Resep Ayam Kecap Pakai Omela, Lezatnya Sampai ke Tulang!

Ayam kecap adalah salah satu makanan favorit saya, Caca, dan suami. Bisa dibilang cukup sering saya memasaknya untuk keluarga. Oleh karena itu ketika tahu ada krimer kental manis Omela, saya jadi penasaran, segimana enaknya nanti rasanya? Yuk simak!

Resep Ayam Kecap ala Jingga

resep ayam kecap

Sama seperti new mom pada umumnya, fase memasuki kehidupan sebagai seorang ibu membuat saya belajar dan beradaptasi dengan banyak hal. Jadi, kalau ada yang bilang bersama dengan lahirnya seorang anak, lahir pula figur baru (orang tua), saya setuju banget dengan pendapat tersebut.

Bahkan, dalam menjalani peran sebagai orang tua, saya—dan mungkin para ibu lainnya juga—merasa bahwa menjadi orang tua (khususnya ibu), bukan cuma saya yang mengajarkan banyak hal kepada anak, tetapi saya juga ikut belajar lebih banyak hal lagi.

Salah satu contohnya, kebiasaan memasak. Bagi saya pribadi, memasak adalah salah satu life skill yang harus dimiliki. Nggak harus jago masak seperti para peserta Master Chef, sih. Paling nggak, bisa masak menu makanan sederhana sehari-hari lah, ya.

Nah, dalam hal memasak, meski saya sudah terbiasa memasak sejak sebelum menikah, tetapi tetap saja setelah punya anak, memasak untuk anak itu punya kesan tersendiri. Apalagi waktu dia belum bisa ngomong, cari menu yang pas di lidahnya, tuh, susah-susah gampang. Kadang sedih juga kalau sudah semangat masak, tetapi pas disuapin ke anak, malah dilepeh.

Kali lain, meskipun yang dimasak adalah menu favorit anak, tetapi kalau anak sedang dalam masa Gerakan Tutup Mulut (GTM), jadinya tetap bikin pusing juga. Bagi ibu-ibu, anak yang lagi melancarkan aksi Gerakan Tutup Mulut (GTM) tuh, memang semembingungkan itu.

Untungnya, seiring berjalannya waktu, anak juga ikut bertumbuh. Dari interaksi sehari-hari dan komunikasi dua arah, orang tua bisa lebih mengenal kepribadian anak. Sudah bisa punya radar, apa saja yang disukai maupun tidak disukai anak, termasuk di dalamnya makanan kesukaan.

Anak saya sendiri suka banget kalau makan terus ditambahin kecap. Salah satu makanan favoritnya ayam kecap. Sejak sebelum menikah, menu ini sebenarnya termasuk menu familiar yang biasa saya masak, tetapi tetap saja, butuh adaptasi lagi biar menu tersebut bisa pas dengan selera anak saya.

Berikut ini adalah resep ayam kecap ala saya, modifikasi resep dari omela.com. Ternyata krimer Omela bisa memberikan rasa gurih dan lezat, dapat digunakan untuk penambah kenikmatan berbagai minuman, penganan dan masakan

Bahan yang Dibutuhkan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 Kg ayam (potong sesuai selera)
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 5 siung bawang putih (cincang)
  • 2 cm jahe (memarkan)
  • 1 buah bawang bombay diiris memanjang
  • 2 sdm kecap manis
  • 4 sdm krimer Omela kental manis
  • Air secukupnya
  • 1 sdm kecap inggris
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
  • Margarin untuk menumis

Catatan: karena anak saya belum terbiasa makan pedas, cabai dan lada saya skip.

resep ayam kecap pakai omela

Cara Memasak Ayam Kecap Pakai Omela Krimer Kental Manis

Cara memasaknya cukup mudah lho sebenarnya, yuk ikuti stepnya :

  • Ayam yang sudah dicuci bersih, dibumbui dengan air perasan jeruk nipis dan 1 sdt garam. Diamkan selama sepuluh menit agar bumbu bisa meresap.
  • Goreng ayam ke dalam minyak panas, kalau saya sih hanya akan menggorengnya setengah matang saja.
  • Siapkan wajan, panaskan, lalu masukkan margarin untuk menumis. Masukkan bawang putih, bawang bombai, dan jahe. Tumis sampai layu dan harum.
  • Setelah bumbu berbau harum, masukkan ayam dan kecap manis.
  • Lalu di wadah berbeda, masukkan kerimer Omela, air, dan kecap inggris. Setelah tercampur rata, masukkan ke ayam yang sudah bercampur dengan bumbu tumis.
  • Aduk rata dan angkat setelah matang dan bumbu meresap sempurna.

Nah, demikian resep ayam kecap yang biasa saya praktikkan. Resep tersebut bisa dikreasikan sesuai selera ya, Gaes. Meski memasak itu melelahkan, tetapi ada kenikmatan tersendiri saat melihat hasil masakan disantap dengan nikmat oleh orang tersayang. Bener, nggak? Hehehe.

Banyak yang bertanya, emangnya cocok yaa ayam kecap disandingkan dengan Omela krimer kental manis? 

Perlu diketahui bahwa Omela adalah Krimer Kental Manis, bukan Susu Kental Manis. Oleh karena itu seharusnya kita tahu ya bahwa dua produk kategori ini berbeda.

Saya tambahkan Omela krimer kental manis ke dalam ayam kecap beberapa waktu lalu ternyata rasa gurih dan lezatnya lebih melekat. Tidak hanya untuk resep masakan asin atau manis, Omela krimer kental manis juga bisa digunakan untuk penambah kenikmatan berbagai minuman dan penganan ya.

Penasaran kan bagaimana rasanya? Yang jelas ngga kalah dong dengan ayam wingstop yang laris itu. Gurihnya pas, manisnya pun dapat. Yuk cobain Omela sekarang, #GantiCaraMasak dengan Omela agar ayam kecapmu ngga begitu-begitu aja, hehe..

Yuk cobain Omela sekarang, #GantiCaraMasak dengan Omela, masakan dan minuman jadi luar biasa, aroma menggugah selera, tekstur menggiurkan mata, dan rasa nikmat istimewa. Ayo coba Omela, dapatkan pujian berlimpah!

Untuk ngintip resep out of the box lainnya yang memanjakan lidah, teman-teman bisa kunjungi website Omela ya. Siapa tahu mau bikin usaha catering masakan khas Nusantara.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

No comments

Post a Comment