7 Fakta Menarik Bali. Udah Pada Tahu Belum?

Banyak fakta menarik Bali yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Misalnya saja tentang keberadaan perempuan bertelanjang dada pada jaman dahulu, pasti belum tahu kan?

Ternyata selain memiliki panorama alam yang indah, tempat berkumpulnya banyak bule dari seluruh negeri, Bali juga punya banyak hal yang sangat menarik untuk kita ketahui. Tetap pantau artikel ini untuk mendapatkan fakta yang lengkap ya!

fakta menarik Bali

7 Fakta Menarik Bali

Dari sekian banyak fakta yang ada, kiranya saya akan bagikan 7 yang menurut saya paling menarik. Saya aja kaget ketika mengetahuinya, kamu juga pasti kaget sih. Nih ya,

1. Perempuan Bali jaman dulu itu…

Jauh sebelum Covid-19 menyerang, perempuan Bali baik yang sudah menikah ataupun yang belum, memiliki satu tradisi yang terbilang unik lho. Pasalnya waktu itu banyak perempuan Bali yang memilih untuk tidak mengenakan penutup dada ketika melakukan interaksi dengan orang lain.

Hust, jangan salah paham dulu. Bali zaman dulu nggak kayak sekarang. Dulu tidak terlalu banyak kejahatan. Setelah banyak pendatang, eh tingkat kejahatan jadi meningkat. Akibatnya, tradisi seperti ini jadi hilang. 

Oh ya, maksud dari tradisi tersebut adalah untuk menunjukkan kesucian. Bukan malah sebaliknya.

2. Poligami dan Perceraian Angkanya Masih Rendah

Masyarakat Bali ini sangat menjunjung tinggi nilai pernikahan. Terbukti dengan sedikitnya kasus perceraian atau kasus poligami sekalipun. Rata-rata setiap orang di Bali hanya melangsungkan pernikahan sekali saja.

Jadi nggak ada tuh ceritanya pelakor atau pebinor yang berkembang biak di Bali.

3. Orang Bali itu Ramah, yang Jahat itu Pendatang

Menariknya adalah meski selalu ada tindak kejahatan, tetapi mayoritas pelakunya adalah pendatang. Bukan masyarakat asli Bali. Mereka sangat menghargai nilai kebenaran dan ketertiban.

Ini mungkin yang menjadi alasan banyak orang luar datang, karena keramahan penduduk asli Bali yang bisa menerima pendatang dengan baik. Tapi sayang juga sih, pendatangnya malah berbuat onar.

4. Sabung Ayam

Meski terbilang aman dari kejahatan. Tetapi untuk kasus yang satu ini, mungkin menjadi pengecualian. Ya, sabung ayam di Bali ini masih marak dilakukan. Apalagi mereka yang tinggal di Denpasar. Kita bisa menemukannya dengan mudah.

Singkatnya sih mungkin mereka belum move on dari budaya masa lalu.

5. Kesetiaan Wanita Bali

Berita bagus untuk kaum laki-laki yang masih jomlo. Khususnya yang ingin mencari pendamping yang setia dikala susah maupun susah banget. Hehe..

Fakta membuktikan bahwa selain angka perceraian yang relatif kecil. Perempuan Bali ternyata  memiliki tingkat kesetiaan terbaik di antara perempuan lain secara statistik.

6. Banyak Liburnya

Fakta menarik Bali yang satu ini kalau diterapkan di Jakarta, Malang, Surabaya atau kota-kota sibuk lainnya di Indonesia sepertinya bakalan menyenangkan. Kebayang dong ya kalau dalam setahun bisa dapat jatah libur yang banyak.

Ya, bukan tanpa alasan kalau daerah eksotis itu memiliki banyak hari libur, itu karena memang masyarakat sana masih menjunjung tinggi nilai budaya dan Agama. Jadi setiap ada perayaan Agama, atau adat pasti diliburkan. Dan menariknya setiap tahun di Bali pasti banyak upacara keagamaan yang dilakukan.

7. Kasta di Bali

Bali adalah daerah yang memiliki penduduk mayoritas beragama Hindu. Dalam keyakinannya, seseorang dikelompokkan menjadi beberapa bagian—disebut dengan kasta— yang sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Dari yang bertugas sebagai pemimpin Negeri, pembangkit ekonomi sampai dengan pengabdi.

Nah, bagaimana? Fakta yang menarik bukan? Kasta di Bali menutup 7 fakta menarik Bali pada artikel traveling kali ini. Buat kamu yang berencana ke sana dalam waktu dekat, mudah-mudahan tulisan ini bisa menambah semangat kamu berkunjung ke sana ya.

Jangan lupa bagikan pengalamanmu di Bali dan bagaimana perkembangan adat di sana melalui kolom komentar dalam artikel ini. Semoga bermanfaat :)

No comments

Post a Comment