4 Makanan Khas Lombok yang Bikin Ngiler

Liburan ke Lombok kurang lengkap rasanya bila tak mencicipi makanan khas Lombok. Pulau kecil yang tereletak di sebelah Pulau Dewata ini memiliki makanan khas yang mengandung banyak cabai. Rasa pedas yang menggugah selera selalu ada di tiap-tiap masakannya.

Makanan khas Lombok mudah sekali ditemui, beberapa bisa dibeli di warung-warung yang terletak di pinggir jalan. Selain rasa masakannya yang menggiyurkan lidah, makanan khas Lombok semuanya halal. Hal ini dikarenakan sebagian besar penduduk Lombok adalah muslim.

Apa saja sih makanan khas Lombok yang bikin ngiler ini.

1. Plecing Kangkung

plecing kangkung
Source : travel.kompas.com

Plecing kangkung merupakan makanan yang sangat popular di Lombok. Kalian bisa menemukannya di setiap sudut kota di Lombok. Belum ke Lombok rasanya bila belum mencoba plecing kangkungnya.

Plecing kangkung ini terbuat dari sayur kangkung yang direbus dan disajikan dingin dan segar dengan sambal ulek pedas yang terbuat dari cabai, tomat, terasi dan garam di atasnya. selain kangkung biasanya juga ditambahin  toge, kacang dan taburan kelapa parut berbumbu pedas di atasnya.

Yang membuat plecing kangkung di Lombok berbeda dari makanan lainnya adalah karena jenis kangkung yang digunakan sebagai bahan dasar. Kangkung Lombok berbeda dari kangkung daerah lain. Kangkung di Lombok berdaun lebar dan berbatang gemuk hijau. Panjang batangnya bisa mencapai 30cm hingga 40 cm.

Selain bentuk fisiknya yang berbeda, kangkung Lombok juga memiliki rasa yang gurih dan renyah. Penasaran kan gimana rasanya kangkung Lombok. Kalian bisa cobain makanan ini saat liburan ke Lombok.

2. Sate Bulayak

sate bulayak
Source : merahputih.com

Sate bulayak merupakan sate khas Lombok terbuat dari daging sapi atau ayam dengan bumbu kacang khas Lombok. Dinamakan sate bulayak karena satenya dimakan dengan bulayak, lontong khas Lombok yang dibuat dari beras ketan.

Selain berbahan dasar berbeda dari lontong pada umumnya, bulayak juga memiliki tampilan yang berbeda. Jika lontong dibungkus dengan daun pisang, bulayak dililit dengan janur. Bentuk bulayak juga lebih kecil ketimbang lontong pada umumnya.

Cara memakan bulayak yaitu dengan menekan ujung kulit lalu diputar dan digigit sedikit demi sedikit. Selain rasanya yang enak, baunya pun harum bikin pingin nambah lagi, lagi dan lagi.

3. Nasi Puyung

nasi puyung
Source : dapursasak.com

Satu lagi makanan khas Lombok yang pedesnya bikin nagih yaitu nasi puyung. Puyung merupakan kosa kata Suku Sasak yang berarti ayam. Nasi puyung sendiri merupakan nasi dengan lauk ayam suwir yang berbumbu pedas.

Selain berisi ayam suwir berbumbu pedas, nasi puyung juga dilengkapi sambal goreng kacang, oseng buncis atau oseng kacang panjang dan sambal. Nasi puyung ini paling enak dimakan dengan nasi yang masih panas. Sekali mencoba dijamin bakal nggak mau berenti makan deh.

4. Sayur Ares

sayur ares
Source : merahputih.com

Masakan khas Lombok yang satu ini sedikit nyeleneh dan mungkin bagi sebagian orang terasa aneh. Makanan ini terbuat dari batang pisang atau gedebog pisang muda yang disebut ares oleh orang Lombok. Ares dimasak dengan bumbu rempah dan berkuah santan.

Batang pisang yang dipakai pun tak sembarang pisang, batang pisang yang dimasak merupakan batang pisang kepok. Karena jika menggunakan pisang jenis lain rasanya akan pahit. Dan batang pisang yang masak merupakan bagian paling dalam.

Proses memasaknya pun sedikit rumit. Batang pisang yang digunakan tadi diiris tipis-tipis, lalu dicampur dengan garam dan air untuk menghilangkan getahnya. Setelah itu diremas-remas hingga menjadi bagian yang lebih kecil lagi. kemudian dimasukkan ke dalam air yang sebelumnya sudah dipanaskan hingga mendidih. Dan terakhir tinggal menambahkan bumbu dan santan.

Tidak begitu banyak warung atau rumah makan yang menjual makanan khas Lombok ini. Namun bila kalian berkesempatan hadir dalam hajatan masyarakat Lombok kalian akan menemukan sayur ares ini. Hal ini dikarenakan sayur ares merupakan makanan wajib saat hajatan.

Sayur ini paling enak dimakan bersama nasi panas. Rasanyapun gurih dan sedap bikin kangen pingin nyobain lagi

Itu tadi 4 makanan khas Lombok yang bisa kalian cobain saat berlibur ke Pulau Lombok.

No comments

Post a Comment