Cara Mudah Check In Mandiri di Bandara Tanpa Perlu Antri Panjang

 

airport
Source : pexels.com

Traveling menggunakan pesawat menjadi salah satu alternative pilihan para traveler. Selain untuk menghemat waktu perjalanan, traveling menggunakan pesawat juga bisa menghemat tenaga kalian. Salah satu proses penting saat akan menaiki pesawat adalah proses check in di bandara. Jika dulu kalian perlu antri panjang untuk check in kini kalian bisa melakukan chek in mandiri di bandara lho.

Sudah ada banyak mesin check in mandiri di beberapa bandara di Indonesia. Namun kelihatannya masih banyak orang yang belum mengerti cara untuk menggunakannya. Hal ini nampak dengan masih banyaknnya mesin check in mandiri yang nganggur tak terpakai. Sedangkan terlihat para penumpang masih antri di konter check in bandara.

Manfaat Check In Mandiri

Ini beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan bila melakukan chek in mandiri di bandara.

antrian bandara
Source : freepik.com

  1. Proses chek in lebih mudah dan cepat.
  2. Kalian tidak perlu mengantri panjang di konter check in bandara, sehingga menghemat waktu kalian. Hanya butuh waktu kurang dari 5 menit saja untuk chek in mandiri
  3. Bisa langsung cetak boarding pass setelah selesai check in.
  4. Dapat langsung masuk ke terminal keberangkatan, jadi tidak perlu antri di bagian depan terminal keberangkatan

Kekurangan Check In Mandiri

  1. Bila kalian membawa bagasi kalian tetap harus antri di konter check in untuk penyimpanan bagasi
  2. Ada beberapa penumpang yang tidak diperbolehkan menggunakan mesin check in mandiri. Yaitu penumpang hamil atau membawa bayi, penumpang dengan pergerakan terbatas, penumpang berkebutuhan khusus, penumpang di bawah usia 16 tahun, penerbangan transfer internasional dan jumlah penumpang lebih dari 9 orang dalam satu pemesanan.
  3. Batas waktu melakukan check in mandiri adalah 1 jam sebelum penerbangan. Jadi jangan sampai terlambat ya.

Cara Check In Mandiri di Bandara

  • Nah buat kalian yang akan melakukan check in mandiri di Bandara, kalian juga bisa melakukan check in online terlebih dahulu lewat ponsel kalian. Hampir semua maskapai penerbangan, kini sudah dilengkapi dengan fitur chek in online. Beberapa aplikasi pemesanan tiket seperti Traveloka, Tiket.com dan Pegipegi juga telah di lengkapi dengan fitur chek in online.
  • Untuk check in mandiri pertama-tama siapkan data-data yang diperlukan untuk check in. Bisa berupa email atau sms dari maskapai tempat kalian memesan tiket.
  • Datangi mesin check in mandiri yang tersedia di Bandara. Mesin ini berbentuk seperti mesin ATM. Kalau kalian tidak menemukannya kalian bisa tanyakan kepada petugas bandara.

mesin check in mandiri
Source : pexels.com

  • Mesin chek in mandiri ini memiliki layar sentuh, hal yang pertama akan kalian lihat adalah menu yang terpampang di layar mesin Check In mandiri.
  • Setelah itu, kalian pilih maskapai sesuai dengan pemesanan tiket kalian di menu.
  • Lalu muncul menu bahasa, pilih Bahasa Indonesia.
  • Setelahnya akan muncul pertanyaan akan melakukan check in atau cetak ulang boarding pass. Bila kalian sudah melakukan check in online kalian bisa pilih tombol cetak boarding pass. Bila kalian belum melakukan check in online kalian bisa pilih tombol Check In.
  • Nanti akan muncul kolom untuk mengisi nama kalian. Isi kolom tersebut dengan nama depan dan belakang kalian sesuai dengan identitas yang kalian gunakan untuk memesan tiket  pesawat.
  • Setelahnya masukkan kode booking tiket kalian. Tunggu sampai semua data tiket kalian muncul pada layar mesin check in mandiri.
  • Dan terakhir sentuh tombol print pada layar untuk mencetak boarding pass. Setelahnya ambil boarding pass kalian dan kalian bisa langsung berjalan menuju ruang tunggu tanpa harus antri cetak boarding pass di konter check in.

Mudah banget kan! Dengan melakukan check in mandiri di bandara, kalian bisa punya lebih banyak waktu untuk beristirahat di ruang tunggu. Sambil baca-baca blog punya kita soal traveling dan kuliner tentunya, yuk!

Main kemana lagi nih kita?

 

 

 

 

No comments

Post a Comment