7 Museum Terbaik di Indonesia yang Wajib Kamu Datangi

Ada 7 museum terbaik di Indonesia yang selayaknya kita datangi sebelum napas berakhir, eaa. Lebay ya? Ngga juga sih. Ini juga menjadi salah satu impian saya sebelum menua. Menjelajah museum-museum terbaik di Indonesia. 

Berikut 7 Museum terbaik di Indonesia yang tidak hanya menawarkan wisata sejarah, tetapi juga tempat yang layak untuk didatangi. Catat yuk, ada di mana aja sih museum terbaik itu.

7 Museum Terbaik di Indonesia versi CaravanJingga

Indonesia memiliki banyak sekali museum yang tersebar di seluruh wilayahnya. Totalnya ada 439 museum! Mulai dari Sabang sampai Merauke. Kalau museum yang paling dekat di daerah kamu apa? Nanti bagikan di kolom komentar, ya. Kalau museum di dekat saya adalah museum peninggalan zaman Belanda, namanya Museum Brawijaya yang terkenal dengan gerbong mautnya itu.

Nah, kali ini kita bahas 7 museum terbaik di Indonesia yuk! Berdasarkan tempat dan apa yang diberikan oleh museum tersebut, saya coba rangkum 7 museum terbaik di Indonesia. Penilaian ini berdasarkan beberapa sumber ya.

Berikut datanya :

  1. Museum Nasional Indonesia
  2. Museum Fatahillah
  3. Museum Tsunami
  4. Museum Geologi
  5. Museum Rekor Indonesia
  6. Museum Angkut
  7. Museum Kata

Yuk kita ulas satu per satu, ya.

1. Museum Nasional Indonesia (MNI)

museum terbaik di indonesia

Wajar sekali jika museum ini menempati urutan pertama sebagai museum terbaik di Indonesia. Karena pada kenyataannya museum yang sudah ada sejak 1862 ini merupakan museum terbesar di Asia Tenggara.

Koleksi yang ditampilkan adalah barang-barang bersejarah seperti benda arkeologi, etnografi, atau geografi. Semua benda bersejarah yang berasal dari Sabang sampai Meuraoke, bisa kamu lihat hanya di Museum Nasional Indonesia.

2. Museum Fatahillah

museum terbaik di indonesia
Source : museum nusantara

Museum Fatahilah juga merupakan museum terbaik di Indonesia yang terletak di jantung Ibu Kota, Jakarta. Di tempat tersebut, kita bisa menemukan lebih dari 23ribu benda peninggalan zaman dahulu yang berhubungan dengan sejarah Indonesia. khususnya di Jakarta.

Berada di kawasan Kota Tua, Jakarta. Museum Fatahilah selain menjadi situs sejarah, tetapi juga bisa menjadi tempat nongkrong yang sangat menarik. Kita seperti berada di Jakarta versi tempo dulu.

3. Museum Tsunami

museum terbaik di indonesia
source : usgboral

Keberadaan museum terbaik di Indonesia yang satu ini ada karena satu bencana besar yang pernah melanda Indonesia 2004 silam. Ratusan nyawa melayang, masih banyak jasad yang hilang sampai saat ini.

Selain karena mengingatkan kita akan peristiwa dahsyat waktu itu, museum Tsunami ini dibangun dengan rancangan keren. Kamu bisa menggunakannya untuk melindungi diri jika nanti Tsunami datang lagi.

Pada museum tersebut juga tersedia layanan pembelajaran untuk menghindar dari bencana. Kerennya beneran! Salut sama Ridwan Kamil selaku arsitekturnya.

4. Museum Geologi

museum terbaik di indonesia
Source : idntimes

Museum terbaik di Indonesia yang satu ini letaknya berada di Bandung. Menawarkan beragam situs Geologi untuk keperluan pembelajaran. Koleksinya ada banyak sekali.

Kamu bisa melihat wujud manusia purba seperti Megantropus Palalea Javanicus, fosil Dinosaurus, atau makhluk di zaman purba dan situs geologi lainnya.

5. Museum Rekor Indonesia

museum terbaik di indonesia
source : traverse.id

Berbeda dari museum-museum selanjutnya yang lebih menawarkan benda-benda bersejarah. Asalnya bisa dari jutaan bahkan jutaan tahun lalu. Museum rekor Indonesia justru menawarkan koleksi berupa rekor apa saja yang pernah orang Indonesia catat baik secara nasional, maupun internasional.

Nama kamu juga bisa tercatat di sana loh, caranya juga gampang. Kamu hanya perlu membuat atau mengalahkan rekor yang ada sebelumnya. Kalau mau bikin rekor jomlo terlama, bisa hubungi mimin ya. Hihihi

6. Museum Angkut

museum angkut
source : tiketpromo

Museum Terbaik Indonesia yang lokasinya berada di Kota Batu, Jawa Timur. Di tempat ini, kita bisa menyaksikan beragam jenis angkutan umum yang ada di seluruh dunia. Datang dari rentang waktu yang berbeda, ada yang berasal dari zaman klasik, ada juga yang berasal dari zaman modern.

Secara keseluruhan, tempat yang ditawarkan museum juga sangat cocok untuk dijadikan foto instagramable. Tidak heran jika museum ini pernah viral dan langsung diserbu pengunjung.

7. Museum Kata

museum kata
source : indonesiakaya

Kalau museum terbaik satu ini adalah museum terbaik versi saya, hehehe.. 

Salah satu impian saya untuk bisa kesana dan insyaAllah dalam waktu dekat kita kesana ya. Sudah tahu kan siapa itu Andrea Hirata? Novelis terkenal yang melahirkan banyak karya untuk literasi Indonesia. 

Museum Kata Andrea Hirata terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur. Suasana yang disajikan novel Laskar Pelangi langsung terasa ketika menginjakkan kaki di halaman depan museum. Foto-foto yang dipasang di halaman museum seperti bercerita mengenai perjalanan Laskar Pelangi dan banyak karya sastra di Indonesia.

Tentu saja museum ini menjadi tempat kebanggaan masyarakat Belitung. Ada yang mau jalan-jalan ke Belitung? Pencinta sastra wajib kesini nih!

Nah, itulah 7 museum terbaik di Indonesia yang menjadi rekomendasi untuk segera dikunjungi. Semoga bermanfaat ya :) Ikuti terus jalan-jalan kami dan dapatkan info menarik lainnya.


No comments

Post a Comment