5 Museum di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi di Jogja. Kota dengan budaya Jawa yang kental ini pun menyajikan berbagai macam destinasi wisata budaya. Nah, buat kalian yang ingin mengenal lebih dekat budaya Jawa wajib banget nih menjelajahi museum di Jogja. Ini rekomendasi 5 museum di Jogja yang wajib dikunjungi.

1. Museum Sandi

museum sandi
Source : raskita.com
Taukah kalian Jogja memiliki museum kriptologi satu-satunya di Indonesia lho, yaitu Museum Sandi. Museum yang berdiri pada tanggal 29 Juli 2008 ini berada di Jalan Faridan M Noto No 21, Kotabaru. Lokasinya masih dekat dengan daerah Malioboro, sekitar 3 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Di Museum ini kalian dapat mempelajari alat-alat yang digunakan untuk mengirim pesan pada zaman perang dunia II. Dan setiap pengunjung Museum Sandi akan mendapatkan sebuah souvenir berupa alat untuk membuat sandi yang nanti akan diajari cara memakainya oleh pemandu.

Untuk masuk ke museum ini, kalian tidak akan ditarik biaya alias gratis. Dan juga pihak museum menyediakan pemandu untuk menemani kalian berkeliling museum, menyenangkan sekali kan!

2. Museum Sonobudoyo

museum sonobudoyo
Source : travelingyuk.com

Museum yang berada di area alun-alun utara Jogja ini menyimpan banyak sekali barang-barang penginggalan budaya dan sejarah Jawa. Nuansa Jawa sangat terasa di sini. Pertama kali masuk, kalian akan disambut dengan denting-denting suara dari penabuh gamelan.

Museum Sonobudoyo ini menyimpan kurang lebih 43.000 koleksi mengenai budaya dan sejarah Jawa dan bertambah setiap tahunnya. Museum ini merupakan museum paling lengkap setelah Museum Nasional di Jakarta.

Ingin mengenal lebih dalam tentang adat dan budaya Jawa? Kalian wajib banget mendatangi museum ini saat ke Jogja.

3. Museum Benteng Vredeburg

museum benteng vredeburg
Source : gotripina.com

Museum Benteng Vredeburg dulunya merupakan sebuah benteng peninggalan Belanda. Jika kita lihat, benteng ini berada sangat dekat dengan Keraton Jogja. Ternyata bukan tanpa sebab benteng besar ini dibangun di depan Keraton Jogja.

Pihak Belanda membangun benteng ini dengan maksud untuk bisa melihat perkembangan yang terjadi di dalam Keraton. Benteng ini dimanfaatkan untuk berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu Sultan melakukan pemberontakkan kepada Belanda, mereka bisa langsung membumihanguskan Keraton.

Bentuk bangunan peninggalan Belanda masih sama seperti pertama kali dibangun. Tempatnya juga sangat luas dengan banyak taman di dalamnya. Di sini terdapat empat diorama yang bisa kalian kunjungi. Tiap diorama menyajikan cerita perjuangan para pahlawan untuk memperoleh kemerdekaan.

Dengan berkunjung ke sini, dapat dipastikan kalian akan banyak mendapat cerita tentang bagaimana negara ini merdeka.

4. Museum Keraton Jogja

keraton Jogja
Source : id.wikipedia.org

Yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Jogja adalah Museum Keraton Jogja. Jogja disebut daerah istimewa karena hanya di Jogja yang pemerintahannya masih kerajaan. Jadi rasanya kurang afdol bila ke Jogja tanpa mengunjungi istananya yaitu Keraton Jogja.

Lokasinya yang tak jauh dari Malioboro membuat Keraton Jogja mudah sekali untuk dijangkau. Di sini kalian akan melihat isi dari istana kerajaan Yogyakarta. Dan diwaktu-waktu tertentu di sana juga diadakan pegelaran seni.

Dari sana kalian akan mengetahui bagaimana kehidupan di dalam istana dan adat istiadatnya.

5. Museum Batik Yogyakarta

museum batik
Source : kartanesia.com

Batik dan Jogja agaknya merupakan suatu kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Di Museum Batik ini kalian akan menjumpai 1.200 koleksi perbatikkan yang terdiri dari 500 lembar kain batik tulis, 560 lembar kain batik cap, 124 canting (alat untuk membatik), dan 35 wajan serta bahan pewarna termasuk malam.Museum ini menyimpan koleksi batik gaya Yogyakarta, Solo, Pekalongan, dan gaya tradisional lainnya.

Tak hanya bisa melihat koleksi kain batik, di sini kalian juga bisa mencoba membatik lho! buat kalian yang ingin mencoba untuk melukis batik sediri, kalian bisa mengikuti workshop membatik dengan biaya Rp. 40.000 perorang.

Dengan mengunjungi museum di atas kalian bisa liburan dan mengetahui sejarah dan budaya Jawa. Dari rekomendari 5 museum yang wajib dikunjungi di atas, kalian paling suka yang mana nih?

No comments

Post a Comment