4 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Kota Tua Jakarta

 

kota tua
Source : hipwee.com

Ingin merasakan suasana heritage di Ibukota, Kota tua Jakarta bisa menjadi salah satu destinasi wisata pilihan kalian. Hampir semua bangunan di kawasan wisata cagar budaya yang berada di Jakarta Barat ini merupakan bangunan lawas yang masih dijaga keasliannya. Hanya fungsi bangunan saja yang dirubah, beberapa digunakan sebagai museum, beberapa lainnya digunakan sebagai toko atau rumah makan.

Sangat mudah untuk bisa sampai ke sana, karena banyak transportasi umum yang menuju kesana. Kalian bisa menggunakan KRL dan turun di stasiun Kota Tua, stasiun ini merupakan pemberhentian terakhir jadi kalian nggak perlu takut kelewatan. Bila menggunakan bus, kalian bisa menggunakna bus transjakarta jurusan Kota Tua. Terminal bus transjakarta ini juga merupakan pemberhentian terakhir. Keluar dari Stasiun Kota tua dan Halte bus Kota Tua, kalian sudah memasuki kawasan Kota Tua Jakarta.

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa kalian lakukan di Kota Tua Jakarta.Kali ini aku akan membahas kegiatan seru yang bisa kalian lakukan saat jalan-jalan ke Kota Tua.

1. Jelajah Museum

Banyak bangunan lawas yang dulunya merupakan perkantoran milik Belanda yang kini disulap menjadi museum yang bisa kalian kunjungi. Keluar dari halte bus kalian bisa langsung menemukan Museum Bank Indonesia. Museum ini menyimpan sejarah terbentuknya Bank Indonesia dan kegiatan perbankan yang biasa dilakukan jaman dulu.

Berjalan sebentar menuju ke tengah area Kota Tua kalian akan menemukan Museum Wayang. Museum wayang berisi tentang perwayangan Indonesia, mulai dari wanga kulit, wayang orang, boneka dan lain-lain.

museum fatahillah
 Source :museumnusantara.com

Tepat di tengah area Kota Tua kalian bisa menemukan Museum Fatahillah yang didapuk sebagai museum terbaik di Indonesia. Di sini kalian bisa melihat benda-benda peninggalan jaman dulu berupa perabot rumah tangga. Taman di belakang museum ini sangat aestetic cocok banget buat foto ala ala noni Belanda.

Lalu ada Museum Bank Mandiri, Museum Keramik dan masih banyak lagi museum yang bisa kalian jelajahi di Kota Tua ini.

2. Belanja Pernak Pernik Lucu

Hal yang tak boleh kalian lewatkan saat berada di Kota Tua Jakarta adalah belanja pernak-pernik lucu. Jadi disepanjang jalan di sini banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan barang dagangannya. Berbagai macam souvenir, kaos, dan barang-barang lucu lainnya dijajakan di sini.

Selain benda-benda lucu dan unik, di sepanjang jalan juga banyak penjual jajanan khas betawi, seperti kerak telor. Ada juga yang menggelar arena permainan lawas yang wajib banget kalian coba mainkan.

3. Keliling Menggunakan Sepeda

bersepeda di kota tua
Source :lifepal.co.id

Saat memasuki taman di depan Museum Fatahillah, kalian akan akan melihat banyak sekali sepeda warna-warni yang berjejeran. Sepeda-sepeda ini di sewakan untuk pengunjung. Ingin berkeliling Kota Tua dengan bersepeda, kalian bisa menyewanya. Harga sewanya sekitar Rp 20.000 selama 30 menit.

Selain menyewa sepeda, kalian juga bisa mengikuti tour sepeda yang akan dipandu oleh seorang guide. Ada tiga jenis paket rute keliling Kota Tua yang disediakan. Paket pertama meliputi Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bahari, Menara Syahbandar, Jembatan Kota Intan dan Toko Merah. Untuk paket ini tarif yang dikenakan Rp 75.000 dengan durasi perjalanan 1,5 jam.

Untuk peket kedua meliputi Gedung Chandra Naya, Vihara Dharma Bakti, Gereja The Fatimah, Vihara Tio Sio Gio dan Pasar Tradisional Pecinan. Untuk paket ketiga meliputi Kampung Arab Pekojan, Masjid Langgar Tinggi, Masjid An Nawier, Pasar Pagi dan Lama dan Museum Bank Mandiri. Untuk paket kedua dan ketiga ini tariff yang dikenakan Rp. 100.000 dengan durasi selama 2 jam. Hal ini dikarenakan jarak yang ditempuh agak jauh.

4. Berfoto dengan Manusia Patung

manusia patung
Source : merdeka.com

Di area taman depan Museum Fatahillah, kalian akan menemukan banyak sekali manusia patung yang berdiri di beberapa ruas taman. Bentuknya pun beragam, ada yang serupa patung pejuang dengan helm di kepalanya, ada yang serupa jendral dengan tongkat yang digenggamnya dan masih banyak lagi.

Kalian bisa berfoto bersama mereka, selain itu kalian juga bisa request mau pose model apa saja. Setelah foto kalian bisa memberi uang suka rela kepada mereka di kaleng yang ada di dekat mereka berdiri.

Nah itu tadi kegiatan yang bisa kalian lakukan saat jalan-jalan di Kota Tua Jakarta.

 

 

No comments

Post a Comment