5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Toraja

Adakah di antara kalian yang jadi followersnya Mbak Nana alias Najwa Shihab di Instagram? Kalau ada (dan saya yakin pasti ada), kalian pasti tahu bahwa baru-baru ini Mbak Nana mengisi waktu liburannya dengan berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Berdasarkan hasil pantauan pribadi, Mbak Nana terlihat mengunjungi Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Toraja (baik itu Tana Toraja maupun Toraja Utara). Nah, ngomong-ngomong tentang Toraja, melalui tulisan ini, saya akan memperkenalkan beberapa destinasi wisata yang layak banget untuk kamu kunjungi saat berlibur di Toraja.

Akan tetapi, sebelum itu, penting untuk saya sampaikan bahwa Toraja (sebagai suku dan daerah di Sulawesi Selatan) terdiri dari dua kabupaten yaitu Tana Toraja dengan ibu kota Makale dan Toraja Utara dengan ibu kota Rantepao. Adapun destinasi wisata yang akan saya tuliskan di bawah ini adalah destinasi yang ada di Tana Toraja dan Toraja Utara. So, silakan disimak, ya!

Rekomendasi Destinasi Wisata di Toraja

#1 Kolam Makale

destinasi wisata di toraja
source : detikmanado

Ini merupakan destinasi wisata pertama yang oke banget untuk dikunjungi. Letaknya pun di tengah-tengah kota. Akses jalannya juga sangat mulus. Di sini kalian akan melihat patung Lakipadada―tokoh bangsawan Toraja―yang berada di tengah-tengah kolam.

Di sekitar kolam, kalian akan melihat beberapa bangunan besar. Yang paling menarik adalah adanya masjid (Masjid Raya Makale) dan gereja (Gereje Bukit Sion) yang jaraknya berdekatan. Hal ini jadi salah satu bukti bahwa toleransi di Toraja tidak perlu diragukan lagi.

#2 Patung Yesus-Buntu Burake

patung yesus buntu burake toraja
source : infotoraja

Berkunjung ke Toraja, Mbak Nana juga sempat menginjakkan kaki di Patung Yesus Memberkati di Buntu Burake, Tana Toraja. Untuk sampai ke sana, aksesnya juga tidak terlalu sulit. Kalau tidak punya kendaraan pribadi, kalian bisa menyewa jasa tukang ojek. Tarifnya macam-macam, tergantung jarak dan kesepakatan.

Saat sudah tiba di lokasi, kalian akan disuguhkan pemandangan berupa Patung Yesus Memberkati yang katanya adalah patung Yesus tertinggi di dunia. Di sekitarnya, kalian akan bisa melihat pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Jika beruntung, kalian bahkan bisa menyaksikan hamparan awan yang memberikan sensasi seperti berada di atas awan, salah satu fenomena yang belakangan memang laku keras di Toraja.

#3 Museum Ne’ Gandeng

destinasi wisata di toraja
source : celebes.id

Awalnya, museum ini dibuat sebagai bentuk penghormatan terhadap Ne’ Gandeng, salah satu tokoh masyarakat Toraja yang terkenal bijaksana, pekerja keras, dan gigih dalam melestarikan adat dan budaya Toraja. Namun, seiring berjalannya waktu, museum ini kemudian berubah fungsi. Bukan hanya sebagai bentuk penghormatan, melainkan juga dijadikan sebagai destinasi wisata.

Di dalam museum ini, kalian bisa melihat beberapa bangunan dengan gaya arsitektur Tongkonan (rumah adat Toraja), batu menhir dengan berbagai ukuran, dan koleksi benda-benda bersejarah.

Adapun letak museum ini adalah di Desa Palangi, Kecamatan Sa’dan Balusu, Kabupaten Toraja Utara.

#4 Ke’te Kesu

ke'te kesu toraja
source : National Geographic Indonesia

Bagi kalian yang pernah membaca buku Ayah Anak Beda Warna-Anak Toraja Kota Menggugat karya Tino Saroengallo, pasti sudah tidak asing dengan Ke’te Kesu. Pasalnya, dalam buku yang memberikan gambaran perihal upacara adat rambu solo’ di Toraja, salah satu latarnya adalah di Ke’te Kesu, tempat bersejarah yang juga menjadi destinasi andalan Toraja.

Di Kete Kesu, kalian akan melihat beberapa tongkonan yang usianya sudah mencapai ratusan tahun dan di bagian belakang ada pekuburan khas suku Toraja serta patung jenazah (tau-tau).

#5  To’Tombi Negeri di Atas Awan

Seperti yang sedikit saya singgung di atas, belakangan Toraja memang sedang hits dengan fenomena negeri di atas awan. Tercatat ada beberapa tempat yang menawarkan pemandangan serupa hamparan awan dan memberikan sensasi seperti sedang berada di atas awan. Salah satunya adalah To’Tombi di Toraja Utara.

negeri di atas awan di toraja
source : CNN Indonesia

Selain hamparan awan, di sana juga terdapat pemandangan alam yang sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Jika ingin menginap, tersedia penginapan dan tenda yang bisa kalian sewa. Untuk akses jalan, meskipun berliku dan melalui tanjakan, tetapi jalannya terbilang mulus.

Nah, itulah lima destinasi wisata di Toraja yang layak banget untuk kamu kunjungi. Sebenarnya masih banyak, sih, tetapi saat ini cukup itu saja dulu.

Jika memungkinkan untuk berlibur, jangan ragu ke Toraja. Untuk yang beragama islam, jangan khawatir perihal makanan dan sarana ibadah karena di Toraja sudah tersedia masjid di beberapa titik dan rumah makan maupun warung makan non-babi (halal) yang bisa jadi pilihan kamu untuk mengisi perut. Untuk yang pengen nongki-nongki, di Toraja juga sudah ada kafe, lho.

Jadi, jangan ragu ke Toraja, ya!



Author :

Seorang ibu yang suka membaca dan sedang belajar menulis. Blasteran Jawa-Toraja, yang bisa disapa lewat IG dan Twitter @utamyyningsih

No comments

Post a Comment