Pantai Bama, Pantai Indah di Taman Nasional Baluran

 Pantai Bama

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu wisata alam yang berada di Kota Banyuwangi. Kurang afdol rasanya bila ke Kota Banyuwangi tanpa sambang ke tampat ini. Areanya yang berupa padang sabana luas, membuatnya mendapat julukan little afrika in Java  Indonesia.

Namun siapa sangka, dibalik hutan rimbun yang mengelilinginya terdapat sebuah pantai indah. Pantai yang berada di dalam area Taman Nasional Baluran ini bernama Pantai Bama. Pantai ini termasuk dalam rute perjalanan mengelilingi Taman Nasional Baluran. Untuk masuk ke area pantai, pengunjung tidak perlu lagi membayar tiket masuk karena sudah termasuk dalam tiket masuk Taman Nasional Baluran.

Secara geografis pantai ini masuk di area Kota Situbondo, tepatnya Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pantai ini berjarak 8km dari gerbang masuk Taman Nasional baluran. Tak butuh waktu lama untuk sampai ke pantai ini dan rutenya pun sudah terpampang jelas di sepanjang jalan Taman Nasional Baluran.

Setelah disuguhi pemandangan hijau dari padang savana luas, memasuki Pantai Bama kalian akan disuguhi pemandangan pasir putih dan laut yang biru. Sebuah pendangan yang kontras dari sebelumnya. Banyak hal menarik yang bisa dilakukan untuk menghabiskan hari di Pantai Bama.

Bermain pasir dan berenang.

Bermain air

Bermain pasir di bibir pantai menjadi kegiatan yang paling menyenangkan di pantai ini. Pasir di pinggir pantai ini berwarna putih berbentuk bulat-bulat kecil. Bila berjalan di atasnya akan terasa sedikit kasar di kulit kaki. Semakin dekat dengan pantai, pasir menjadi sedikit lebih halus.

Para pengunjung tak hanya bisa bermain pasir di tepian pantai namun juga bisa bermain air bahkan berenang di pantai. Ombak pantainya tenang, sehingga aman untuk berenang. Selain itu juga disediakan permainan air banana boat. Terlihat dengan adanya sebuah kapal boat dan perahu karet untuk banana boat.

Bermain ayunan

ayunan pantai bama

Disekitar area pantai banyak ditumbuhi pepohonan rimbun. Nah, beberapa pohon yang terletak di dekat bibir pantai dipasang ayunan dari tali tampar dengan dudukan dari kayu. Dua buah ayunan couple juga terpasang di bibir pantai. Pas banget buat foto bareng pasangan dengan latar belakang laut biru dan langit biru cerah.

Namun yang harus diperhatikan saat bermain ayunan di pantai adalah monyet. Fauna yang menghuni Pantai Bama adalah kera abu-abu. Mereka berkeliaran di sekitaran pantai, mulai dari tempat parkir hingga bibir pantai. Mereka akan mendekati pengunjung yang membawa makanan dan bila pengunjung lengah mereka akan mengambilnya.

Berpetualang di Hutan Bakau

hutan bakau

Letak hutan bakau berada di sebelah utara Pantai Bama. Tidak sulit untuk menemukannya karena sebelum memasuki hutan bakau terdapat gapura kayu dengan tulisan Dermaga Magrove yang dihiasi tengkorak rusa dan banteng.

Setelah melewati gapura, kalian akan memasuki hutan bakau yang penuh dengan pepohonan bakau tinggi. Beberapa kera abu-abu terlihat di pinggiran jalan setapak menuju hutan bakau. Saat segerombolan kera mulai menghilang, kalian akan menemukan sebuah jembatan kecil diantara rimbunan pohon bakau.

Fauna yang mendiami hutan ini tak hanya kera abu-abu tapi juga beberapa hewan lainnya seperti biawak dan berbagai jenis burung. Jadi berhati-hatilah saat berjalan di dalam hutan.

Jembatan kecil diantara pohon-pohon bakau ini nanti akan mengantarkan kalian sampai ke ujung hutan bakau yang langsung bersinggungan dengan laut. Di ujung jembatan ada sebuah gazebo tempat untuk para pengunjung berhenti dan beristirahat sambil menikmati pemandangan laut lepas Pantai Bama.

Menginap

Bila kalian ingin berada lebih lama di pantai ini, kalian bisa juga lho menginap. Pengelola Taman Nasional Baluran juga menyediakan penginapan bagi pengunjung yang ingin menginap. Penginapan tersebut berupa guest house dengan 7 unit kamar, di mana setiap kamar bisa digunakan untuk 2 orang. Ada juga merak guest house dan banteng guest house.

No comments

Post a Comment