Yuk Manfaatkan Beras Hitam Untuk Kesehatan, Cocok Juga Untuk Catering Diet Lho!

Beras Hitam menjadi salah satu bahan pokok makanan yang tidak hanya mengenyangkan tetapi juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan serat dan protein di dalam beras hitam lebih unggul dibanding dengan beras lainnya. Beras hitam juga memiliki kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi, sehingga sangat cocok untuk menu diet.

Yuk Manfaatkan Beras Hitam

Beras hitam mendapatkan warnanya dari zat bernama anthocyanin yang merupakan pigmen bergizi. Warna hitam keunguan yang pekat menjadi tanda adanya kandungan antioksidan yang ada didalamnya. Selain itu, memakan nasi hitam juga dapat menjadi daya tarik yang unik karena warnanya yang berbeda.

Dari segi rasa beras hitam memang agak mirip dengan beras merah yang mana memiliki rasa yang sedikit hambar dan lebih padat dibanding dengan nasi putih. Namun dengan pengolahan dan cara memasak yang tepat anda dapat tetap menyantap nasi hitam dengan nikmat. Jangan lupa untuk tetap seimbangkan dengan lauk pauk yang sehat.

manfaatkan beras hitam

Berikut ini Beberapa Manfaat Beras Hitam yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

1. Dapat Diandalkan untuk Mencegah Penyakit Diabetes

Beras hitam memiliki kandungan yang baik untuk mencegah diabetes, penyakit ini dapat diakibatkan karena pola makan yang kurang sehat dan mengabaikan gizi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Beras hitam memiliki kandungan yang mendorong glukosa masuk ke dalam sel dan otot ke dalam darah. Kandungan glukosa di dalamnya mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol kadar glukosa darah dengan baik untuk menghindari penyakit diabetes.

2. Dapat Melindungi dan Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Rasa yang tidak nyaman di perut membuat aktivitas terganggu. Beras hitam solusinya dimana kandungan nutrisi didalamnya dapat membantu mengatur pergerakan usus sehingga feses bisa keluar lebih mudah, untuk mencegah sembelit, kembung, membantu masalah pencernaan.

3. Baik untuk Mendetoks Tubuh Secara Alami

Beras hitam memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan untuk meningkatkan dan membantu membuang racun pada organ hati. Sehingga dapat mencegah penumpukan racun yang dapat memicu terserang penyakit lainnya.

4. Menghambat Pertumbuhan Kanker

Kandungan antioksidan yang ada di dalam beras hitam dapat menghambat pertumbuhan dan perluasan sel kanker. Kandungan antioksidan tersebut juga dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan tumor.

5. Dapat Mengendalikan Kolesterol

Beras hitam mampu mengurangi kolesterol tinggi dalam darah dan memiliki kandungan tokotrienol antioksidan yang dapat menekan aksi enzim yang terlibat dalam berkembangnya kolesterol dalam tubuh.

6. Dikonsumsi untuk Melindungi Sel Tubuh

Beras hitam memiliki kandungan antioksidan yang paling dominan. Antioksidan dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, serta dapat mengurangi stress oksidatif yang dapat mempengaruhi stamina tubuh.

7. Cocok Bagi yang Sedang Mengurangi Berat Badan

Beras hitam sangat bagus untuk anda yang sedang menjalankan program diet, karena memiliki kandungan yang kaya akan sumber serat makanan sehingga dapat membantu menunda rasa lapar serta membuat anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Nasi hitam akan sangat cocok dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Kalau teman Caravan ingin membuka catering diet, bisa juga memanfaatkan kelebihan beras hitam ini.

Anda dapat membuat olahan dengan panduan menu resep nasi hitam. Untuk mencari beras hitam tidak sulit, anda bahkan dapat membelinya secara online pada website Healthy Choice. Selain beras merah ada berbagai produk olahan sehat lainnya.

No comments

Post a Comment