantinya jam 10 kita bisa ikut berkeliling bersama gajah :)

Sayangnya pagi itu saya hanya membeli tiket untuk memberi makan jerapah saja. Inginnya sih ikut naik gajah, tapi anak saya tidak mau dan saya tidak mau memaksanya. Untuk tiket memberi makan jerapah hanya 100ribu saja untuk satu keluarga (maksimal 5 orang), sedangkan jika teman Caravan ingin sarapan dengan Jerapah perlu merogoh kocek lebih dalam, yakni sebesar 400ribu.

feeding giraffe

Kita akan diberi satu keranjang isi makanan untuk jerapah dan bebas berfoto bersama jerapah di tempat yang telah disediakan. Inilah momen yang paling dinantikan oleh anak saya. Lebih dekat dengan jerapah yang sangat jinak menjadi memori indah yang dibawanya hingga besar nanti. Saya pun jadi ikut happy :)

Ada empat jerapah yang ada di Baobab Safari Resort. Masing-masing memiliki nama, yaitu Zahira, Zahara, Kamil dan yang satunya saya lupa menanyakan namanya. Satu jerapah kecil (sepertinya memang masih anak-anak) saat itu tidak ikut bersama kami untuk diberi makan. Karena si jerapah kecil masih asyik dengan kandangnya.

feeding geraffe

Selanjutnya teman-teman juga bisa berswafoto dengan meerkat dan ular. Tentu saja harus membayar tiketnya juga, hehe.. Tahu kan meerkat? Binatang yang menjadi pendamping setia Simba di film Lion King.

meerkat di baobab safari resort
meerkat di taman Baobab Safari Resort

Untuk naik gajah, tarifnya pun sama, yakni seratus ribu rupiah. Belum tahu juga sih untuk satu keluarga atau satu orang saja per tiket.

Dapat Potongan Harga Untuk Membeli Tiket Safari Adventure Taman Safari

Rencananya setelah kami checkout sekitar pukul 10 pagi memang akan beranjak ke Taman Safari. Kebetulan saat saya memesan tiket lewat hotel, ternyata dapat potongan lumayan lho. Saya mendapatkan tiket rusa hanya dengan harga 75ribu rupiah per orang. Harga normalnya 115ribu rupiah. Jadi lumayan deh buat jajan, hehe..

Jadi jika teman Caravan ingin langsung beranjak melihat satwa-satwa lebih dekat lagi bisa mampir ke Taman Safari melalui Baobab Safari Resort ya, keuntungannya tentu saja mendapatkan potongan harga tadi.

Saat kami memasuki kawasan Taman Safari sekitar pukul 10.30 suasana masih sangat sepi. Bahkan bisa dibilang pengunjungnya hanya kami saja. Buktinya setelah selesai berkeliling di Safari Adventure, parkiran mobil bawah maupun atas di kawasan taman bermain sangat sepi. Hanya ada satu mobil, yakni mobil kami.

Saat menikmati pertunjukan gajah pun juga hanya ada 3 orang di tribun. Saya, suami, dan anak. Namun pihak Taman Safari tetap berlaku profesional dan ramah meskipun dalam kesempatan tersebut show pertama kalinya yang berlangsung setelah PPKM hanya dihadiri oleh 3 orang saja.

Ikut sedih deh rasanya. Saya hanya bisa berdoa semoga PPKM segera berakhir, pandemi juga cepat pergi dari Indonesia sehingga satwa-satwa di sini bisa kembali ramai dikunjungi dan memberikan edukasi soal fauna di masyarakat.

Kunjungan saya ke Taman Safari bisa dibaca di sini juga, karena kurang lebih isinya sama dengan tahun lalu kok.

Terimakasih Baobab Safari Prigen, Terimakasih Taman Safari Indonesia sudah menghadirkan staycation yang sangat berkesan bagi saya dan keluarga. Rasanya ngga pengin pulang, kalau ngga inget dompet hehe..

baobab safari resort
Terimakasih Baobab Safari Resort dan Taman Safari Prigen atas pelayanannya yang sempurna. See you very soon, insyaAllah <3

Yuk rekomendasikan tempat kuliner maupun wisata untuk Caravan di kolom komentar. 
Update juga pengetahuan lainnya melalui lama blog sahabat saya, www.duniakifa.my.id

Asyiknya Kulineran Keliling Nusantara dengan Aplikasi Resep Masakan Yummy App

Ada yang sudah pernah nonton Aruna dan Lidahnya? Saya termasuk orang yang tiba-tiba ingin jadi cheff, ingin keliling Indonesia, dan tentu saja tiba-tiba lapar sebab melihat ada begitu banyak kuliner Nusantara yang begitu menggoda sebab film tersebut.

Ingin rasanya merasakan berbagai macam makanan khas dari daerah-daerah di seluruh Indonesia. Ada gurih dan umaminya soto betawi, ada gudeg dari Jogja yang selalu menyambut lidah kita dengan rasa manisnya. Lalu saya juga selalu rindu pedas dan gurihnya rujak cingur kesukaan dari Jawa Timur.

resep kuliner nusantara yummy app

Rasa misterius dari pulau bagian timur Indonesia bernama Papeda Ikan. Ada juga aroma ikan yang menggigit dari Mpek-mpek Palembang, wanginya dodol durian yang sangat eksklusif dari daerah Kalimantan, dan masih banyak lagi.

Duh bisa ngga ya?

Keliling Nusantara dengan Aplikasi Resep Masakan Yummy App Yuk!

Bohong kalau ditanya tidak ingin mencicipi seluruh kuliner khas Nusantara itu. Inilah yang membuat Indonesia kaya. Kuliner khas nusantaranya bikin kangen! Tapi bagaimana caranya ya mencicipi semua makanan itu di sini? Di kota kecil yang penduduknya tak lebih dari satu juta jiwa. Apalagi di tengah pandemi seperti ini tidak memungkinkan untuk traveling kesana kemari jika bukan keperluan yang mendesak.

Untungnya tahun lalu saya sudah mulai belajar memasak melalui ide-ide resep masakan dari sebuah aplikasi resep masakan Yummy App. Tahun lalu, saya belajar tentang bagaimana cara membuat garang asam ayam kesukaan suami hingga menjadi menu favoritnya berbulan-bulan.

Saya juga sempat membuat donat kentang simple kesukaan anak melalui aplikasi resep masakan Yummy App. Lalu terbersitlah ide untuk berkeliling nusantara ala saya dengan mencicipi seluruh menu khas masing-masing daerah di Indonesia.

Darimana lagi kalau bukan dari aplikasi resep masakan Yummy App yang mudah diakses dimana saja dan kapan saja lewat ponsel pintar sederhana, GRATIS lagi!

Siapa mau turut serta dengan saya? Yuk berangkat!

aplikasi resep masakan yummy app

Sebelumnya saya ingin memperkenalkan dulu pemandu kita pada hari ini. Yup! Aplikasi Resep Masakan Yummy App! Dia akan membantu kita untuk menjelajah sajian kuliner Nusantara melalui fitur pencarian-nya. Tidak hanya itu, kita juga bisa menghemat budget dengan memanfaatkan fitur filter budget yang telah disediakan oleh pemandu kita, Yummy App.

Bagaimana cara lengkapnya? Ikuti saja sampai habis ya :)

Menyecap Pedas dan Gurihnya Rujak Cingur dari Jawa Timur

Perjalanan kita mulai dari yang dekat dulu yuk. Ada rujak cingur khas Jawa Timur. Pemandu Aplikasi Resep Masakan Yummy App akan memberikan resep terbaiknya terlebih dahulu pada kita semua. Bagaimana rasanya?

resep masak rujak cingur

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama di daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. 

Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, cingur, serta sayuran seperti  kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). 

Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diulek, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak ulek. Makanan ini disebut rujak cingur karena bumbu olahan yang digunakan adalah petis udang dan irisan cingur. 

Inilah yang membedakan dengan makanan rujak pada umumnya yang biasanya tanpa menggunakan bahan cingur atau bibir sapi. Rujak cingur biasa disajikan dengan tambahan kerupuk udang dengan alas pincuk (daun pisang) atau piring. Hmm yummy! Tingkat pedasnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Kalau saya sih biasanya minta cabe 3, hehe..

resep masak yummy app
Jadi deeeh rujak cingur recook dari Yummy App
Sudah puas dengan hidangan pedas dan gurih? Yuk sekarang kita berangkat ke pemberhentian berikutnya, setuju ngga kalau kita makan yang manis dan gurih? Yuk, berangkat!

Merasakan Manis dan Gurihnya Gudeg Jogja, Hidangan Keraton yang Tak Akan Terlupa

Meskipun sampai saat ini belum diketahui secara jelas tentang sejarah Gudeg, beberapa pandangan  mengkaitkan Gudeg sebagai makanan dari Kraton Yogyakarta, sementara lainnya berpandangan bahwa Gudeg telah lama ada sejak penyerbuan pertama ke Batavia pada 1726-1728 oleh pasukan Sultan Agung yang tercatat dalam sejarah meski belum dapat dibuktikan kebenarannya. 

Namun dalam berbagai kesimpulan mengenai sejarah Gudeg dapat disimpulkan bahwa Gudeg adalah makanan masyarakat zaman dulu karena bahan bakunya, yaitu nangka muda. Nangka muda ini mudah  ditemukan di pekarangan sekitar rumah warga. Nangka tersebut kemudian diolah dan dikembangkan sehingga menjadi Gudeg makanan khas masyarakat Yogyakarta sampai saat ini.

Bagaimana cara membuat gudeg? Kita intip aplikasi Yummy App yuk!

resep masakan gudeg dari yummy app
Food pict from idntimes

Setelah tahu praktiknya, mari kita cicipi gudeg, makanan Nusantara yang jadi kebanggaan masyarakat Jogja yuk! Gudeg saat ini sudah bisa dikemas dalam bentuk kering lho sehingga bisa dikirim keluar kota bahkan punya nilai ekspor yang tinggi.

Gudeg sebagai makanan tradisional yang terbuat dari Nangka muda (nangka) ini ternyata direbus selama beberapa jam dengan gula kelapa serta santan. Lalu dilengkapi dengan berbagai bumbu  tambahan yang membuat Gudeg lebih terasa manis di lidah dan memiliki rasa yang khas dan enak sesuai dengan selera masyarakat Jawa pada umumnya.

Pada penyajiannya, Gudeg biasa dilengkapi dengan nasi putih, ayam, telur rebus, tahu atau tempe, dan rebusan terbuat dari kulit sapi segar atau lebih dikenal dengan nama sambal goreng krecek.

Kita berhenti dulu dan nikmati segarnya es dawet dari tour guide kita Yummy App yuk!

resep masakan dawet
Teman Caravan juga bisa manfaatkan fitur filter untuk harga, komunitas, tingkat kesulitan (5 langkah atau 10 langkah), dan juga budget.

Es dawet ini juga mudah ditemui di berbagai daerah di Pulau Jawa lho. Segar, manis dan rasa gurih dari santannya bisa menghilangkan dahaga setelah menikmati gudeg yang lezat. Hmm, masih belum puas juga rupanya perut ini, hihi..

Bagaimana kalau kita langsung menuju Jawa Barat? Pegangan yang erat yaa..

aplikasi resep masak

Mencoba Gurihnya Soto Betawi dengan Resep Bintang Lima

Aplikasi Yummy App kali ini mendaratkan kita di Jawa Barat. Makanan yang paling ingin saya rasakan ketika ada di Jakarta adalah soto betawi. Kalau soto di Jawa Timur sering dibuatkan oleh Ibu, tapi untuk soto betawi yang katanya gurih dan umaminya dapet itu, saya ingin membuatnya sendiri melalui aplikasi resep masakan Yummy App.

Soto Betawi merupakan soto yang khas dari daerah DKI Jakarta. Seperti halnya Soto Madura dan Soto Sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, sering kali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Daging sapi juga menjadi bahan campuran dalam soto Betawi.

resep soto betawi dari yummy app
food pict from : Yummy App

Bedanya dengan Soto di Jawa Timur adalah kuahnya. Kalau di Jawa Timur sotonya berkuah bening. Sedangkan kuah soto Betawi merupakan campuran santan dan susu. Kedua campuran inilah yang membuat rasa soto Betawi begitu khas. Beda dengan soto lainnya.

Cobain Pempek Palembang Anti Gagal

Setelah kenyang dengan soto Betawi, saya juga penasaran nih dengan Pempek atau empek-empek Palembang. Kalau selama ini pempek yang saya rasakan kebanyakan keras dan ikannya tidak terlalu terasa, kali ini penginnya mencicipi mpek-mpek asli Palembang yang lembut, gurih, dan kenyal.

Teman Caravan bisa langsung buka aplikasi Yummy App, pemandu kita kali ini dan cari menu mpek-mpek. Di sana kita bisa memilih mana yang resepnya cocok menurut selera masing-masing. Dijamin anti gagal (asal sudah mengikuti step dan takaran yang telah dituliskan yaa..)

Yakin anti gagal?

Yakin dong!

Kok bisa? Karena semua resep yang masuk dan berhasil diunggah sudah melewati kurasi dari editor lho. Jadi tidak perlu takut prank resep dari aplikasi resep masakan YummyApp, dijamin semua resep yang masuk dan kita baca sudah melalui uji kelayakan untuk manusia, hehe..

Buktinya resep garang asam ayam yang saya ambil dari salah satu anggota komunitas Yummy App hasilnya juga maksimal. Menu yang kita ambil dari YummyApp disertai dengan cara pembuatan yang cukup mudah dengan langkah-langkah lengkap disertai gambar.

Nah, kita kembali ke mpek-mpek ya.

Jadi pempek atau empek-empek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut yang dicampur tepung kanji atau tepung sagu, serta komposisi beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, dan garam. 

Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Pempek sering disebut sebagai makanan khas Palembang, meskipun ternyata hampir semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

resep pempek anti gagal
food pict from Yummy App

Pempek dapat ditemukan dengan mudah di Kota Palembang; ada yang menjualnya di restoran, ada yang di pinggir jalan, dan pula yang dipikul. Pada tahun 1980-an, penjual biasa memikul satu keranjang penuh pempek sambil berjalan kaki berkeliling menjajakan dagangannya. Duh, berasa ada di kota Palembang yang indah. Apalagi didukung dengan makanan khasnya yang sangat memanjakan lidah.

Hmm, kemana lagi ya kita?

Cobain Papeda Ikan, Sajian Kuliner Nusantara Khas Timur Indonesia

Karena sudah kepalang makan gurihnya ikan dari pempek Palembang, sekalian saja kita eksekusi sajian khas dari timur Indonesia yang juga berbahan ikan mubara dan sagu.

Bagi yang belum tahu, papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar.

Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol, dan cukup bernutrisi. Kalau di Jawa, papeda ini mirip-mirip bubur yang terbuat dari sagu namun teksturnya lebih lengket papeda.

Pada umumnya, papeda dikonsumsi bersama dengan ikan tongkol. Namun, papeda dapat juga dikombinasikan dengan ikan gabus, kakap merah, bubara, hingga ikan kue. Selain kuah kuning dan ikan, bubur papeda juga dapat dinikmati dengan sayur ganemo yang diolah dari daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya muda dan cabai merah.

resep masak papeda

Hmm, rasa pedas dari cabe merah, gurih dari bunga pepaya muda dan ikan tongkolnya membuat papeda jauh lebih nikmat dibanding nasi, hehehe.. Apalagi papeda rendah kolesterol dan juga kaya serat. Teman-teman bisa mencoba menu papeda ikan ini dari resep aplikasi masakan Yummy App.

Masih belum puas juga? Tenang, kita masih ada satu menu lagi yang perlu dinikmati. Eh, tapi duit sudah habis, menipis. 

Tenang, Yummy App punya fitur 'filter budget' lho. Jadi teman Caravan bisa mencoba resep sesuai dengan budget masing-masing. Mau sepuluh ribu, lima belas ribu? Tiga puluh ribu? Ada dong!

resep masak dari yummy app

Pemberhentian Terakhir : Es Brenebon Gorontalo, Hemat di Kantong bersama Fitur Filter Budget

Es brenebon merupakan salah satu minuman khas Gorontalo. Brenebon dalam bahasa Gorontalo sebenarnya sebutan untuk kacang merah. Minuman ini biasa menjadi menu menyegarkan di bulan Ramadan lho. Bisa juga sebagai hidangan penutup sebagaimana perjalanan kita kali ini :)

Olahan kacang merah sangatlah bervariasi, bisa dijadikan sebagai menu makanan berat sampai pencuci mulut seperti es Brenebon ini.

es brenebon gorontalo
pict from Yummy App

Karena budget hanya tinggal empat lembar sepuluh ribuan, kita pilih hidangan penutup yang murah meriah saja dengan fitur 'filter budget' dari Aplikasi Yummy App.

Selain kelengkapan pilihan resep, kita juga bisa memilih resep mana saja yang sesuai dengan keinginan. Klik Filter Resep. Lalu kita bisa mengatur resep yang dicari mulai dari kesesuaian budget, durasi memasak, hingga porsi yang akan kita sajikan. Jadi tidak perlu khawatir salah budget. 

Waktu memasak pun bisa diatur sesuai dengan kemampuan. Mulai dari 30 menit sampai 120 menit pun ada. Jadi ingin menampilkan hidangan penutup dengan bahan, budget dan waktu yang terbatas? Bukan masalah dong!

filter budget aplikasi memasak yummy app

Manis dan harumnya kacang merah berpadu dengan susu kental manis dan santan akan membuat kita lupa kalau hari ini sudah makan banyak, dengan aneka hidangan dari seluruh Nusantara!

Kalau hari ini hanya punya Rp 20.000,- untuk belanja di tukang sayur dan bingung mau masak apa, ngga usah curhat dulu ke suami, adik, orangtua atau bahkan ke ibu mertua. Hihi. Langsung saja ambil gawai dan buka aplikasi resep masakan terlengkap Yummy App untuk mencari inspirasi resep pilihan dengan budget dua puluh ribu rupiah. Selalu ada solusi kan, bahkan jika hanya dua puluh ribu pun, kita bisa makan enak kok.

Bagaimana kesan teman Caravan setelah berkeliling Nusantara untuk mencicipi segala hidangan yang menjadi kekayaan kuliner Indonesia ini? Kalau ada resep dari daerah teman-teman yang ingin dibagikan, Yummy App juga bisa memfasilitasinya lho!

Unggah Resep Kuliner Khas Daerah Masing-masing Melalui Aplikasi Resep Masakan Yummy App

Satu hal lagi yang menarik dari aplikasi resep masakan Yummy App ini.

Jadi aplikasi memasak ini tidak hanya menyediakan berbagai resep dari cheff rumahan hingga ternama, namun ia juga memberi kesempatan pada kita untuk saling sharing resep yang sudah kita eksekusi dan berhasil. Jadi setiap orang punya kesempatan untuk menjadi cheff di Yummy App.

Kalau belum berhasil jadi cheff profesional, bolehlah jadi cheff amatir lewat Yummy App. Siapa tahu resep kita bisa jadi inspirasi banyak orang. Senang kan bisa berbagi?

Klik bagian 'tulis resep' dan teman Caravan bisa baca di sana bagaimana panduan menulis resep yang bisa kita eksekusi nantinya.

Ide Jualan Resep Kuliner Nusantara dari Yummy App

kolom resep ide jualan
Butuh uang tambahan untuk jajan? Hehe.. Ibu-ibu bisa banget lho mencoba kolom resep ide jualan dari aplikasi memasak Yummy App. Dijamin laku!

Siapa tahu ide jualan resep kuliner seperti otak-otak yang menjadi makanan khas Palembang dan Riau, lalu ada keripik tahu khas Kediri-Jawa Timur, pangsit goreng dari Malang, Pempek dos dari Palembang, Bakso Aci dari Bandung, Asinan Bogor, dan masih banyak lagi ide-ide resep kuliner Nusantara yang bisa jadi ide bisnis untuk teman Caravan semuanya, khususnya yang doyan masak ya.

Aplikasi Resep Masakan Bertabur Event dan Promosi

Rasanya tidak habis-habis ya keunggulan aplikasi masak memasak Yummy App ini. Selain fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, Aplikasi resep masakan Yummy App juga punya banyak event dan promosi yang bisa kita menangkan lho.

Yummy App
Mulai dari Yummy #YummyMerdekaChallenge, Tips dan Trick Bisnis Kuliner Yummy, Rekomendasi UMKM Pilihan Yummy, Wheels of Fortune Yummy App dengan hadiah berbagai macam peralatan dapur yang dirindukan emak-emak seperti saya, Yummy Online Cooking Class, Berbagi Resep untuk Sesama dengan #1Resep1NasiBungkus, dan masih banyak lagi.

Semua event dan promosi tersebut tentu selain akan menambah pengetahuan dan skill kita di bidang kuliner juga menjadi kesempatan untuk mendapatkan hadiah. Tidak hanya itu, kita pun bisa berbagi dengan sesama melalui aplikasi resep masakan kesayangan kita, Yummy App :)

Bagaimana? Ngga ada ruginya kan bergabung dengan Yummy App? Yuk segera download dan kreasikan masakanmu lewat aplikasi resep masakan paling hits, dan dapatkan banyak keuntungan di dalamnya. Ditunggu ya!


Referensi pendukung

Gambar : dokumen pribadi, idntimes dan Yummy App

Wikipedia.co.id