4 Manfaat Membuat Itinerary

Itinerary secara bahasa berarti rencana perjalanan. Sedangkan secara istilah memiliki pengertian daftar yang mengurutkan acara perjalanan wisata secara lengkap mulai dari waktu, destinasi wisata, transportasi dan biaya perjalanan. Apa sih manfaat membuat itinerary? Ini 4 manfaat membuat itinerary yang bakal kita bahas. 

membuat itinerary
Source : pexels.com

Seberapa penting sih membuat itinerary? Jawabannya penting banget, terutama buat kalian yang memiliki waktu dan budget terbatas saat liburan. Bagi beberapa traveller mungkin bukan merupakan hal yang wajib untuk dibuat. Bahkan beberapa traveller kadang merasa terikat dan nggak bebas. Padahal sebenernya itinerary bisa dibuat fleksibel kok. Mau travelling sendirian atau berkelompok membuat itinerary itu penting banget lo biar perjalanan kalian bisa lebih efektif dan effisien. Nih beberapa manfaat itinerary.

1. Tidak Kebingungan Saat Sampai di Kota Tujuan Wisata

membuat itinerary
Source : pexels.com

Kalian jadi nggak bingung mau kemana saat sampai di kota tempat liburan. Saat sampai kalian tak perlu membuang banyak waktu untuk menentukan "mau kemana dulu ya". Dengan adanya itinerary kalian bisa langsung pergi ke destinasi wisata tujuan kalian. Selain merencanakan akan kemana saja , cari tau juga bagaimana cara menuju ke destinasi wisatanya sehingga kalian tak perlu bingung menentukan transportasi apa yang akan digunakan.

2. Waktu Liburan Lebih Efisien

membuat itinerary
Source : pexels.com

Terutama buat kalian yang memiliki waktu terbatas saat liburan, entah karena kerjaan atau sekolah tapi ingin mengunjungi banyak tempat wisata. Itinerary dapat membantu memperkirakan berapa lama waktu yang kalian butuhkan dan berapa banyak tempat wisata yang dapat kalian kunjungi.

Selain itu dengan manajemen waktu yang baik akan menghindarkan kalian dari tertinggal bus, kereta atau pesawat saat pulang. Yang dapat membuat pengeluaran kalian jadi membeludak untuk membeli tiket lagi.

3. Mengetahui Berapa Budget yang Dibutuhkan Saat Liburan

membuat itinerary
Source : pexels.com

Dengan itinerary kalian bisa tau kira-kira bakalan habis berapa duit nih buat liburan. Kalian bisa menyusun pengeluaran mulai dari penginapan, transportasi hingga tiket masuk ke destinasi wisata. Buat kalian yag memiliki budget berlebih mungkin nggak terlalu bermasalah tapi buat kalian yang budgetnya minim itinerary akan sangat membantu.

Kalian bisa memesan tiket perjalanan jauh-jauh hari sehingga bisa mendapatkan harga lebih murah. Selain itu kalian juga bisa melakukan perbandingan harga untuk transportasi menuju destinasi wisata di kota tujuan. Misalkan nih mau ke destinasi wisata A, bisa menggunakan bus, commuter line, layanan transportasi online atau taksi kalian bisa membandingkan mana yang lebih murah dan mana yang lebih efisien. Tentu saja pilih sesuai dengan budget kalian.

Selain transportasi kalian juga bisa mencari penginapan dengan harga yang bersahabat dengan fasilitas yang memadai. Cobalah survey beberapa penginapan dan bandingkan rate harga dan fasilitas yang diberikan. Carilah penginapan yang dekat dengan pusat kota agar mudah bila mau pergi kemana-mana. Bila kalian travelling sendirian, kalian bisa menginap di dorm. Selain harga yang lebih murah, kalian juga bisa mendapat teman baru yang sama-sama solo travelling.

4. Punya Plan Kedua Jika Plan Pertama Gagal

Kelihatannya sepele memang, tapi plan kedua itu penting lo. Misalkan saja kalian sampai di destinasi wisata tujuan kalian tapi ternyata sedang tutup karena ada perbaikan. Dengab itinerary kalian nggak akan kebingungan mau ngabisin waktu kemana. Kalian bisa langsung melakukan plan kedua kalian.

Itu tadi empat manfaat membuat itinerary sebelum melakukan perjalanan. Sebelum melakukan perjalanan wisata memang lebih baik untuk merencanakannya dengan baik. Agar perjalanan berjalan dengan nyaman dan aman. Selain itu juga untuk menghindari hal-hal yang tak terduga. Jadi yuk bikin itinerary dulu sebelum berangkat berlibur.

 Author : @lelyelated

2 comments

  1. Nah, punya plan kedua saat plan pertama gagal sih yang bisa bikin sesi liburan tetap menyenangkan kalau misalnya ada tujuan perjalanan yang nggak bisa didatangi karena ada alasan tersendiri setibanya di kota tujuan.

    ReplyDelete
  2. Naaah beneer, alasan2 di atas juga yg jadi alasan utama kenapa aku selalu bikin itin pas traveling kemana aja.

    Aku dan suami kanncutinya juga terbatas ya mba. Lah kalo kami berangkat gitu aja tanpa tau mau kemana, yg ada rugi waktu. Aku selalu bikin itin sedetiiiil mungkin, lengkap Ama biaya hariannya, tiket wisata , transportasi dll. Itu semua berguna pas mau bikin beberapa VISA, kadang diminta itin kan soalnya.

    Tapi aku juga masukin back up plan tiap bikin itin. Terkadang ada beberapa tempat yg ternyata ga bisa didatangin, setidaknya dengan back up plan , jadi ga sia-sia harinya.

    Dan Krn ada perincian budget, aku juga jadi tahu hrs nabung berapa. Kebiasaannya sih aku selalu nabung itu 1 tahun sebelum berangkat.

    So far ga pernah traveling tanpa bikin itin. Eh, kecuali kalo perginya Ama travel :D. Kayak kemarin ke Korea utara, itu mah bawa badan ajalah, semua udah diurus :p. Tapi aku ga sering pale travel. Biar gimana, bikin itin itu selalu jadi part traveling yang nyenengin banget loh.

    ReplyDelete