Asyiknya Kulineran Keliling Nusantara dengan Aplikasi Resep Masakan Yummy App

Ada yang sudah pernah nonton Aruna dan Lidahnya? Saya termasuk orang yang tiba-tiba ingin jadi cheff, ingin keliling Indonesia, dan tentu saja tiba-tiba lapar sebab melihat ada begitu banyak kuliner Nusantara yang begitu menggoda sebab film tersebut.

Ingin rasanya merasakan berbagai macam makanan khas dari daerah-daerah di seluruh Indonesia. Ada gurih dan umaminya soto betawi, ada gudeg dari Jogja yang selalu menyambut lidah kita dengan rasa manisnya. Lalu saya juga selalu rindu pedas dan gurihnya rujak cingur kesukaan dari Jawa Timur.

resep kuliner nusantara yummy app

Rasa misterius dari pulau bagian timur Indonesia bernama Papeda Ikan. Ada juga aroma ikan yang menggigit dari Mpek-mpek Palembang, wanginya dodol durian yang sangat eksklusif dari daerah Kalimantan, dan masih banyak lagi.

Duh bisa ngga ya?

Keliling Nusantara dengan Aplikasi Resep Masakan Yummy App Yuk!

Bohong kalau ditanya tidak ingin mencicipi seluruh kuliner khas Nusantara itu. Inilah yang membuat Indonesia kaya. Kuliner khas nusantaranya bikin kangen! Tapi bagaimana caranya ya mencicipi semua makanan itu di sini? Di kota kecil yang penduduknya tak lebih dari satu juta jiwa. Apalagi di tengah pandemi seperti ini tidak memungkinkan untuk traveling kesana kemari jika bukan keperluan yang mendesak.

Untungnya tahun lalu saya sudah mulai belajar memasak melalui ide-ide resep masakan dari sebuah aplikasi resep masakan Yummy App. Tahun lalu, saya belajar tentang bagaimana cara membuat garang asam ayam kesukaan suami hingga menjadi menu favoritnya berbulan-bulan.

Saya juga sempat membuat donat kentang simple kesukaan anak melalui aplikasi resep masakan Yummy App. Lalu terbersitlah ide untuk berkeliling nusantara ala saya dengan mencicipi seluruh menu khas masing-masing daerah di Indonesia.

Darimana lagi kalau bukan dari aplikasi resep masakan Yummy App yang mudah diakses dimana saja dan kapan saja lewat ponsel pintar sederhana, GRATIS lagi!

Siapa mau turut serta dengan saya? Yuk berangkat!

aplikasi resep masakan yummy app

Sebelumnya saya ingin memperkenalkan dulu pemandu kita pada hari ini. Yup! Aplikasi Resep Masakan Yummy App! Dia akan membantu kita untuk menjelajah sajian kuliner Nusantara melalui fitur pencarian-nya. Tidak hanya itu, kita juga bisa menghemat budget dengan memanfaatkan fitur filter budget yang telah disediakan oleh pemandu kita, Yummy App.

Bagaimana cara lengkapnya? Ikuti saja sampai habis ya :)

Menyecap Pedas dan Gurihnya Rujak Cingur dari Jawa Timur

Perjalanan kita mulai dari yang dekat dulu yuk. Ada rujak cingur khas Jawa Timur. Pemandu Aplikasi Resep Masakan Yummy App akan memberikan resep terbaiknya terlebih dahulu pada kita semua. Bagaimana rasanya?

resep masak rujak cingur

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama di daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. 

Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, cingur, serta sayuran seperti  kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). 

Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diulek, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak ulek. Makanan ini disebut rujak cingur karena bumbu olahan yang digunakan adalah petis udang dan irisan cingur. 

Inilah yang membedakan dengan makanan rujak pada umumnya yang biasanya tanpa menggunakan bahan cingur atau bibir sapi. Rujak cingur biasa disajikan dengan tambahan kerupuk udang dengan alas pincuk (daun pisang) atau piring. Hmm yummy! Tingkat pedasnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Kalau saya sih biasanya minta cabe 3, hehe..

resep masak yummy app
Jadi deeeh rujak cingur recook dari Yummy App
Sudah puas dengan hidangan pedas dan gurih? Yuk sekarang kita berangkat ke pemberhentian berikutnya, setuju ngga kalau kita makan yang manis dan gurih? Yuk, berangkat!

Merasakan Manis dan Gurihnya Gudeg Jogja, Hidangan Keraton yang Tak Akan Terlupa

Meskipun sampai saat ini belum diketahui secara jelas tentang sejarah Gudeg, beberapa pandangan  mengkaitkan Gudeg sebagai makanan dari Kraton Yogyakarta, sementara lainnya berpandangan bahwa Gudeg telah lama ada sejak penyerbuan pertama ke Batavia pada 1726-1728 oleh pasukan Sultan Agung yang tercatat dalam sejarah meski belum dapat dibuktikan kebenarannya. 

Namun dalam berbagai kesimpulan mengenai sejarah Gudeg dapat disimpulkan bahwa Gudeg adalah makanan masyarakat zaman dulu karena bahan bakunya, yaitu nangka muda. Nangka muda ini mudah  ditemukan di pekarangan sekitar rumah warga. Nangka tersebut kemudian diolah dan dikembangkan sehingga menjadi Gudeg makanan khas masyarakat Yogyakarta sampai saat ini.

Bagaimana cara membuat gudeg? Kita intip aplikasi Yummy App yuk!

resep masakan gudeg dari yummy app
Food pict from idntimes

Setelah tahu praktiknya, mari kita cicipi gudeg, makanan Nusantara yang jadi kebanggaan masyarakat Jogja yuk! Gudeg saat ini sudah bisa dikemas dalam bentuk kering lho sehingga bisa dikirim keluar kota bahkan punya nilai ekspor yang tinggi.

Gudeg sebagai makanan tradisional yang terbuat dari Nangka muda (nangka) ini ternyata direbus selama beberapa jam dengan gula kelapa serta santan. Lalu dilengkapi dengan berbagai bumbu  tambahan yang membuat Gudeg lebih terasa manis di lidah dan memiliki rasa yang khas dan enak sesuai dengan selera masyarakat Jawa pada umumnya.

Pada penyajiannya, Gudeg biasa dilengkapi dengan nasi putih, ayam, telur rebus, tahu atau tempe, dan rebusan terbuat dari kulit sapi segar atau lebih dikenal dengan nama sambal goreng krecek.

Kita berhenti dulu dan nikmati segarnya es dawet dari tour guide kita Yummy App yuk!

resep masakan dawet
Teman Caravan juga bisa manfaatkan fitur filter untuk harga, komunitas, tingkat kesulitan (5 langkah atau 10 langkah), dan juga budget.

Es dawet ini juga mudah ditemui di berbagai daerah di Pulau Jawa lho. Segar, manis dan rasa gurih dari santannya bisa menghilangkan dahaga setelah menikmati gudeg yang lezat. Hmm, masih belum puas juga rupanya perut ini, hihi..

Bagaimana kalau kita langsung menuju Jawa Barat? Pegangan yang erat yaa..

aplikasi resep masak

Mencoba Gurihnya Soto Betawi dengan Resep Bintang Lima

Aplikasi Yummy App kali ini mendaratkan kita di Jawa Barat. Makanan yang paling ingin saya rasakan ketika ada di Jakarta adalah soto betawi. Kalau soto di Jawa Timur sering dibuatkan oleh Ibu, tapi untuk soto betawi yang katanya gurih dan umaminya dapet itu, saya ingin membuatnya sendiri melalui aplikasi resep masakan Yummy App.

Soto Betawi merupakan soto yang khas dari daerah DKI Jakarta. Seperti halnya Soto Madura dan Soto Sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, sering kali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Daging sapi juga menjadi bahan campuran dalam soto Betawi.

resep soto betawi dari yummy app
food pict from : Yummy App

Bedanya dengan Soto di Jawa Timur adalah kuahnya. Kalau di Jawa Timur sotonya berkuah bening. Sedangkan kuah soto Betawi merupakan campuran santan dan susu. Kedua campuran inilah yang membuat rasa soto Betawi begitu khas. Beda dengan soto lainnya.

Cobain Pempek Palembang Anti Gagal

Setelah kenyang dengan soto Betawi, saya juga penasaran nih dengan Pempek atau empek-empek Palembang. Kalau selama ini pempek yang saya rasakan kebanyakan keras dan ikannya tidak terlalu terasa, kali ini penginnya mencicipi mpek-mpek asli Palembang yang lembut, gurih, dan kenyal.

Teman Caravan bisa langsung buka aplikasi Yummy App, pemandu kita kali ini dan cari menu mpek-mpek. Di sana kita bisa memilih mana yang resepnya cocok menurut selera masing-masing. Dijamin anti gagal (asal sudah mengikuti step dan takaran yang telah dituliskan yaa..)

Yakin anti gagal?

Yakin dong!

Kok bisa? Karena semua resep yang masuk dan berhasil diunggah sudah melewati kurasi dari editor lho. Jadi tidak perlu takut prank resep dari aplikasi resep masakan YummyApp, dijamin semua resep yang masuk dan kita baca sudah melalui uji kelayakan untuk manusia, hehe..

Buktinya resep garang asam ayam yang saya ambil dari salah satu anggota komunitas Yummy App hasilnya juga maksimal. Menu yang kita ambil dari YummyApp disertai dengan cara pembuatan yang cukup mudah dengan langkah-langkah lengkap disertai gambar.

Nah, kita kembali ke mpek-mpek ya.

Jadi pempek atau empek-empek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut yang dicampur tepung kanji atau tepung sagu, serta komposisi beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, dan garam. 

Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Pempek sering disebut sebagai makanan khas Palembang, meskipun ternyata hampir semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

resep pempek anti gagal
food pict from Yummy App

Pempek dapat ditemukan dengan mudah di Kota Palembang; ada yang menjualnya di restoran, ada yang di pinggir jalan, dan pula yang dipikul. Pada tahun 1980-an, penjual biasa memikul satu keranjang penuh pempek sambil berjalan kaki berkeliling menjajakan dagangannya. Duh, berasa ada di kota Palembang yang indah. Apalagi didukung dengan makanan khasnya yang sangat memanjakan lidah.

Hmm, kemana lagi ya kita?

Cobain Papeda Ikan, Sajian Kuliner Nusantara Khas Timur Indonesia

Karena sudah kepalang makan gurihnya ikan dari pempek Palembang, sekalian saja kita eksekusi sajian khas dari timur Indonesia yang juga berbahan ikan mubara dan sagu.

Bagi yang belum tahu, papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar.

Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol, dan cukup bernutrisi. Kalau di Jawa, papeda ini mirip-mirip bubur yang terbuat dari sagu namun teksturnya lebih lengket papeda.

Pada umumnya, papeda dikonsumsi bersama dengan ikan tongkol. Namun, papeda dapat juga dikombinasikan dengan ikan gabus, kakap merah, bubara, hingga ikan kue. Selain kuah kuning dan ikan, bubur papeda juga dapat dinikmati dengan sayur ganemo yang diolah dari daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya muda dan cabai merah.

resep masak papeda

Hmm, rasa pedas dari cabe merah, gurih dari bunga pepaya muda dan ikan tongkolnya membuat papeda jauh lebih nikmat dibanding nasi, hehehe.. Apalagi papeda rendah kolesterol dan juga kaya serat. Teman-teman bisa mencoba menu papeda ikan ini dari resep aplikasi masakan Yummy App.

Masih belum puas juga? Tenang, kita masih ada satu menu lagi yang perlu dinikmati. Eh, tapi duit sudah habis, menipis. 

Tenang, Yummy App punya fitur 'filter budget' lho. Jadi teman Caravan bisa mencoba resep sesuai dengan budget masing-masing. Mau sepuluh ribu, lima belas ribu? Tiga puluh ribu? Ada dong!

resep masak dari yummy app

Pemberhentian Terakhir : Es Brenebon Gorontalo, Hemat di Kantong bersama Fitur Filter Budget

Es brenebon merupakan salah satu minuman khas Gorontalo. Brenebon dalam bahasa Gorontalo sebenarnya sebutan untuk kacang merah. Minuman ini biasa menjadi menu menyegarkan di bulan Ramadan lho. Bisa juga sebagai hidangan penutup sebagaimana perjalanan kita kali ini :)

Olahan kacang merah sangatlah bervariasi, bisa dijadikan sebagai menu makanan berat sampai pencuci mulut seperti es Brenebon ini.

es brenebon gorontalo
pict from Yummy App

Karena budget hanya tinggal empat lembar sepuluh ribuan, kita pilih hidangan penutup yang murah meriah saja dengan fitur 'filter budget' dari Aplikasi Yummy App.

Selain kelengkapan pilihan resep, kita juga bisa memilih resep mana saja yang sesuai dengan keinginan. Klik Filter Resep. Lalu kita bisa mengatur resep yang dicari mulai dari kesesuaian budget, durasi memasak, hingga porsi yang akan kita sajikan. Jadi tidak perlu khawatir salah budget. 

Waktu memasak pun bisa diatur sesuai dengan kemampuan. Mulai dari 30 menit sampai 120 menit pun ada. Jadi ingin menampilkan hidangan penutup dengan bahan, budget dan waktu yang terbatas? Bukan masalah dong!

filter budget aplikasi memasak yummy app

Manis dan harumnya kacang merah berpadu dengan susu kental manis dan santan akan membuat kita lupa kalau hari ini sudah makan banyak, dengan aneka hidangan dari seluruh Nusantara!

Kalau hari ini hanya punya Rp 20.000,- untuk belanja di tukang sayur dan bingung mau masak apa, ngga usah curhat dulu ke suami, adik, orangtua atau bahkan ke ibu mertua. Hihi. Langsung saja ambil gawai dan buka aplikasi resep masakan terlengkap Yummy App untuk mencari inspirasi resep pilihan dengan budget dua puluh ribu rupiah. Selalu ada solusi kan, bahkan jika hanya dua puluh ribu pun, kita bisa makan enak kok.

Bagaimana kesan teman Caravan setelah berkeliling Nusantara untuk mencicipi segala hidangan yang menjadi kekayaan kuliner Indonesia ini? Kalau ada resep dari daerah teman-teman yang ingin dibagikan, Yummy App juga bisa memfasilitasinya lho!

Unggah Resep Kuliner Khas Daerah Masing-masing Melalui Aplikasi Resep Masakan Yummy App

Satu hal lagi yang menarik dari aplikasi resep masakan Yummy App ini.

Jadi aplikasi memasak ini tidak hanya menyediakan berbagai resep dari cheff rumahan hingga ternama, namun ia juga memberi kesempatan pada kita untuk saling sharing resep yang sudah kita eksekusi dan berhasil. Jadi setiap orang punya kesempatan untuk menjadi cheff di Yummy App.

Kalau belum berhasil jadi cheff profesional, bolehlah jadi cheff amatir lewat Yummy App. Siapa tahu resep kita bisa jadi inspirasi banyak orang. Senang kan bisa berbagi?

Klik bagian 'tulis resep' dan teman Caravan bisa baca di sana bagaimana panduan menulis resep yang bisa kita eksekusi nantinya.

Ide Jualan Resep Kuliner Nusantara dari Yummy App

kolom resep ide jualan
Butuh uang tambahan untuk jajan? Hehe.. Ibu-ibu bisa banget lho mencoba kolom resep ide jualan dari aplikasi memasak Yummy App. Dijamin laku!

Siapa tahu ide jualan resep kuliner seperti otak-otak yang menjadi makanan khas Palembang dan Riau, lalu ada keripik tahu khas Kediri-Jawa Timur, pangsit goreng dari Malang, Pempek dos dari Palembang, Bakso Aci dari Bandung, Asinan Bogor, dan masih banyak lagi ide-ide resep kuliner Nusantara yang bisa jadi ide bisnis untuk teman Caravan semuanya, khususnya yang doyan masak ya.

Aplikasi Resep Masakan Bertabur Event dan Promosi

Rasanya tidak habis-habis ya keunggulan aplikasi masak memasak Yummy App ini. Selain fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, Aplikasi resep masakan Yummy App juga punya banyak event dan promosi yang bisa kita menangkan lho.

Yummy App
Mulai dari Yummy #YummyMerdekaChallenge, Tips dan Trick Bisnis Kuliner Yummy, Rekomendasi UMKM Pilihan Yummy, Wheels of Fortune Yummy App dengan hadiah berbagai macam peralatan dapur yang dirindukan emak-emak seperti saya, Yummy Online Cooking Class, Berbagi Resep untuk Sesama dengan #1Resep1NasiBungkus, dan masih banyak lagi.

Semua event dan promosi tersebut tentu selain akan menambah pengetahuan dan skill kita di bidang kuliner juga menjadi kesempatan untuk mendapatkan hadiah. Tidak hanya itu, kita pun bisa berbagi dengan sesama melalui aplikasi resep masakan kesayangan kita, Yummy App :)

Bagaimana? Ngga ada ruginya kan bergabung dengan Yummy App? Yuk segera download dan kreasikan masakanmu lewat aplikasi resep masakan paling hits, dan dapatkan banyak keuntungan di dalamnya. Ditunggu ya!


Referensi pendukung

Gambar : dokumen pribadi, idntimes dan Yummy App

Wikipedia.co.id

40 comments

  1. Wah ,luar biasa nih, mbak Jihan.
    Surganya emak-emak banget resep masakan aplikasi Yummy App,
    Ternyata Indonesia juga kaya akan kuliner.
    Makasih mbak

    ReplyDelete
  2. Yummy apps emang andalan banget ya mba. Apalagi tampilannya juga kekinian banget. Fitur nya banyak.

    ReplyDelete
  3. aku kira rujak cingur itu rujak cikur, hahahaha. ternyata beda Ya Allah, tapi bikin ngiler ih. kalau masakan jawa timur atau tengah itu rata-rata manis ya, aku pernah nyobaikn gudeg jogya asli rasanya manis. kalau orang sudan kan biasanya suka gurih pedas, jadi pas di lidah agak aneh gitu. tapi aku paling suka pecel madiun sih. btw waktu aku buka usaha kuliner pempek resepnya aku beneran liat di yummy app lho, dan iya anti gagal

    ReplyDelete
  4. Wow emak2 wajib unduh nih app-nya. Bisa bikin masakan se-Indonesia pasti enak

    ReplyDelete
  5. Yummy app emang bkin makin rajin masak krna ga prmah kehabisan ide dan bsa nyesuaiin budget jga ya Mba

    ReplyDelete
  6. mbak jihan aku jadi pengen rujak cingur dong sekarang, terus abis itu minum es cendol hehehe....

    btw aku udah pake si yummy ini, resepnya banyak membantuku untuk bikin cemilan di rumah

    ReplyDelete
  7. Hemm.. enak banget kak walau masih di imajinasi aja, duh😅 tapi iya sih aku jga pingin bisa mencicipi banyak makanan khas indonesia yang so pasti enak enak. Yg pingin banget sih pempek palembang sama es brenebon gorontalo nya

    ReplyDelete
  8. Menggoda semua untuk dimakan dan dicoba bikin sendiri. Wuaaa harus download yummy nih

    ReplyDelete
  9. Jadi asyik utk memgeksplor semua aneka resep yaa kalau sudah ada app yg bisa membantu kita membantu dr semua resep masakan yg ingin kita coba praktikkan di rumah. Heheheh
    Apalagi anti gagal gini, dan resepnya pun pas di lidah

    ReplyDelete
  10. enak ya sekarang tuh ada aplikasi begini jadi gampang mau masak apa aja hehe.. apalagi buat para ibu baru yang jagonya cuma masak air hehe

    ReplyDelete
  11. ini benar-benar membantu bagi yang nggak begitu pandai masak atau yang memang hobinya kulineraan ya. nggak perlu biaya akomodasi karena bisa di masak dari rumah.

    ReplyDelete
  12. wah kuliner indonesia memang menggoda, jadi pengen bikin eh beli aja dulu ya hehe. Aplikasi yummy memang membantu banget karena ada fitur budgetnya ya mbak ji

    ReplyDelete
  13. Huwaaa asiknya jadi bisa kulineran keliling nusantara berbekal banyaknya resep yang dihadirkan sama Yummy Apps. Asik ya ada budget filernya yang bisa disesuaikan sama kantong.

    ReplyDelete
  14. Jadi inget anakku nih yang tiba-tiba ingin jadi cheff, ingin keliling Indonesia gegara Aruna dan lidahnya. Sepertinya kudu pantengin yummy nih biar bisa ikutan masak

    ReplyDelete
  15. Fix habis ini langsung install deh kayaknya. Soalnya fitur melihat dengan duit 20 ribu bisa beli apa aja, itu manfaat banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi bener banget nih Bang Zen, jadi lebih irit juga ya kalau udh tau mau masak apa dan beli bahan-bahannya apa aja hihi

      Delete
  16. jadi pengen nyari resep tauto pekalongan, makanan khas dari kampung suami yang merupakan favoritnya.
    Terimakasih idenya mba..

    ReplyDelete
  17. Dengan yummy aplikasi ini serasa kulineran keliling Indonesia ya kak, soalnya resepnya lengkap trus cara buatnya juga gampang banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap Mba. Dan semua resepnya beneran sukses bikin masakan enak karena sudah melalui kurasi dan peninjauan resep. Jadi nggak khawatir gagal deh.

      Delete
  18. Wiiiih enak banget ya aplikasi lengkap buat menu masakan Indonesia.

    ReplyDelete
  19. wah lengkap ya, mbak koleksi resep di Yummy. emak-emak mesti donlot nih aplikasinya biar nggak bingung pas mau nyobain masakan nusantara

    ReplyDelete
  20. Jelajah kuliner Nusantara bisa diterapkan via aplikasi YummyApp, yang gampang aksesnya, apalagi fitur filternya memudahkan pencarian

    ReplyDelete
  21. wih seru ya. filter nya ada banyak. sampe filter berdasarkan budget juga ada.

    jadi, Mbak, semua resep yang ada di Yummy App itu kiriman dari penggunanya?

    ReplyDelete
  22. Aku nggak nonton kak tapi baca bukunya. Duh iya ngiler bgt kalau dia lg cerita makan di tempat sampe yg hidden gim aja dia tahu.

    Nah lewat aplikasi yummy ini suka ada jg yg bikin menu menu unik jadi andalan kalau udah bingung mau masak apa lagi

    ReplyDelete
  23. Baca tulisan ini bikin kulineran keliling Nusantara beneran deh... Auto ngebayangin makanan yang disebutin itu ada di depan mata lho .. aplikasi yummy ini recommended banget yaaa bisa ngasih inspirasi masakan low budget juga . Kere

    ReplyDelete
  24. ini sih cocok banget buat aku yang baru belajar masak, pastinya ini ngebantu banget aku nyari menu-menu masakan, jadi inspirasi masak juga kan ya

    ReplyDelete
  25. Akutu kalau masak wajib banget nyontek resep. Tahu nggak, kalau aku pertama kali bikin opor ayam sejak menikah itu ya baru lebaran tahun 2021 ini wkwk. Itupun resepnya nyontek di aplikasi hoho. Ehh ternyata ada Yummy App ya, bisa nih nyontek disini juga wkwkw

    ReplyDelete
  26. duh aku ngiler banget pas baca bagian cobain pempek Palembang anti gagal. mau banget nyobain resep pempek Palembang di Yummy App ah. ya daripada tiap hari jajan pempek, mending nyobain bikin toh ada resep mudahnya di Yummy App, dududu. auto instal appnya nih

    ReplyDelete
  27. Zaman now emang enak ya kak Jihan.. kalo dulu tu, gak bisa masak, gak tau resep nanya ke mertua atau orangtua sendiri. Bikin malu kan. Kalo sekarang tinggal buka yummy app aja. Serunya banyak resep yang bisa kita contek dan gak ribet. Yang paling penting itu anti gagal.

    ReplyDelete
  28. Indonesia ini memang kaya banget sih,beragam hal menarik ada termasuk kulinernya ya,Kak. Dari Sabang sampai Merauke punya masakan khas nusantara. Pengen banget rasanya bisa menjelajahi gini,gunakan aplikasi yummy app kayaknya bisa lebih asik deh cari berbagai resep ya.

    ReplyDelete
  29. Yummy app ini ternyata gak cuma ada resep saja, ya. Kita juga bisa share resep di sana hingga mendapatkan keuntungan. Jadi pengin belajar masak dari resep2 yang dj Yummy App.

    ReplyDelete
  30. ini pastinya bermanfaat banget buat aku kak, karena lagi belajar masak niy, jadi bisa coba-coba menunya buat belajar

    ReplyDelete
  31. Lengkap banget ya Yummy App Mba ji... dari rujak cingur hingga Papeda ada semua di Yummy App, saya masih install nih aplikasinya, suka eksplor dan eksekusi camilan buat anak2 pas weekend.

    ReplyDelete
  32. Senangnya ini menu khas daerah mana saja bisa kita coba di rumah. Adanya aplikasi Yummy beneran membantu kita di rumah saja tetap bisa berkreasi ya

    ReplyDelete
  33. Mantull banget ya ini app nyaa..
    Dan cocok buat akuu yg mau belajar untuk memasakkkk 😁😁

    ReplyDelete
  34. Kaya banget ya masakan Indonesia ini.. segala jenis masakan semua ada. Kereen. Dan Yummy App bikin kita bisa jalan2 dari satu kota ke kota lainnya lewat resep2 yang ada.

    ReplyDelete
  35. Yummy App memag andalannya para emak-emak nihh.
    Jadi nggak perlu lagi nyatat-nyatat pas lagi ada acara masak2 di TV wkwkwk

    ReplyDelete
  36. Membuat aneka macam kuliner khas Nusantara gak sulit nih, udah tersedia kunciannya

    ReplyDelete
  37. Aplikasi wajib deh ini kayanya buat semua buibu, biar gak keabisan ide mau masak apa hari ini, tinggal ikutin aja deh langkahnya sesuai resep yang dipilih

    ReplyDelete
  38. duh udah lama banget ga makan rujak cingur, jadi pengen bikin sendiri pake resep dari Yummy :D

    ReplyDelete