4 Fakta Menarik Raja Ampat, Berasal darimana Namanya?

Siapa sih yang nggak kenal sama Raja Ampat? Tapi, tunggu dulu, kenal juga nggak kenapa sampai diberi nama begitu?

Hiks, temukan jawabannya di artikel 5 fakta unik raja ampat ini yuk!

fakta menarik raja ampat

4 Fakta Menarik Raja Ampat

Nama Raja Ampat pastinya udah nggak asing lagi dong ya. Sering muncul di iklan di banyak media. Satu daerah di Papua yang memiliki banyak destinasi wisata eksotis dan membuat kita seolah harus mengunjunginya. suatu saat nanti pengen banget bisa ke sana, bareng kamu. Iya kamu.

Ternyata nih ya, tempat eksotis itu punya beberapa fakta menarik yang tidak diketahui banyak orang. Kamu beruntung membaca artikel ini, karena menjadi salah satu orang yang akan mengetahui fakta menarik Raja Ampat. 

Sementara banyak yang tidak mengetahuinya. Fakta-faktanya antara lain : 

1. Ada Hutan Amazon di bawah laut Raja Ampat

Teman dolan nggak salah baca kok, iya hutan Amazon yang ada di Brazil itu. Ternyata Indonesia juga memilikinya, tetapi dalam bentuk “hutan” di bawah laut. Jadi begini, bawah laut Raja Ampat itu ternyata dihuni oleh banyak spesies. Jumlahnya yang banyak itulah yang membuat Raja Ampat dijuluki sebagai empunya Amazon di bawah laut.

Ada 75% dari semua jenis karang keras dunia, ada di Raja Ampat. Ada juga lebih dari 1.400 spesies ikan hidup di sana. 700 lebih hewan lunak dan banyak lagi spesies yang menjadikan bawah laut Raja Ampat sebagai rumah mereka.

Data tersebut diambil dari sebuah penelitian yang dilakukan selama kurun waktu 2001 sampai dengan 2002. Ada ikan yang paling kecil, sampai ukurannya bisa lebih dari 5 meter. Ada juga jenis yang menjadi khasnya Papua. Pokoknya banyak banget deh. Kayak di hutan Amazon aja.

2. Cerita di balik Nama Raja Ampat

Siapa yang baru tahu kalau nama Raja Ampat ternyata berasal dari empat kerajaan yang ada di sana. Terbagi menjadi empat pulau utama yang masing-masing memiliki kerajaan sendiri. Pulau-pulau tersebut bernama Waigeo, Salawati, Lilinta dan Waiga.

Yang menarik adalah ternyata dulu sekali, masing-masing raja ini berasal dari satu turunan yang sama. Kemudian oleh orang tua mereka dibagikanlah masing-masing daerah untuk mereka pimpin. Terus jadi deh empat kerajaan dan namanya jadi Raja Ampat.

3. Gara-gara Kapal Karam

Ternyata Raja Ampat viral sampai ke banyak media, domestik maupun asing awalnya tidak sengaja ditemukan pas lagi nyari kapal karam. Loh kok bisa?

Ceritanya ada seorang penyelam berkebangsaan Belanda yang sedang mencari bangkai kapal karam peninggalan perang dunia ke-2. Ya kita tahulah ya kalau Papua termasuk daerah yang menjadi medan perang Belanda-Indonesia-Jepang kala itu.

Ternyata memang yang dicari dan banyak juga kapal perang lainnya hasil dari peperangan sengit waktu itu terdampar di dasar laut Raja Ampat. Melihat keindahan bawah lautnya, membuat penyelam jadi semakin penasaran. Lalu 1998 diajaklah seorang teman berkebangsaan Australia—yang merupakan ahli ikan— untuk meneliti tempat itu.


Eh jadi viral kan sampai sekarang. Selain banyak peneliti yang berdatangan, otomatis destinasi wisatanya juga jadi terangkat.

4. Termasuk 10 Tempat Penyelaman Populer Dunia.

Siapa pun yang pernah melihat keindahan alam di bawah laut Raja Ampat, pasti sepakat kalau tempat itu memiliki pesona yang tidak biasa. Buktinya sampai dinobatkan sebagai salah satu dari 10 tempat penyelaman paling populer di dunia.

Itulah keempat fakta menarik Raja Ampat yang belum banyak diketahui orang. Emang keren sih Raja Ampat ini. Tugas kita adalah untuk merawat dan menjaganya supaya tetap bisa dinikmati oleh turunan kita nantinya.

Yuk ikuti tips jalan-jalan juga ke Bangka Belitung dengan pengalaman sewa mobil Belitung di sini.

Boleh juga intipin blog kece di sini yaa.

No comments

Post a Comment