Tips Ngumpulin Duit Untuk Traveling ke Luar Negeri

Bagi sebagian orang, bisa traveling ke luar negeri adalah salah satu impian dalam hidup. Yah, paling tidak bisa dirasakan satu kali lah seumur hidup. Kalau pun bisa lebih, tentu akan lebih menggembirakan.

Akan tetapi, tidak semua orang yang pengen banget traveling ke luar negeri, bisa dengan mudah mewujudkannya. Dengan kata lain, yang namanya kendala sudah pasti ada. Satu kendala paling besar saat ingin traveling adalah persoalan biaya.

Bagi orang seperti saya yang jumlah penghasilannya dalam sebulan masih jauh di bawah duit jajannya Rafathar, rasanya agak susah untuk mewujudkan mimpi dalam waktu singkat alias butuh perjuangan ekstra, Gaes. namun, susah bukan berarti nggak bisa loh, ya. Dalam sebuah kendala, ada namanya solusi.

Bagaimana solusinya? Pas banget. Di dalam artikel ini saya ingin sharing beberapa tips ngumpulin duit untuk traveling ke luar negeri.

Mari disimak!

tips ngumpulin duit untuk traveling

Tips Ngumpulin Duit Untuk Traveling ke Luar Negeri

1. Tentukan tujuan

Tips pertama yang penting banget untuk di-higlight adalah tentukan negara mana yang pengen banget dikunjungi untuk traveling. Kayak saya, nih, gara-gara sering ngedrakor, jadi pengen banget suatu saat bisa ke Korea Selatan.

Kenapa menetukan tujuan ini penting? Tentu saja biar bisa memperhitungkan, berapa biaya yang dibutuhkan untuk traveling ke negara yang pengen banget dikunjungi. Cari tahu secara detail perihal negara yang akan dikunjungi. Mulai dari transportasi.

2. Fokus pada tujuan

Tujuan yang dimaksud di sini bukan cuma tentang negara yang akan dikunjungi, tetapi tentang rencana traveling ke luar negeri itu sendiri. Maksudnya, ketika sudah punya rencana yang disusun dengan matang, fokuslah dengan rencana tersebut. Jangan mudah tergoda oleh hal-hal lainnya yang akan membuyarkan rencana sendiri.

Contohnya, sudah nabung sekian bulan, tetapi di tengah jalan tabungannya dicomot untuk beli sesuatu yang sebenarnya nggak butuh-butuh amat.

3. Hemat

Nah, ini, nih. Pepatah mengatakan, “hemat pangkal kaya”. Kalaupun belum bisa kaya-kaya amat, paling nggak dengan berhemat, bisa mendekatkan kita pada rencana apa pun yang membutuhkan dukungan finansial, salah satunya traveling.

Akan tetapi yang perlu diingat adalah hemat bukan berarti mengesampingkan kebutuhan utama ya, Gaes. Namun, membatasi semaksimal mungkin pengeluaran-pengeluaran yang tidak begitu penting.

4. Buat tabungan khusus untuk traveling

Untuk membantu agar bisa fokus pada tujuan, sebaiknya buat tabungan yang memang khusus diperuntukkan untuk traveling. Jadi, akan lebih mudah memantau perkembangan biaya yang sudah dikumpulkan.

5. Menabung sekaligus investasi

Menabung adalah tips paling penting bagi kalian yang pengen traveling ke luar negeri, tetapi masih punya kendala dalam hal biaya. Namun, dibanding menabung secara konvensional di bank, akan lebih baik jika memilih langkah menabung sekaligus investasi.

Bunga yang didapatkan dengan menabung di bank, tidaklah terlalu besar. Belum lagi ada potongan biaya admin dalam sebulan. Karena itu, menabung sekaligus investasi, adalah langkah yang cerdas.

Ada pun jenis investasi yang bisa dipilih adalah investasi reksa dana. Reksdana sendiri merupakan salah satu instrumen investasi yang mudah dan murah, makanya ramai peminat. Reksa dana juga memiliki berbagai macam kategori yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Salah satunya investasi reksa dana campuran.

Reksa dana campuran merupakan jenis reksa dana yang mengalokasikan dana investasi di berbagai instrumen saham, obligasi, atau pasar uang. Dengan pembagian 50-75% ditempatkan pada instrumen saham, sisanya baru ditempatkan pada obligasi atau pasar uang—sesuai dengan kebutuhan ataupun tujuan investasi.

Komposisi tersebut di atas dapat melahirkan produk investasi yang optimal dan menghasilkan pertumbuhan dengan risiko yang lebih rendah dibanding investasi saham. Dengan alokasi dana kelolaan yang berimbang dan fleksibel, potensi keuntungan maksimal dengan risiko yang lebih terkontrol, bisa didapatkan.

Sangat menarik, bukan?

Untuk penyedia investasi reksa dana campuran, percayakan pada Manulife. Keunggulan dari reksa dana Manulife campuran adalah alokasi seimbang dari instrumen-instrumen terbaik, saham dan obligasi—ditambah instrumen pasar uang hasil seleksi tim investasi MAMI (Manulife Investmen Management) membawakan sajian investasi yang sesuai untuk berbagai tujuan-tujuan Anda. Bagi Anda investor dengan profil moderat, Reksa dana Manulife campuran adalah pilihan yang tepat.

Secara mendetail, ada empat poin keunggulan invetasti reksa dana campuran Manulife :

- Terdiversifikasi

Berinvestasi sekaligus pada beberapa instrumen, saham, dan instrumen pasar modal.

- Investasi Jumlah Minimal

Investasi di saham-saham pilihan dengan minimal investasi mulai dari Rp10.000,-. Ideal untuk investor pemula.

- Dikelola secara profesional

Dana Anda dikelola oleh Manager Investasi yang rata-rata memiliki pengalaman selama 15 tahun melalui riset mendalam serta strategi yang bertujuan mengembangkan nilai investasi Anda.

- Aman Teregulasi

Reksa Dana Manulife diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan beragam kemudahan dan keuntungan, yuk investasikan reksa dana Anda di Manulife!


Sumber: 

modalrakyat.id

reksadana-manulife.com

No comments

Post a Comment