Ini yang Harus Diperhatikan oleh Pariwisata di Indonesia

Satu hal yang harus diperhatikan oleh pariwisata di Indonesia namun masih banyak yang luput darinya. Yakni persoalan lingkungan.

Pada dasarnya, aktivitas pembangunan yang bergerak dalam berbagai bidang usaha ataupun kegiatan, akan membawa dampak bagi lingkungan. Tak terkecuali industri pariwisata di dalamnya. Oleh karena itu, adalah hal penting bagi para pelaku usaha untuk memperhatikan aspek analisis dampak lingkungan sejak awal perencanaan suatu proyek ataupun usaha yang dijalankan agar langkah pengendalian dampak negatif dapat disiapkan sedini mungkin.

yang harus diperhatikan oleh pengelola pariwisata di Indonesia

Analisis Dampak Lingkungan Untuk Pariwisata di Indonesia

Adapun perangkat atau dokumen yang dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut adalah Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Upaya Pengelolaan Lingkuhan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL), yang juga berperan sebagai salah satu syarat bagi sebuah perusahaan (sesbagai pelaku usaha) untuk mendapatkan izin lingkungan.

Untuk mendapatkan izin AMDAL, terdapat tahapan serta beberapa hal penting, antara lain: penyusunan dokumen AMDAL, kemudian memberikan penilaian atau pemeriksaan UKL-UPL, lalu permohonan dan penerbitan izin lingkungan.

Agar proses perizinan bisa berjalan lancar dan cepat, maka pihak perusahaan perlu memiki kualitas dokumen yang baik serta lolos revisi. Nah, untuk mendapatkan kualitas dokumen yang diharapkan tersebut, kebutuhan akan konsultan lingkungan tidak terelakkan lagi.

Untuk saat ini, mencari jasa konsultan lingkungan bukanlah hal yang sulit. Meski demikian, pihak konsultan yang akan digunakan jasanya pun tidak bisa sembarangan. Ia harus terdaftar dalam Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain itu, Lembaga Penyedia Jasa Penyusunan (LPJP) dokumen AMDAL dengan tenaga ahli pun harus yang sudah berstatus terdaftar.

Selain terdaftarnya lembaga, cara lain untuk melihat apakah lembaga konsultan tersebut telah ahli dalam bidangnya adalah dengan adanya bukti sistem manajemen teruji yang secara standar internasional sendiri dikenal dengan ISO 9001 oleh lembaga bergengsi.

Adapun manfaat dari menggunakan jasa konsultan lingkungan adalah:

1. Membantu Penyusunan Dokumen

Jasa konsultan lingkungan berkenaan dengan penyusunan dokumen seperti AMDAL, UKK-UPL, dan lain-lain. Nantinya, konsultan juga lah yang akan membantu dalam menulis hasil pengamatan maupun analisis berdasar kompetensi dalam lingkungan hidup.

2. Analisis dan Perhitungan Tepat

Menggunakan jasa konsultan lingkungan, perusahaan akan mendapatkan analisis maupun hasil perhitungan yang tepat sehingga ketika pihak-pihak terkait melakukan verifikasi akan sesuai dan akan lebih mudah mendapatkan izin lingkungan.

3. Konsultasi Lingkungan Hidup Kapan Saja

Perusahaan akan bebas melakukan konsultasi kapan saja ketika butuh masukan. Berbagai macam masalah yang berkenaan dengan alam hidup sekitar wilayah aktivitas proyek bisa terbantu dengan memanfaatkan jasa konsultan lingkungan.

4. Dapat Melakukan Kegiatan Usaha Seperti Biasa

Dengan mengandalkan jasa konsultan lingkungan, maka pihak perusahaan tidak perlu lagi turun tangan untuk melakukan analisis maupun perhitungan tentang kondisi alam hidup dan sekitarnya. Pihak perusahaan (termasuk di daamnya para karyawan) bisa melakukan aktivitas proyek/kegiatan usaha seperti biasa tanpa mengganggu proses penyusunan.

5. Perusahaan Dapat Menjaga Lingkungan

Menjaga kelestarian alam hidup di sekitar proyek sudah menjadi kewajiban pihak perusahaan. Oleh karena itu, dengan menggunakan layanan jasa konsultan lingkungan akan membantu dalam memahami hal tersebut agar tidak diabaikan. Selain demi kelestarian lingkungan itu sendiri, hal tersebut juga penting sehubungan dengan izin usaha.

Nah, di Indonesia sendiri, salah satu penyedia jasa konsultan lingkungan adalah izinlingkungan.com yang merupakan perusahaan konsultan lingkungan dan perizinan yang tergabung dalam grup konsultanku.com dengan layanan di bidang pengurusan izin lingkungan yang didukung oleh SDM profesional, berpengalaman, dan tersertifikasi.

Izinlingkungan.com juga telah terpercaya sebagai perusahaan konsultan izin lingkungan berlegalitas yang akan selalu menjaga kepercayaan para client. Tepat waktu karena didukung dengan team yang solid, serta memberikan pelayanan terbaik dengan komitmen memprioritaskan kepuasan client.

Dengan memanfaatkan jasa pelayanan konsultan lingkungan, kelancaran proyek maupun usaha dapat terlaksana tanpa mengabaikan faktor kelestarian lingkungan di sekitar proyek maupun usaha yang sedang dijalankan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

No comments

Post a Comment