5 Pulau Tempat Island Hopping di Belitung

Kalau inget film Laskar Pelangi pasti inget Belitung. Gara-gara film ini nih, pariwisata Belitung jadi banyak dikenal Khalayak banyak. Salah satu pesona Pulau Belitung adalah keindahan pantainya. Buat kalian yang akan liburan ke Belitung jangan sampai melewatkan untuk island hopping di Belitung.

Island hopping merupakan kegiatan berkunjung dari pulau ke pulau dalam sehari. Disebut hopping karena kalian akan melompat (hopping) dari satu pulau ke pulau lainnya. Biasanya kegiatan ini dilakukan di area kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau kecil di dalamnya.

Pantai Tanjung Kelayang

pantai tanjung kelayang
Source : bpiw.pu.go.id

Perjalanan untuk island hopping dimulai dan diakhiri dari Pantai Tanjung Kelayang ini. Butuh waktu sekitar 35 menit dari Kota Tanjung Pandan untuk sampai di sini. Di pantai ini kalian bisa menyewa kapal dan peralatan snorkeling untuk island hopping.

Harga sewa kapal sekitar Rp 400.000 hingga Rp 500.000 untuk menemani kalian seharian keliling dari pulau ke pulau. Sedangkan untuk harga sewa alat snorkeling sekitar Rp 25.000 per orang. Satu kapan bisa muat maksimal 10 orang penumpang. Jadi semakin banyak yang ikut semakin sedikit biaya yang kalian keluarkan.

Di Belitung sendiri ada 5 pulau kecil yang sering dijadikan tujuan untuk island hopping. Pulau-pulau inilah yang pernah dijadikan tempat syuting film Laskar Pelangi. Buat kalian yang pernah menonton fil Laskar Pelangi pasti udah tau gimana indahnya pantainya. Nah, pulau mana saja itu?

1. Pulau Lengkuas

pulau lengkuas
Source : belitunginfo.com

Butuh waktu 20 menit untuk sampai ke Pulau Lengkuas dari Pantai Tanjung Kelayang. Daya tarik pulau ini adalah mercusuar tua yang menjulang tinggi. Mercusuar ini dulunya dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882 dan masih digunakan hingga saat ini.

Selain mercusuar tuanya, Pulau Lengkuas pantai di pulau ini memiliki keindahan karena terdiri dari batu granit, pasir putih dan air laun yang biru jernih. Di sini kalian juga bisa snorkeling lho! menikmati keindahan bawah lautnya pantai Pulau Legkuas.

2. Pulau Batu Garuda

pulau batu garuda
Source : tripadvisor.co.id

Belitung terkenal dengan kekayaan alamnya yang berupa batu granit berusia 200 juta tahunnya. Dan Pulau batu Garuda merupakan kumpulan batu granit yang menjadi pulau.

Pulau ini dinamakan Pulau Batu Garuda karena jiks dilihat kumpulan batu grabit tersebut bentuknya menyerupai kepala burung garuda yaitu batu granit yang paling menonjol diantara batu lainnya. Di pulau ini kegiatan yang bisa kita lakukan hanyalah berfoto saja.

3. Pulau Pasir

pulau pasir belitung
Source : bangkatour.com

Pulau pasir merupakan pulau kecil yang terbentuk dari gundukan pasir di tengah laut. Pulau ini hanya bisa dikunjungi saat air laut surut, karena saat air laut pasang pulau ini akan tertutup oleh air.

Di sini kalian bisa bermain pasir dan bermain air laut yang biru jernih. Dan bila kalian beruntung, kalian bisa menemukan bintang laut. Namun ingat, tidak boleh untuk mengambil fauna laut ini, cukup nikmati saja keindahannya.

4. Pulau Batu Berlayar

pulau batu berlayar
Source : belitunginfo.com

Pulau Batu Berlayar terletak di sebelah barat Pantai Tanjung Kelayang, butuh waktu 20 menit untuk sampai ke pulau ini dari Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau ini memiliki banyak sekali bebatuan granit yang tinggi besar. Bebatuan ini berbentuk seperti sirip ikan hiu atau layar karena proses pelapukan. Kalian akan banyak mendapatkan spot foto yang menarik di pulau ini.

5. Pulau Kelayang

pulau kelayang
Source : travelingyuk.com

Sama seperti pulau lainnya, Pulau Kelayang juga menyajikan panorama indah dari kumpulan batu granit, pasir putih dan air laut yang jernih. Pulau Kelayang berada berdekatan dengan Pulau Batu Garuda.

Yang unik dari pulau ini adalag terdapat telaga yang disebut Telaga Bidadari. Telaga ini terjadi karena fenomena alam yang terjadi dari pasang surut air laut. Saat pasang, air laut akan mengisi cekungan dari bongkahan batuan hingga membentuk perairan air menyerupai telaga.

Nah itu tadi 5 Pulau yang bisa kalian kunjungi saat island hopping di Belitung. Mau tau rekomendasi wisata pantai lainnya? Klik di sini

 

 

 

No comments

Post a Comment