9 Jenis Kue Pastry Enak Untukmu Penyuka Pastry

Meski kita sudah tidak asing dengan kue puff pastry, nyatanya kue puff pastry adalah salah satu dari beberapa jenis kue pastry yang dikenal masyarakat luas. Jenis-jenis kue pastry yang lainnya mungkin sudah pernah teman-teman lihat, cicipi, atau bahkan buat sendiri, tetapi belum tahu bahwa kue-kue tersebut merupakan jenis dari kue pastry.

Nah, melalui tulisan ini, kita akan kenalan dengan 9 jenis kue pastry. Apa saja itu? Simak tulisan ini sampai selesai, ya!

kue pastry
source: cookido.com

Seperti Apa Sih Kue Pastry Itu?

Sebelum kita mengenal jenis-jenis kue pastry, ada baiknya kita sama-sama ingat dulu, nih, apa sih yang dimaksud dengan kue pastry?

Well, pada dasarnya istilah pastry bukanlah sesuatu yang asing bagi yang sering bersinggungan dengan roti maupun kue. Pastry dapat diartikan sebagai sebuah bidang dalam dunia hidangan jenis kue yang berfokus pada penyajian dan pengolahan.

Secara umum, pastry juga dikenal sebagai adonan berlapis tipis (laminated dough, biasa juga dikenal dengan sebutan puff pastry dan adonan terbuat dari non-laminated dough, maupun yang adonannya mirip dengan adonan roti pada umumnya.

Pastry berasal dari bahasa Perancis yaitu ‘pastisseri’ yang artinya kue-kue. Itulah mengapa pastry juga bisa dikategorikan sebagai sebuah bidang keilmuan yang menitikberatkan pada berbagai macam hal tentang kue—baik itu kue oriental maupun kontinental.

Dalam dunia perhotelan, pastry masuk dalam departemen food and beverage. Departemen tersebut bertugas membuat hidangan kue dan dessert untuk sarapan, coffee break, maupun makan siang dan makan malam.

Adapun yang membedakan antara pastry dengan roti adalah kandungan lemaknya. Pada adonan pastry, kandungan lemaknya lebih tinggi (roll-in fat). Kandungan lemak yang tinggi itulah yang menghasilkan tekstur flaky atau berlipat dan memiliki remah.

Sementara antara satu jenis kue pastry dengan kue pastry lainnya, yang membedakan adalah adonan, proses pemanggangan, dan teksturnya. 

kue puff pastry

9 Jenis Kue Pastry, Udah Cobain yang Mana?

Berikut ini adalah jenis-jenis kue pastry.

1. Kue Puff Pastry

Jenis kue pastry yang pertama adalah kue puff pastry. Untuk membuatnya, bagian adonan dasar diolesi dengan mentega lalu dilipat berkali-kali. Tujuannya agar saat dipanggang, adonan tersebut dapat menghasilkan kue bertekstur puff dengan tampilan seperti berlipat dan juga renyah.

2. Flaky

Dibanding adonan kue pastry lainnya, flaky adalah adonan yang paling sederhana. Adonan jenis ini biasanya digunakan untuk kue seperti pie manis dan gurih, quiche, turnovers, serta sosis roff.

3. Shortcrust

Pada umumnya, kue pastry yang satu ini biasa juga dikenal sebagai jenis kue pie ang identik dengan potongan buah sebagai penghias dan pemanis di atasnya. Dari luar, teksturnya terlihat kering, tetapi sebenarnya terdapat adonan basah di dalamnya.

Untuk mendapatkan tekstur seperti di atas yang dibutuhkana dalah bahan yang umumnya terbuat dari tepung, gula, garam, lemak, dan air. Bahan-bahan tersebut kemudian dipanggang dalam durasi tertentu.

4. Rough Puff

Meski cara pembuatannya terbilang merepotkan, tetapi adonan yang satu ini sangat cocok untuk membuat roti rumahan. Dari segi jenis, rough puff merupakan persilangan antara kue kering dengan puff. Jenis adonan kue pastry ini biasanya diaplikasikan untuk membuat kue sosis gulung dan pasties.

5. Choux

Meski namanya terdengar asing, sebenarnya jenis kue pastry yang satu ini terbilang sering kita temui sehari-hari. Choux atau pate choux adalah jenis kue pastry yang populer dengan sebutan kue sus.

6. Filo

Kue pastry ini memiliki tekstur yang berlapis, tetapi tetap renyah. Cara pengolahannya adalah dengan dipanggang. Filo yang berupa adonan tipis sangat populer dalam pembuatan kue ala mediterania. Filo juga biasanya digunakan untuk kue pastry yang manis (baklava).

7. Croissant

Beberapa waktu yang lalu kue pastry ini sempat ramai dibahas di media sosial. Croissant memang merupakan kue pastry yang sering jadi menu suguhan di berbagai coffee shop ataupun cafe. Dengan bentuknya yang unik, croissant menjadi salah satu jenis kue yang gampang dikenali.

8. Danish

Kalau kue pastry yang satu ini, bentuknya hampir mirip dengan croissant. Bedanya hanya dari segi waktu pembuatan. Proses peragian agar adonan bisa mengembang saat proses pemanggangan membuat proses pembuatan Danish lebih lama dibanding croissant.

9. Suet Crust

Suet yang dimaksud dalam adonan kue pastry ini adalah lemak putih daging. Itulah mengapa jenis kue pastry ini biasa didapatkan pada makanan gurih. Suet Crust sendiri merupakan kue tradisional Inggris yang digunakan untuk puding kukus ataupun rebus, puding roly-poly, dan juga dumpling.

Nah, itulah dia 9 jenis kue pastry. Ngomongin jenis kue tersebut memang nggak bisa lepas dari croissant dan kue puff pastry. Perlu untuk kalian ketahui, kalau misalnya lagi nyari toko online yang menyediakan kue pastry yang oke punya, kami punya jawabannya. Namanya sesa.id.

jual kue pastry

Apa Itu sesa.id?

Sesa.id adalah platform belanja online yang menyediakan kebutuhan hidup sehat yang komplit. Selain kue pastry, sesa.id juga menyediakan sayur, buah, daging, suplemen vitamin, ayam, sabun, perlengkapan bayi, alat dapur organik.

Selain itu, ada juga berbagai macam produk non fresh seperti perawatan kecantikan clean beauty, wajan keramik anti lengket, slow juicer, jamu, cold pressed juice, hingga superfood yang dapat Anda beli sebagai makanan sehat, atau untuk menu diet sehat.

Tuh, sangat lengkap, bukan? Berdasarkan keterangan di situsnya, secara keseluruhan sesa.id sudah memiliki 2.500 produk yang siap untuk di-check out. Wow!

5 Jenis Kue Pastry dari Sesa.id

Untuk kue pastry, sesa.id setidaknya punya 5 jenis kue yang siap untuk disantap yaitu:

- Organis chocolate eclair yang terbuat dari bahan-bahan natural dan organik, ditambah dengan high quality cocoa yang membuat nutrisinya bertambah, aman, dan baik untuk menambah asupan energi harian.

rekomendasi kue pastry

- Organic Cheese Stick yang terbuat dari bahan-bahan natural dan organik, dicampur keju alami yang lebih tinggi kalsium, lebih rendah kalori.

jenis kue pastry

- Bolen Pisang Keju. Berbeda dengan bolen pisang pada umumnya yang rendah nutrisi, tinggi gula serta mengandung bahan pengawet, bolen pisang keju dar sesa.id terbuat dari bahan-bahan natural dan organik, tambahan buah pisang natural, kacang pecan dan keju natural membuat bolen SESA bergizi tinggi, aman, cocok sebagai alternatif cemilan sehat untuk sumber energi harian.

- Bolen Pisang Organik dibuat dengan bahan-bahan natural dan organik yang ditambahkan buah pisang, high quality chocolate, kacang pecan dan keju natural.

- Bolen Pisang Cokelat.

Gimana? Sangat menggugah selera, bukan? Sudahlah rasanya mantap, kandungannya aman dan bergizi pula. Jadi, tunggu apa lagi, segera kunjungi situs sesa.id atau download aplikasi sesa.id di AppStore agar proses pemesanan kue pastry atau kue puff pastry lebih mudah dan kekinian.

web sesa.id


Yuk jadikan sesa.id temanmu dalam menjalankan pola hidup sehat!


Referensi:

https://www.orami.co.id/magazine/pastry

https://www.idntimes.com/food/recipe/tresna-nur-andini/6-jenis-pastry-c1c2


3 comments

  1. Aku sebetulnya pastry terfavorit itu Choux sih. Tapi lihat jenis pastrynya Sesa jadi mupeng amat :') Kesalahan banget lihatnya malam-malam, mana nggak punya cemilan. Udah gitu makan ini pasti nggak guilty karena natural & organik bahannya :)

    ReplyDelete
  2. Kapan hari dapet kiriman dari temenku, choux. Dia abis selamatan rumah barunya gitu. Aku tanya apa ini kue sus? hihi. Katro ya. Tapi enak banget lho. Ya meski beda nama jadi beda harga.

    ReplyDelete
  3. Wah praktis ya kak Ji, bisa beli pastry di sesa.id. Udah gitu di sesa.id banyak banget pilihan produk yang bisa dicheckoutnya. Sampai 2500 jenis. OMG. Btw aku paling suka choux, rough doff, sama croissant di pastry

    ReplyDelete