Solo Traveling Bisa Jadi Obat Patah Hati, Ini 5 Alasannya

Siapa yang sangka ternyata solo traveling bisa jadi obat patah hati lho! Seperti yang dilansir dari The Culture Trips, traveling terutama solo traveling bisa menyembuhkan patah hati, karena meninggalkan rutinitas sejenak untuk menemukan distraksi yang menyenangkan.

solo traveling
Source : Pexels.com

Banyak lho pengalaman orang yang berhasil mengusir rasa sakit hatinya setelah melakukan solo traveling. Seperti kisah Alexander Thian atau yang lebih dikenal dengan nama Koh Alex dalam  buku antologi perjalanan “The journeys”. Dia menceritakan pengalamannya bepergian seorang diri ke Karimun Jawa setelah putus cinta. Dan menemukan banyak sekali hal baru yang mampu menghilangkan rasa patah hatinya.

Ketika mengunjungi tempat baru, kita akan bertemu orang-orang baru dan lingkungan yang baru. Semua hal diluar kebiasan yang biasa kita temui tersebut dapat membuat kita melupakan rasa sedih yang kita alami ketika patah hati.

Buat kalian yang sebelumnya terbiasa traveling bareng teman atau berdua dengan mantan pasangan, pasti masih ada rasa takut atau ragu untuk melakukan perjalanan sendiri. Namun, tak ada salahnya kan buat mencoba hal baru. Toh bakal banyak banget manfaat yang bisa kalian peroleh dari perjalanan tersebut.

Masih ragu solo traveling bisa  jadi obat patah hati? Simak 5 alasan ini.

1. Keluar Dari Rutinitas

solo traveling
Source : Pexels.com

Kebiasaan yang biasa dilakukan bersama pasangan dan tempat-tempat yang biasa disinggahi bersama mampu mengembalikan kenangan dan sulit dilupakan. Itu semua bisa membuat patah hati kalian menjadi semakin parah.

Solo traveling mampu membuat kalian melupakan sejenak berbagai kegiatan yang biasa kalian lakukan bersama. Sehingga bisa membuat kalian sejenak menghilangkan pikiran tentang dirinya.

Ditempat yang baru, kalian akan banyak menemukan kegiatan seru yang bisa menghilangkan rasa sakit hati dan kecewa kalian. Suasana baru juga bisa memberi kalian inspirasi untuk menemukan kegiataan atau kebiasaan baru yang bisa kalian lakukan sekembalinya ke rumah.

2. Menemukan Pandangan Baru

solo traveling
Source : Pexels.com

Ketika bepergian ke tempat baru kalian akan banyak bertemu orang baru. Solo traveling membuatmu berupaya untuk berkomunikasi dengan orang asing, entah warga sekitar atau sesama treveler. Komunikasi terjadi bisa saat kalian butuh menanyakan tempat destinasi wisata, transportasi menuju destinasi wisata atau bahkan hanya pertanyaan basa-basi tentang tempat yang kalian singgahi.

Ketika berbincang dengan orang lain, bisa jadi kalian akan mendapatkan sebuah pelajaran baru dari mereka. Mengobrol dengan orang baru juga bikin kalian lebih terbuka. Membuat kalian mendapatkan pandangan baru tentang masalah yang sedang kalian hadapi.

3. Belajar Mencintai Diri Sendiri

solo traveling
Source : Pexels.com

Ketika solo traveling, kalian akan mempunyai banyak waktu sendiri, sehingga kalian bisa lebih memahami diri kalian sendiri. Membuat kalian lebih bisa untuk mencintai diri kalian sendiri.

Karena kadang, ketika kita sedang menjalin sebuah hubungan, kita akan sibuk dengan banyak hal dan lupa dengan diri kita sendiri. Dengan melakukan solo traveling kalian akan mempunyai saat-saat me time untuk mengenal lebih baik diri kalian sendiri.

4. Menjadi Lebih Percaya Diri

solo traveling
Source : Pexels.com

Saat-saat setelah berpisah dengan pasangan, kadang kita akan merasa terpuruk dan membuat rasa percaya diri terkikis. Ketika solo traveling, kalian akan melakukan apapun sendiri. Membuat kalian merasa mampu bertanggungjawab dengan diri kalian sendiri.

Kegiatan seperti itu, akan membuat rasa percaya diri kalian meningkat. Karena kalian bisa hidup mandiri tanpa merasa tergantung dengan pasangan. Sehingga kalian lebih mudah untuk move on.

5. Jadi Lebih Mensyukuri Hidup

solo traveling
Source : pexels.com

Saat melakukan perjalanan sendiri, kalian akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki karakter berbeda, nasib yang berbeda dan perjalanan hidup yang berbeda. Ketika patah hati, mungkin saja kalian merasa menjadi orang paling malang sedunia.

Namun ketika kalian menemui nasib orang lain yang mungkin saja lebih buruk dari kalian dan nyatanya mereka tetap bisa tersenyum bahagia. Hal tersebut akan membuat kalian lebih bersyukur, bahwa masalah yang kalian hadapi tak sepelik masalah mereka.

Membuat kalian menjadi sadar, bahwa setiap masalah pasti dapat terselesaikan. Dan banyak hal-hal sederhana yang patut disyukuri.

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya patah hati. Setiap orang juga punya caranya sendiri untuk bisa sembuh dari perasaan tersebut. Dan solo traveling bisa menjadi obat patah hati yang bisa kalian coba lakukan. Jangan terlalu lama mendekam dalam kamar menangisi kepergiannya. Keluarlah melihat dunia luas, agar hatimu segera pulih.

 

 

No comments

Post a Comment