Kumpulan Menu Berbuka Sederhana Agar Ramadhan Lebih Hemat

Setelah kurang lebih dua minggu menempati rumah baru, saya jadi rajin masak dan akhirnya terinspirasi untuk menuliskan kumpulan menu berbuka sederhana yang bisa disajikan saat Ramadhan nanti. Semua resepnya simple, tidak butuh waktu lama untuk memasaknya, dan tentu saja ramah di kantong.

Bulan Ramadhan pun jadi lebih hemat, Idul Fitri lebih nikmat, ibadah pun bisa menjadi lebih khusyuk, nilai sedekah pun bisa meningkat bukan? 

Yuk simak apa saja ya menu berbuka sederhana yang bisa diadaptasi di dapurmu?

Kumpulan Menu Berbuka Sederhana Untukmu

1. Cah Kangkung dan Tempe Goreng

Menu andalan saya baik ketika Ramadhan maupun bukan adalah cah kangkung! Selain karena cara pengolahannya yang mudah, kangkung ini jadi sayur paling enak menurut saya. Diapain aja enak gitu. Ditumis enak, dibuat sayur asem enak, direbus aja enak sambil dicocol ke bumbu pecel, wah asli nikmat!

Cah kangkung ditambah sambal terasi menjadi perpaduan yang pas, belum lagi ngerasain tempe tepung hangat, ditambah nasi! Sudahlah, mau dipanggil mertua paling juga ngga noleh-noleh, wkwkwkw.

menu berbuka sederhana

2. Oseng Sawi Putih Bakso

Setuju kan kalau sawi putih bisa diolah jadi apa saja. Sayur berkuah bening, tumis atau oseng, bahkan direbus untuk sayuran pecel juga enak banget. Cara membersihkannya juga mudah, apalagi ngga mahal juga. 

Oleh karena itu kalau malas makan sayur, saya selalu hadirkan sawi putih ini di meja makan. Karena ada sisa bakso yang belum termakan, akhirnya bakso menjadi salah satu teman sawi putih di wajan. Saya tambahkan sedikit wortel untuk memperkaya tekstur dan warnanya jadi ngga pucat.

oseng sawi putih menu berbuka

Teman makan yang paling disukai suami saya adalah tempe goreng tepung andalan yang rasanya Malang banget. Yakin deh, tempe di luar kota Malang rasanya berbeda, dan dijamin teman-teman bakal ketagihan dengan tempe Malang ini.

3. Sayur Sop dan Tempe Goreng

Ngaku deh, siapa yang selalu jadikan sayur sop andalan ketika anak-anak susah sekali makan sayur? Apalagi kalau kaldunya menggunakan kaldu ayam, ditambah dengan kaki ayam.. hmmm auto disukai anak-anak deh.

Sudah menjadi menu wajib ketika berbuka puasa, salah satu hari di bulan Ramadhan pasti kami masak sop sayur. Ditemani dengan tempe goreng tepung dan sambal kecap. Wah, menu berbuka sederhana yang nikmat bukan?

menu berbuka sederhana

Selain itu, teman-teman juga bisa menambahkan protein lain selain ayam di dalam sayur sop ini. Seperti sosis dan bakso pentol misalnya. Wah, auto nikmat!

4. Tumis Fantasi Brokoli

Saya sebut tumis fantasi karena isinya macam-macam, haahaha sebagai sebuah usaha untuk menghabiskan apa yang ada di dalam lemari pendingin. Karena saat itu ada tempe, tahu, dan juga bakso pentol akhirnya saya jadikan satu untuk ditumis bersama brokoli yang segar.

Bumbunya sederhana saja. Cukup menggunakan bawang bombay lalu saya tambahkan bawang putih juga untuk ditumis. Kalau suka kecap seperti saya, bisa ditambahkan kecap. Namun jika tidak ditambahkan kecap pun juga enak kok.

ide menu berbuka puasa

5. Lodeh Rebung Kacang Panjang dan Udang Tepung

Lodeh rebung kacang panjang juga menjadi salah satu menu kesukaan suami saya. Apalagi jika lodehnya dimasak dengan kuah pedas. Memasak rebung sebenarnya tidak susah jika tahu bagaimana cara menghilangkan bau pesingnya.

Meniru cara dari Ibu saya, rebung harus direbus berkali-kali dan dibuang airnya, lalu rebusan terakhir jika sudah dirasa tidak berbau campurkan rempah seperti laos atau jahe yang mampu menetralisir bau. 

Jika sudah, rebung siap dimasak lodeh. Bersama dengan kacang panjang dan kalau ada stok udang ebi boleh banget menggunakannya untuk stock atau kaldu. Dijamin menu berbuka puasamu terlihat wahh, dan akan terasa light karena santannya yang kental. Hmm.. Yummy!

menu berbuka murah

Disajikan dengan nasi hangat makin nikmat. Teman-teman bisa menyantapnya setelah shalat tarawih atau bahkan setelah shalat Maghrib, asal jangan terlalu banyak ambil nasinya yaaa.. nanti ngga konsen shalat tarawihnya hehehe..

ide menu berbuka puasa

Itulah kumpulan menu berbuka sederhana yang saya rangkum dari menu makan sehari-hari yang berhasil saya masak dengan sukses hehehe.. Mungkin artikel ini akan beberapa kali diedit untuk menambahkan ide menu berbuka selanjutnya.

Semoga menu di atas bisa menginspirasimu untuk memasak makanan yang lezat untuk keluarga di rumah yaa!





No comments

Post a Comment