Nongki Cantik di Retawu Deli Malang, Coffee Shop yang Sering Didatengin Bule

Beberapa waktu yang lalu saya sempatkan ikut teman-teman Blogger Kodew Malang untuk ngumpul alias nongki cantik di Retawu Deli Malang. Sebuah coffee shop dengan gaya klasik yang terletak di Jalan Retawu, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Kebetulan letak Retawu Deli Malang ini dekat sekali dengan sekolah anak saya. Jadi sambil menunggu jam anak pulang sekolah, saya pun meng-iyakan ajakan teman-teman untuk nongkrong di sini. 

Retawu Deli juga bisa menjadi temanmu ketika ingin sarapan ringan. Kopi atau teh hangat dengan pastry misalnya, asal ngga tiap hari sih, hahaha

retawu deli

Pengalaman Nongki Cantik di Retawu Deli Malang

Pertama kalinya kesana saya sempat syok sih dengan harganya yang "lumayan" mahal. Saat itu saya pesan Hazelnut Coffee dingin (kemasannya lucu dan bisa dibawa pulang, sayang saya ngga sempat mengabadikannya, hiks) dan croissant, lalu teman saya memesan fruit pie yang menul-menul abis!

Untuk harga kopi sekitar 25-35ribu rupiah, dan harga untuk kudapannya 30ribu-an deh yaa. Ukurannya ngga seberapa tapi yaa lumayan lah kalau buat kaum mendang mending, beli lalapan dapat dua ya, kenyang pulak.

Untungnya dengan harga segitu rasanya enak sih hehe. jadi yaa syoknya berubah menjadi rasa kagum. Namun untuk dijadikan tempat singgah setiap hari kala sedang ingin ngopi sepertinya bagi saya tidak cocok. Untuk bertemu kolega atau klien, bolehlah.

Selain itu di Cafe Retawu Deli ini ternyata banyak banget bule yang sering datang. Pagi itu saja saya sudah melihat beberapa meja yang diisi oleh bule, alias turis asing. Entah turis yang memang berlibur saja atau turis yang tinggal untuk beberapa tahun di Indonesia. Intinya bukan warga Indonesia ya.

Saat saya telusuri ternyata Retawu Deli Malang bukanlah satu-satunya Retawu Deli di Indonesia. Ada Retawu Deli Jakarta, dan Retawu Deli Surabaya. 

Dulunya Retawu Deli ini memang kawasan bule yang dikelilingi oleh rumah-rumah megah dan berpagar tinggi. Apalagi kawasan Jalan Retawu dan Jalan Ijen memang dulunya adalah kawasan tempat tinggal orang berkebangsaan Belanda. Jadi ngga heran ya, bisa jadi nih kafe memang bukan milik orang Indonesia.

cafe retawu deli

Untuk pelayanannya pun oke banget. Kudapan yang kami pesan disajikan panas, jadi cocok dinikmati di pagi hari sambil minum teh atau kopi. Untuk menu di Retawu Deli sendiri adalah menu kudapan ya, tidak ada menu makanan berat saat saya kesana. Entah tahun sudah berganti apakah sudah disediakan makanan berat untuk sarapan atau belum hehehe..

Banyak juga lho spot foto yang instagramable. Teman-teman pasti betah deh foto-foto di sini. Bahkan Pak satpamnya pun welcome banget ketika kami berfoto, dan beliau menawarkan untuk jadi fotografernya hahaha.

Ada tempat outdoor dan indoor yang disediakan oleh Retawu Deli. Jika ingin menghirup udara bebas dengan view jalan yang ramai sekitaran Museum Brawijaya dan Jalan Ijen, teman-teman bisa duduk di kawasan outdoor.

Intinya bagi teman-teman yang suka nongki cantik sekaligus penggemar pastry, belum afdhol kalau belum ke Retawu Deli Malang nih. Apalagi untuk penggemar croissant yang yahud banget rasanya, sampai-sampai saya ingin kesana lagi tapi beli croissant-nya doang. 

retawu deli

Ada yang pernah ke Retawu Deli? Bagikan di kolom komentar dong kesan kalian setelah datang kesana. Setelah Retawu Deli, coffeshop di Malang mana lagi nih yang harus saya kunjungi?

Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang sedang mencari tempat ngopi nyaman dan enak di pagi hari yaa~ 

No comments

Post a Comment