Review Ayanaz Gedongsongo : Wisata Outdoor di Dataran Tinggi Semarang

Bandungan, memang jadi salah satu tempat wisata populer di Semarang. Salah satu tempat yang banyak diminati adalah Ayanaz Gedongsongo. Tempat ini berada di wilayah administrasi Kabupaten Semarang, dengan jarak tempuh sekitar 30 km. 

Lumayan jauh, ya? Tapi tenang, begitu sampai sana kita akan merasakan suasana dataran tinggi yang sangat menyejukkan.

Nah, langsung saja kita ulas tempat wisata yang satu ini, ya? Rasanya sayang banget kalau ke Semarang, tapi nggak ke sini juga.

ayanaz gedongsongo

Ayanaz Gedongsongo, Taman Outdoor di Bandungan Semarang

Ayanaz sendiri, merupakan salah satu tempat wisata di Bandungan. Di dekatnya ada beberapa tempat wisata yang juga tak kalah menariknya. Namun, tentu saja setiap tempat wisata ini punya “dagangan” yang berbeda. Lalu, apa yang ditawarkan di Ayanaz Gedongsongo ini?

Pemandangan Ayanaz Gedongsongo

Untuk pemandangan sendiri, kita nggak perlu khawatir bakal kecewa ya. Karena tempat ini punya view langsung ke Gunung Ungaran dan Kota Semarang. Berkunjunglah ketika hari sedang cerah untuk mendapatkan pemandangan yang sangat indah. Namun tidak masalah jika kita berkunjung ketika sedang hujan atau mendung, tapi bisa jadi pemandangannya hanya berupa kabut tebal.

Tempat ini memang sangat sejuk. Bahkan ketika matahari bersinar dengan cerah, kita tetap bisa merasakan hawa dinginnya.

Spot Foto Instagramable

Inilah yang menjadi salah satu branding mereka. Banyak spot foto yang sangat menarik dan harus kita coba. Jika ingin mendapatkan hasil foto yang maksimal (profesional), kita bisa memanfaatkan jasa fotografer yang ada. Tentu saja mereka bertarif ya, tapi harganya bersahabat kok.

Beberapa tempat yang bisa kita jadikan pilihan berfoto, antara lain : balon gelembung, bangku tengah kolam, bantal-bantal atau juga di balon udaranya. Semua spot ini gratis, kecuali belon gelembungnya. Ketika akan berfoto di dalamnya pun, kita harus mengantre terlebih dahulu. Jangan di dalam terlalu lama ya, karena banyak yang nunggu hehehehe.

Tidak hanya tempat-tempat itu saja, tapi hampir semua spot di sini memang instagramable, kok. Bahkan tembok di balik pintu masuk juga bagus dijadikan background :D

Akomodasi ke Ayanaz Gedongsongo

Untuk sampai ke Ayanaz, sebenarnya cukup mudah ya. Namun sebaiknya memang menggunakan kendaraan pribadi, karena terbatas sekali kendaraan umum yang bisa sampai sana (kecuali dengan ojek). Salah satu sebabnya karena tempat ini berada di ketinggian yang jalannya lumayan curam.

Untuk biaya masuknya, setiap pengunjung dewasa dikenai biaya sebesar 25.000 dan 10.000 untuk anak-anak. Dengan biaya ini, kita juga bisa jalan-jalan sampai Kawasan Candi Gedongsongo, loh. Betul sekali, Ayanaz memang berada di kawasan candi.

Ada pasar wisata yang bisa kita kunjungi setelah puas dengan Ayanaz. Aneka bahan makanan lokal, pernak-pernik hingga makanan khas bisa kita beli dengan harga yang sangat murah. Tempatnya pun terbilang cukup bersih, kok.

Di daerah sini kita juga bisa dengan mudah menemukan hotel atau villa. Harganya pun sangat kompetitif ya. Jadi, untuk yang berasal dari luar kota, nggak perlu khawatir ya.

Ayanaz Gedongosngo memang memberikan kesan yang menyenangkan setelah mengunjunginya. Jarak yang ditempuh, rasanya terbalas dengan pemandangan yang disuguhkan. Untuk teman-teman yang sedang berkunjung ke Semarang, atau yang bingung mau sejenak melepas lelah, tidak ada salahnya pergi ke sini. 

Pastikan kita datang bersama orang-orang terdekat ya, karena sayang sekali jika kita sendirian di tempat seindah ini, kan? Siap berangkat? Sampai jumpa yaa

No comments

Post a Comment